Archive - 2025070022

PENGARUH MENGHAFAL AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII WUSTHO DI LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR’AN MA’HAD AN-NI’MAH SEI MENCIRIM

By SALMIAH RAMADANI on July 02, 2025 04:36 PM
Project Year:
2023
Abstract:

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penejelasan mengenai pengaruh menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII wustho Ma’had An-Ni’mah Sei Mencirim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriftif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara (3) Dokumentasi dengan subjek penelitian sebanyak 53 siswa. Diperoleh bahwa siswa yang memiliki hafalan dari 0 sampai 4 Juz sebanyak 49%, 5 sampai 9 Juz sebanyak 43%, 10 sampai 14 Juz sebanyak 8%. Sedangkan hasil belajar siswa sebanyak 43% memiliki hasil belajar yang sangat baik, 36% memiliki hasil belajar yang baik , 21% memiliki hasil belajar yang cukup. Data yang terkumpul kemudian di uji menggunakan aplikasi SPPS. Kemudian didapatkan hasil analisis dengan teknik product moment menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara menghafal Al-Qur’an dengan nilai r = 0,664. Besaran angka korelasi menujukan bahwa korelasi berada dalam kategori “kuat”. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,441 yang berarti memiliki pengaruh positif sebesar 44,1% dan sisanya 55,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Kata Kunci : Menghafal Al-Qur’an, Prestasi Belajar

Author:

SALMIAH RAMADANI

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
COVER COVER.pdf BAB 1 SALMIAH.pdf BAB 2 SALMIAH.pdf BAB 3 SALMIAH.pdf BAB 5 SALMIAH.pdf