ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penejelasan mengenai pengaruh menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII wustho Ma’had An-Ni’mah Sei Mencirim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriftif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara (3) Dokumentasi dengan subjek penelitian sebanyak 53 siswa. Diperoleh bahwa siswa yang memiliki hafalan dari 0 sampai 4 Juz sebanyak 49%, 5 sampai 9 Juz sebanyak 43%, 10 sampai 14 Juz sebanyak 8%. Sedangkan hasil belajar siswa sebanyak 43% memiliki hasil belajar yang sangat baik, 36% memiliki hasil belajar yang baik , 21% memiliki hasil belajar yang cukup. Data yang terkumpul kemudian di uji menggunakan aplikasi SPPS. Kemudian didapatkan hasil analisis dengan teknik product moment menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara menghafal Al-Qur’an dengan nilai r = 0,664. Besaran angka korelasi menujukan bahwa korelasi berada dalam kategori “kuat”. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,441 yang berarti memiliki pengaruh positif sebesar 44,1% dan sisanya 55,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata Kunci : Menghafal Al-Qur’an, Prestasi Belajar