ABSTRAK
Profil pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu. Tingkah laku individu yang ditampilkan di lingkungan berpengaruh kuat terhadap konsep diri, karena dengan mengetahui konsep diri akan lebih mudah untuk meramalkan dan memahami perilaku individu.Tujuan dari penelitian ini aadalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhaadap profil pelajar pancasila pada siswa kelas XI Mas Darularafah Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian statistic deskriptif, pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitaif, dan penelitian ini bersifat asosiatif dengan alat pengumpulan data berupa angket/questioner serta dokumentasi. Dari hasil pengolahan data tentang konsep diri diperoleh hasil pengolahan data angket yang telah diisi oleh siswa kelas XI MAS Darularafah. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, reliabilitas dari konsep diri (variabel X) yaitu, 0,706 yang berarti reliabel kuat dan reliabilitas profil pelajar pancasila (variabel Y) yaitu, 0,770 yang berarti reliabel kuat. Setelah dilakukan uji prasyarat, normalitas dari konsep diri (variabel X) yaitu 0,003 yang membuktikan konsep diri berdistribusi normal. Sementara normalitas dari profil pelajar pancasila yaitu 0,200 yang menunjukan profil pelajar pancasila berdistribusi normal. Linear hunungan dari konsep diri dengan profil pelajar pancasila yaitu depation from linearity p = 0,795 > 0,05 dan linearity = 0,251 > 0,05. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh antar variabel linear. Dalam arti pengaruh konsep diri terhadap profil pelajar pancasila memiliki pengaruh yang linear. Setelah pengujian prasyarat dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan product moment, diketahui hasil korelasi yaitu r hitung > dari r tabel = -0,037 < 0,186 dan perolehan p hitung 0,700 > 0,05 yang menandakan bahwa variabel konsep diri (variabel X) dan variabel profil pelajar pancasila (variabel Y) tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Kata kunci: Konsep Diri, Profil Pelajar, Pancasila