ABSTRAK
Literasi menjadi sarana pesertadidik dalam mengenal,memahami dan menerapkan ilmu yang didapatkannya di bangku sekolah.literasi juga terkait dengan kehidupan siswa,baik di rumah maupundi lingkungan sekitarnya untuk menumbuhkan budi pekerti mulia. dalam materi pembelajaran pendidikan agama Islam seperti materi fikih,dengan adanya kegiatan literasi diharapkan siswa mampu memahami materi secara mendalam melalui wawasan dan pengetahuan diluarBuku pembelajaran yang disediakan oleh sekolah.Rumusan penelitian ini adalah (1) Bagaimana minat literasi siswa kelas VIII pada materi fikih di SMP Negeri2 Kutalimbaru. (2) Bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan literasi pada materi fikih siswa di SMP Negeri 2 Kutalimbaru.(3) Apasaja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan literasi materi fikih siswa di SMP Negeri 2 Kutalimbaru.Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui minat literasi siswa kelas VIII pada materi fikih di SMP Negeri 2 Kutalimbaru (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan literasi siswa kelas VIII pada materi fikih di SMP Negeri 2 Kutalimbaru (3) untuk mengetahui upaya guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi memotivasi dan meningkatkan literasi siswa di SMP Negeri 2 Kutalimbaru.penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data utama yaitu kepala sekolah,guru pendidikan Agama Islam,siswa kelas VIII dan sumber data tambahan berupa dokumen sekolah.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) pembiasaan literasi dengan jadwal yang berbeda, dan penerapan literasi sekolah membaca 15 menit sebelum pembelajaran, (2) upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan Agama Islam beragam,seperti membaca materi sebelum pelajaran dimulai,dilakukan apersepsi, diskusi bersama,setoran hafal,dan melakukan pembelajaran diluar kelas (3) faktor pendukung dan pemerintah, orang tua,guru,serta sarana dan prasarana yang mendukung. sedangkan faktor penghambat adalah faktor internal yaitu dari dalam diri siswa.
Kata kunci : Upaya guru pendidikan Agama Islam Literasi