Archive - 2025070028

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI MACAM-MACAM AIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DI KELAS VII-D SMP DYAH GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA

By ANGGINTA BAROKAH NASUTION on July 02, 2025 05:26 PM
Project Year:
2023
Abstract:

ABSTRAK 

Pembelajaran ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran fiqih materi macam-macam air melalui metode mind mapping pada siswa kelas VII-D SMP Dyah Galih Agung. Meode Mind Mapping disebut metode pembelajaran yang mengembangkan peta pikiran yang menggunakan unsur memori, asosiasi, lokasi, keistimewaan serta menggerakkan otak kiri dan kanan. 

Metodologi yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), mengambil bentuk penelitian kerjasama antara peneliti dengan teman sejawat. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan (observasi) dan refleki. Setiap akhir kegiatan dilakukan refleksi sehingga kelemahan-kelemahan setiap siklus dapat dibenahi pada siklus berikutnya. 

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa diterapkannya metode mind mapping pada mata pelajaran fiqih materi macam-macam air dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas VII-D SMP Dyah Galih Agung dari nilai yang didapatkan yaitu pra siklus ketuntasan siswa sebanyak 30%. Dan siklus I mengalami kenaikan ketuntasan siswa yaitu 70%. Pada siklus II didapatkan pesentase 85% siswa yang telah mencapai ketuntasan, sehingga penerapan metode mind mapping terebut dapat dikatakan berhasil dalam meningkatka pemahaman belajar fiqih materi macam-macam air pada kelas VII-D SMP Dyah Galih Agung Pesantren Darularafah Raya Deli Serdang. 

Kata Kunci: Pemahaman Belajar, Metode Mind Mapping

Author:

ANGGINTA BAROKAH NASUTION

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
COVER ANGGINTA.pdf BAB I ANGGINTA.pdf BAB II ANGGINTA.pdf BAB III ANGGINTA.pdf BAB V ANGGINTA.pdf