ABSTRAK
Pembelajaran ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran fiqih materi macam-macam air melalui metode mind mapping pada siswa kelas VII-D SMP Dyah Galih Agung. Meode Mind Mapping disebut metode pembelajaran yang mengembangkan peta pikiran yang menggunakan unsur memori, asosiasi, lokasi, keistimewaan serta menggerakkan otak kiri dan kanan.
Metodologi yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), mengambil bentuk penelitian kerjasama antara peneliti dengan teman sejawat. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan (observasi) dan refleki. Setiap akhir kegiatan dilakukan refleksi sehingga kelemahan-kelemahan setiap siklus dapat dibenahi pada siklus berikutnya.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa diterapkannya metode mind mapping pada mata pelajaran fiqih materi macam-macam air dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas VII-D SMP Dyah Galih Agung dari nilai yang didapatkan yaitu pra siklus ketuntasan siswa sebanyak 30%. Dan siklus I mengalami kenaikan ketuntasan siswa yaitu 70%. Pada siklus II didapatkan pesentase 85% siswa yang telah mencapai ketuntasan, sehingga penerapan metode mind mapping terebut dapat dikatakan berhasil dalam meningkatka pemahaman belajar fiqih materi macam-macam air pada kelas VII-D SMP Dyah Galih Agung Pesantren Darularafah Raya Deli Serdang.
Kata Kunci: Pemahaman Belajar, Metode Mind Mapping