ABSTRAK
Kata kunci : Motivasi Belajar Siswa dan Profil Pelajar Pancasila
Dalam kegiatan belajar mengajar peranan motivasi sangat diperlukan,
rendahnya motivasi belajar siswa sering kali diduga sebagai penyebab rendahnya
kualitas lulusan sebuah sekolah swasta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan motivasi belajar terhaadap profil pelajar pancasila pada siswa
kelas XI Mas Darularafah Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian statistik
deskriptif, pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitaif, dan penelitian ini
bersifat asosiatif dengan alat pengumpulan data berupa angket/questioner,
wawancara, sampel serta dokumentasi. Dari hasil pengolahan data tentang motivasi
belajar diperoleh hasil pengolahan angket yang telah di isi oleh siswa kelas XI MAS
Darularafah. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, reliabilitas dari
motivasi belajar (variabel 𝑋) yaitu 0,757 yang berarti kuat dan reliabilitas profil
pelajar pancasila (variabel 𝑌) yaitu 0,770 yang berarti reliabel kuat. Setelah
dilakukan uji prasyarat, normalitas dari motivasi belajar (variabel X) yaitu 0,177
yang membuktikan motivasi belajar berdistribusi normal. Sementara normalitas dari
profil pelajar pancasila yaitu 0,200 yang menunjukan profil pelajar pancasila
berdistribusi normal. Linear hubungan dari motivasi belajar dengan profil pelajar
pancasila yaitu depation from linearity 𝑝 = 0,617 > 0,05 dan linearity =
0,295 < 0,05. artinya hubungan antar variabel linear. Jadi dapat disimpulkan
variabel motivasi belajar (X) tidak berhubungan secara signifikan terhadap variabel
profil pelajar pancasila (Y). Dari anova tabel analisis regresi sederhana pada
penelitian ini diperoleh F yaitu 1.138 dan nilai sig, yaitu 0,288 > 0,05, sehingga
dapat disimpulkan bahwa Ha ditiolak dan Ho diterima.
BAYU KARISMA WIBOWO