Archive - 2025070033

PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KUTALIMBARU

By CHAIRUNNISA on July 12, 2025 10:19 AM
Project Year:
2023
Abstract:

ABSTRAK

Perkembangan zaman pada era milenium saat ini diiringi dengan kecanggihan-kecanggihan teknologi yang dapat mempengaruhi perilaku sosial siswa, salah satu diantaranya adalah penggunaan game online secara berlebihan yang dapat menyebabkan munculnya perilaku sosial negatif pada siswa terutama pada perilaku dalam hubungan sosial baik di sekolah maupun di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai tingkat perilaku sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kutalimbaru yang terindikasi kecanduan game online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 39 siswa kelas VIII dan sampel yang digunakan sebanyak 34 siswa yang terindikasi kecanduan game online dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner perilaku sosial dengan jenis skala likert melalui angket. Berdasarkan hasil penelitian mengenai tingkat perilaku sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kutalimbaru yang terindikasi kecanduan game online diperoleh data sebanyak (6 siswa) memiliki tingkat perilaku sosial kategori tinggi sebesar 15%, (31 siswa) memiliki tingkat perilaku sosial kategori sedang sebesar 79%, dan (2 siswa) memiliki tingkat perilaku sosial kategori rendah sebesar 5%. Maka hasil dari analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat perilaku sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 2 yang terindikasi kecanduan game online cenderung berada pada kategori sedang. Melalui penelitian ini, diharapkan pihak sekolah maupun guru dan orang tua membuat program yang berkenaan dengan perilaku sosial yang terindikasi kecanduan game online dengan fungsi preventif ataupun kuratif.

Kata Kunci: Game Online, Perilaku Sosial, Siswa

Author:

CHAIRUNNISA

Project Document: