Archive - 2025060005

HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN KECERDASAN ADVERSITAS SISWA KELAS VII MTS DARULARAFAH KEC. KUTALIMBARU KAB. DELI SERDANG

By ARI WIBOWO on June 30, 2025 01:04 PM
Project Year:
2022
Abstract:

ABSTRAK

Kecerdasan adversitas yaitu kemampuan untuk mengendalikan diri dan menghadapi kesulitan atau masalah yang akan datang. Tidak semua orang dapat menyelesaikan kesulitan atau masalah dengan mudah, karena bisa jadi dengan diri sendiri ataupun dengan bantuan orang lain (lingkungan sekitarnya). Lingkungan belajar dapat didefenisikan sebagai tempat dimana siswa melakukan aktifitas belajar. Lingkungan belajar adalah suatu tempat yang mempengaruhi proses perubahan tingkah laku seseorang yang bersifat menetap dan relatif permanen. Apabila kondisi lingkungan belajar kurang mendukung tentu semangat belajar berkurang dan hasil belajarnya akan menurun.

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang telah di rumuskan di dalam penelitian. Yaitu untuk mendeskripsikan juga membuktikan adanya hubungan antara lingkungan belajar dengan kecerdasan adversitas siswa kelas VII MTs Darularafah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mengkaji dengan menggunakan perhitungan statistik untuk menguji hipotesis dalam penelitian. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik menggunakan sampel secara acak (random sampling). Adapun teknik untuk mengumpulkan data yaitu dengan observasi, angket dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar siswa Kelas VII MTs Darularafah dengan pengisian angket oleh 139 siswa menunjukkan hasil pada kategori rendah = 3 orang (2,2%) sedang = 61 orang (43,9%) dan kategori tinggi 75 orang (54%). Sementara itu, kecerdasan adversitas siswa kelas VII MTs Darularafah dengan pengisian angket oleh 139 siswa menunjukkan hasil sebagai berikut : terdapat pada kategori rendah = 1 orang (0,7%) sedang = 55 orang (39,6%) dan kategori tinggi 83 orang (59,7%). Kemudian Hasil uji analisa membuktikan bahwa hipotesis peneliti yaitu “Tidak Ada Pengaruh Antara Lingkungan Belajar Dengan Kecerdasan Adversitas Siswa Kelas VII MTs Daerularafah”. Hal ini didukung oleh hasil analisis regresi sederhana yaitu nilai P (Sig) = 0,051 > 0,05, maka hipotesis alternatif (Ha) ditolak dan hipotesis nihil (Ho) diterima. Nilai koefisien determinasi dapat diartikan seberapa besar dalam (%) variabel bebas (X) mempengaruhi variabel terikat (Y). pada nilai koefisien determinasi adalah 0,028, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas lingkungan belajar terhadap variabel terikat kecerdasan adversitas adalah sebesar 2,8%.

Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Kecerdasan Adversitas

Author:

ARI WIBOWO

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
COVER ARI.pdf BAB I ARI.pdf BAB II ARI.pdf BAB III ARI.pdf BAB V ARI.pdf