ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih materi tayamum di sekolah SMP Galih Agung. Metodologi yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), mengambil bentuk penelitian kerjasama antara peneliti dengan teman sejawat. Penelitian ini menggunakan metode Demonstrasi untuk meningkatkan pemahaman materi tayamum pada siswa kelas VIII-E SMP. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) penerapan metode Demonstrasi pada pembelajaran siklus I dan siklus II memperoleh hasil yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari hasil observasi guru dan hasil observasi siswa. Pada pembelajaran pada siklus II penerapan metode Demonstrasi yang dilakukan pada siswa VIII SMP Galih Agung menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada siklus sebelumnya. (2) pemahaman materi Tayamum dengan menggunakan metode Demonstrasi memudahkan peserta didik dalam memahami secara jelas tentang suatu proses atau kegiatan karena disajikan berupa peragaan sehingga lebih menarik. (3) peningkatan pemahaman materi Tayamum mata pelajaran Fiqih berdasarkan hasil dengan penerapan metode Demonstrasi pada siswa kelas VIII-E SMP Galih Agung dapat meningkatkan pemahaman siswa materi Tayamum mata pelajaran Fiqih.
Kata kunci: Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Fiqih Materi Tayamum, Metode Demonstrasi