ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi
oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi kerja sama pada pelajaran PAI.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan
pemahaman siswa tentang materi kerja sama. (2) untuk mengetahui dan
mendeskripsikan penerapan media audio-visual dalam meningkatkan
pemahaman siswa pada materi kerja sama. (3) untuk mengetahui dan
mendeskripsikan peningkatan pemahaman siswa pada materi kerja sama.
Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus yaitu
siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah kelas II yang berjumlah 35
siswa.
Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan Penerapan media audio-visual dalam pembelajaran dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I ada 22 siswa telah mencapai KKM
dengan persentase secara klasikal sebesar 65%. Kemudian pada siklus II ada 28
siswa telah mencapai KKM dengan persentase secara klasikal sebesar 82 %.
Kata
Kunci : Peningkatan
Pemahaman, Kerja Sama, Media Audio-Visual