ABSTRAK
Wali kelas adalah seorang guru yang diberi tugas tambahan dari pihak
sekolah, selain mengajar juga bertugas untuk bertanggung jawab atas semua siswa
yang berada dalam satu kelas tersebut. Peranan wali kelas dalam pembelajaran dapat
meningkatkan minat belajar siswa dengan cara berinteraksi guna meningkatkan
potensi yang dimiliki anak.
Rumuskan penelitian ini adalah (1)Bagaimana peran wali kelas dalam
memotivasi belajar siswa di SDTQ Karimah Berastagi? (2)Bagaimana Strategi Wali
Kelas Dalam Memotivasi Belajar siswa di SDTQ Karimah Berastagi?
(3)Bagaimanakah Faktor Pendukung Dan Penghambat Wali Kelas Dalam
Memotivasi Belajar siswa di SDTQ Karimah Berastagi?
Penelitian ini bertujuan untuk (1)menjelaskan Peranan Wali Kelas Dalam
Memotivasi Belajar Siswa Kelas 3 studi kasus SDTQ Karimah Berastagi
(2)menjelaskan peran wali kelas sebagai mediator dalam memotivasi belajar siswa di
SDTQ Karimah Berastagi, dan (3)menjelaskan peran wali kelas sebagai motivator
dalam belajar siswa di SDTQ Karimah Berastagi.
Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang digunakan
penelitian studi kasus. Adapun teknik yang dipakai untuk mengumpulkan data-data
yang dibutuhkan adalah metode observasi, interview atau wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data diadopsi dari Miles & Huberman yang meliputi
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1)Peran wali kelas sebagai
fasilitator dalam meningkatkan minat belajar siswa adalah pemberian fasilitas berupa
buku (2) Peran wali kelas sebagai mediator dalam meningkatkan minat belajar siswa
adalah menggunakan media berupa media gambar, PPT dan media berupa laptop dan
LCD proyektor (3) Peran wali kelas sebagai motivator dalam meningkatkan minat
belajar siswa berupa motivasi, teguran, hadiah, yel-yel, dan variasi tepuk.
Kata Kunci: Peran Wali Kelas, Motivasi Siswa
RAHMAT HIDAYAT