Archive - 2025070043

PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN FIQH MATERI NAJIS PADA SISWA KELAS I EXP C DI SMA SWASTA GALIH AGUNG KEC. KUTALIMBARU

By AFRIANI ILYAS AHMAD on July 12, 2025 01:14 PM
Project Year:
2021
Abstract:

ABSTRAK

Kata Kunci : Metode Snowball Throwing , Minat Belajar

Model pembelajaran snowball throwing merupakan pengembangan dari model pembelajaran diskusi yang merupakan bagian dari model pembelajaran koorperatif. Hanya saja, pada model ini kegiatan belajar diatur sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan lebih menyenangkan.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai penerapan metode Snowball Throwing dalam meningkatkan minat belajar siswa dengan fokus penelitian yang mencakup (1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 1exp C pada mata pelajaran fiqh materi najis di SMA Swasta Galih Agung

(2) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas 1exp C pada mata pelajaran fiqh materi najis di SMA Swasta Galih Agung dengan penerapan metode snowball throwing

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan Pra Tindakan, Siklus 1 dan Siklus 2. Dari Tindakan ini data terkumpul dan kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian.

Temuan Penelitian ini menunjukkan bahwa (1)Adapun peningkatan minat belajar siswa kelas 1 exp C di SMA Swasta Galih Agung Pesantren Darularafah Raya Desa Lau Bakeri pada pelajaran Fiqh materi najis ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa dimulai dari siklus I hingga siklus II.(2) Pada tahap pra tindakan rata- rata hasil belajar siswa yang diperoleh adalah 49,6 dengan ketuntasan sebesar 36%. Pada siklus I rata – rata hasil belajar adalah 53,4 dengan ketuntasan 52%. (3)Sedangkan terakhir pada siklus II rata – rata hasil belajar siswa mencapai 62,2 dengan ketuntasan 80%. (4)Adapun peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh dari pra tindakan sampai siklus I sebesar 16% sedangkan pada siklus I sampai siklus II peningkatan ketuntasan hasil belajar adalah 28%.

Author:

AFRIANI ILYAS AHMAD

Project Document: