Archive - 2025070044

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DI MASA COVID 19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK TIK-MM SWASTA RAKYAT SEI GLUGUR

By CIPTASARI BR GINTING on July 12, 2025 01:17 PM
Project Year:
2021
Abstract:

ABSTRAK

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar

Pembelajaran daring adalah sistem pembelajaran secara elektronik, menggunakan media elektronik, internet, komputer, gedget (HP), dan file multimedia (suara, gambar dan video). Motivasi belajar adalah keseluruhan daya pendorong di dalam diri siswa yang menggerakkan siswa dan menimbulkan kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mengkaji fenomena secara obyektif dengan mengggunakan perhitungan statistik untuk menguji hipotesis dalam penelitian. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang dengan teknik total sampling.

Hasil uji product moment nilai r adalah positif 0.632 dan perolehan p hitung = 0,000 < 0,05 yang menandakan bahwa variabel pembelajaran daring (variabel X) dan variabel motivasi belajar (variabel Y) memiliki pengaruh yang signifikan. Uji analisis regresi anova diperoleh nilai F yaitu 18,628 dan nilai sig. Yaitu 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil koefisien determinan, diketahui nilai kofisien determinan yaitu 0,399 yang artinya variabel X (Pembelajaran Daring) mempengaruhi variabel Y (Motivasi Belajar) sebesar 39,9%.

Author:

CIPTASARI BR GINTING

Project Document: