ABSTRAK
Kepala sekolah adalah pejabat profesional yang ada dalam organisasi sekolah yang bertugas untuk mengatur seluruh sumber daya sekolah. SMP Swasta Rakyat merupakan sekolah umum di mana sekolah ini terdapat beranekaragam agama, suku dan ras. Namun uniknya, di sekolah melakukan penerapan dan pengaplikasian khusus dengan membiasakan Wudu dan Salat berjamaah pada waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang terkait dengan materi fikih mengenai Wudu dan Salat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, upaya dan faktor pendukung serta penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi fikih. Dengan rumusan masalah yang mencakup: 1) Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 2) Bagaimana upaya yang dapat dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Bagaimana faktor yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam yang paling dominan adalah peran kepala sekolah sebagai manajerial, motivator, fasilitator dan supervisi. 2) upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran yang dibutuhkan. 3) faktor pendukung dan penghambat antara lain: minat siswa, pendidik, orang tua, sarana dan prasarana serta lingkungan. Dalam menjalankan peran sebagai kepala sudah menjalankan perannya dengan baik sebagai manajerial dengan menjalankan aturan yang sudah ada. Serta Upaya yang dilakukan kepala sekolah adalah dengan memberikan motivasi, melakukan supervisi dan melakukan evaluasi kepada guru.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Mutu Pembelajaran, Materi Fikih