ABSTRAK
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Kualitas Kinerja Guru
Kepala sekolah merupakan sosok yang sangat menjadi panutan dan mempunyai peranan penting bagi lembaga yang di pimpinnya. Tugas dari kepala sekolah yaitu membimbing dan membina para guru dan seluruh staf yang berperan penting dalam proses pembelajaran agar mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki para guru untuk menciptakan situasi pembelajaran yang afektif, kondusif, dan inovatif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai rencana. Kepala sekolah harus aktif agar pembinaan yang dilakukan kepada guru untuk meningkatkan kinerjanya secara bertahap selalu mengalami kemajuan dan peningkatan sehingga bisa menghasilkan guru yang berkualitas.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di MTs S Al – Hilal Bandar Baru. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru di MTs S Al – Hilal Bandar Baru.
Untuk tercapainya tujuan di atas, peneliti disini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek informan yang terlibat dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, sebagian para guru. Metode pengumpulan datanya yaitu dengan wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, dokumentasi. Untuk analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, pengumpulan informasi, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) kepala sekolah melakukan pembinaan di dalam sekolah serta di luar sekolah. Pembinaan yang dilakukan di dalam sekolah adalah rapat rutinan, diskusi secara individu, penilaian, dan kunjungan kelas, pembinaan yang dilakukan di luar sekolah adalah mengikut sertakan guru dalam pelatihan workshop dan kelompok kerja guru. (2) faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas kinerja guru adalah sebagai berikut: a) faktor pendukung, terpenuhinya sarana prasaran, antusias guru ikut serta dalam pelatihan, b) faktor penghambat, sulit memahami tentang teknologi bagi beberapa guru sepuh dikarenakan faktor usia.