Archive - 2025070052

UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENANAMKAN RASA EMPATI PADA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH BELAWAN

By SYAIFUL HADI on July 12, 2025 01:37 PM
Project Year:
2021
Abstract:

ABSTRAK

Kata kunci : Guru PAI, Rasa Empati, Siswa

Latar belakang penelitian ini adalah Implementasi Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menanamkan Rasa Empati pada Siswa Kelas VIII di sekolah belum mencapai hasil yang maksimal yaitu karena materi rasa empati sangat kurang pada pembahasan di buku paket dan hanya terdapat satu pembahasan. Dan terdapat pula beberapa siswa yang menyepelekan atau meremehkan terhadap penanaman rasa empati siswa. Seperti empati terhadap fenomena bullying pada siswa, konflik keluarga, konflik antar remaja, dan tingkat kekerasan dan kenakalan remaja.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang mengambil tempat di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Belawan. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Islamiyah Belawan dalam Menanamkan Rasa Empati pada siswa kelas VIII dilakukan pada setiap kegiatan belajar mengajar di sekolah menunjukkan hasil kurang baik disebabkan oleh materi yang kurang, siswa tidak serius belajar, faktor eksternal seperti pergaulan buruk, sikap egois pribadi siswa,dan orang tua yang abai membimbing anaknya. (2) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Madrasah Islamiyah Belawan dalam Menanamkan Rasa Empati pada Siswa Kelas VIII dilakukan oleh guru aqidah akhlak dengan cara 1. Menanamkan Understanding others yaitu cepat menangkap perasaan orang lain (Respect) , 2. Menanamkan Service orientation yaitu memberikan pelayanan yang dibutuhkan orang lain, 3. Menanamkan pemahaman Developing others yaitu memberikan masukan positif atau membangun, 4. Leveraging diversity yaitu mengambil manfaat dari perbedaan bukan konflik, (3) Tindak lanjut hasil Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menanamkan Rasa Empati di Madrasah Islamiyah Belawan berupa rasa empati di sekolah sudah diajarkan melalui materi di kelas, praktek mengumpulkan dana sosial, menjenguk teman sakit, bakti sosial lingkungan, berbagi paket sembako masyarakat yang susah. Namun hanya siswanya sendirilah yang harus memutuskan ia mampu istiqomah dengan ajaran guru atau ia malah terjebak oleh pergaulan lingkungan yang buruk.

Author:

SYAIFUL HADI

Project Document: