Archive - 2025070053

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AGAMA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 030438 TANAH PINEM KECAMATAN TANAH PINEM KABUPATEN DAIRI SUMATERA UTARA

By NURSAMSIAH BR GINTING on July 12, 2025 01:40 PM
Project Year:
2021
Abstract:

ABSTRAK

Kata Kunci: Peran Guru PAI, Motivasi Belajar Siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk Memberikan Penjelasan Mengenai Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Agama di SD Negeri 030438 Tanah Pinem Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi Sumatera Utara , dengan Fokus Mencakup (1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 030438 Tanah Pinem Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi Sumatera Utara.(2) Bagaimana Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi belajar Agama pada Peserta Didik kelas V SD Negeri 030438 Tanah Pinem Kec. Tanah Pinem Kabupaten Dairi Sumatera Utara.(3)apa saja kendala – kendala dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Agama pada kelas V SD Negeri 030438 Tanah Pinem Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi Sumatera Utara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Metode Pengumpulan data yang digunakan pada Penelitian ini meliputi: (1)Observasi, (2)Wawancara, dan (3)Dokumentasi. Data yang terkumpul dari Ketiga Metode tersebut kemudian di Analisis untuk mendapatkan Temuan Penelitian.

Temuan Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tingkat Motivasi belajar Agama Islam Menunjukkan 70-75 % Cukup Baik dengan Melakukan Beberapa Program Pembelajaran yang efektif antara lain yaitu Program Melaksanakan Sholat Dhuha setiap jam Pembelajaran Agama Islam berlangsung dan Program membuat Infak Anak Sholeh/Sholeha di kelas V SD Negeri 030438 Tanah Pinem Kecamatan Tanah Pinem Kabupaten Dairi Sumatera Utara,(2)Adapun Strategi yang dilakukan dalam meningkatkan Motivasi Belajar yaitu Tata Cara Berwudhu, Berinfak Anak Sholeh-Sholeha,melaksanakan sholat dhuha,Guru memberi pujian yang wajar setiap keberhasilan siswa.(3) Adapun Kendala-kendala yang dihadapi oleh Guru Agama Islam yaitu Kurangnya kepedulian Orangtua Terhadap Perkembangan anak didik di rumah maupun di sekolah, Pengaruh Sosial Media, Kurangnya media pembelajaran di sekolah, Dan Faktor Pendukung motivasi Belajar Agama Islam yaitu Fisikologis (kesehatan), minat, bakat, cara belajar, keluarga, masyarakat dan lingkungan.

Author:

NURSAMSIAH BR GINTING

Project Document: