ABSTRAK
Kata Kunci : Konsep Diri, Kinerja Guru.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang telah di rumuskan peneliti yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan antara konsep diri dengan kinerja guru di SD IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang mengkaji fenomena secara obyektif dengan menggunakan perhitungan statistik untuk menguji hipotesis dalam penelitian. Populasi penelitian ini adalah guru SD IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim yang berjumlah 31 orang dan sampel penelitian ini berjumlah 31 orang dengan teknik total sampling. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak adanya Hubungan antara Konsep Diri dengan Kinerja Guru di SD IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim Kacamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Hasil uji Product Moment membuktikan bahwa hipotesis penulis yaitu “Tidak adanya hubungan yang signifikan antara Konsep Diri dengan Kinerja Guru”. Hal ini didukung juga dengan hasil analisis regresi sederhana yaitu nila P(sig) statistik pada Anova diketahui P(sig) 0,060 > α 0,05 sehingga hipotesis alternative (Ha) ditolak dan hipotesis nihil (Ho) diterima.
Nilai Koefisien Determinan dapat diartikan seberapa besar (%) variabel bebas (X) mempengaruhi variabel terikat (Y). Untuk melihat Koefisien Determinan, dapat dilihat pada kolom R Square. Pada nilai Koefisien Determinasi adalah 0,116 artinya Konsep Diri (variabel X) mempengaruhi Kinerja Guru (variabel Y) sebesar 11,6 %.