ABSTRAK
Kata Kunci: Upaya Guru, Pemahaman Siswa, Metode Make A Match.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode make a match dalaam meningkatkan pemahaman siswa tentang ilmu tajwid dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa tentang ilmu tajwid dengan menggnakan metode make a match.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Galih Agung Pesantren Darularafah Raya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-F dengan jumlah siswa 27 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Indikataor keberhasilan penelitian ini adalah dari segi kualitas proses adalah terjadinya peningkatan persentase atau jumlah siswa yang melakukan setiap komponen aktivitas belajar yang menjadi bahan pengamatan peneliti dan observer pada saat proses pembelajaran dengan metode resitasi dari siklus I dan siklus II, yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dari segi pemahaman ilmu tajwid siswa adalah hasil persentase dan hasil tes siswa mengalami peningkatan jumlah yang nyata dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan pemahaman siswa tentang ilmu Tajwid dengan menggunakan metode make a match kelas VII-F SMP Swasta Galih Agung Pesantren Darularafah Raya dapat meningkat hal ini dapat dilihat dari hasil post test peserta didik yang meningkat pada setiap siklusnya. Nilai pemahaman siswa tentang ilmu Tajwid pada pre test 29,62% kemudian meningkat menjadi 70,37% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 85,18%.