ABSTRAK
Kata kunci: Peran, Guru PAI, Perilaku Islami
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswa
yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan, seperti: tawuran antar pelajar,
pergaulan bebas dikalangan remaja, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya, dari
permasalahan tersebut para guru khususnya guru pendidikan agama Islam
memiliki tugas dan peran untuk meningkatkan perilaku Islami siswa.
Dalam hal ini peneliti membahas terkait peran Guru PAI dalam
meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Negeri 1 sibolangit. Konteks
penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah.(1)Bagaimana perilaku siswa kelas
VII di SMP N 1 Sibolangit Kabupaten Deli Serdang?(2)Bagaimana peran guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa kelas VII di
SMP Negeri 1 Sibolangit Kabupaten Deli Serdang?(3)Apa faktor penghambat dan
solusi yang dilakukan guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan perilaku
Islami siswa kelas VII di SMP N 1 Sibolangit Kabupaten Deli Serdang?(1)Untuk
Mengetahui bagaimana perilaku siswa kelas VII di SMP N 1 Sibolangit
Kabupaten Deli Serdang.(2)Untuk Mengetahui bagaimana peran Guru Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa kelas VII di SMP N 1
Sibolangit Kabupaten Deli serdang.(3)Untuk mengetahui apa faktor penghambat
dan solusi yang dilakukan Guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan
perilaku Islami siswa kelas VII di SMP N 1 Sibolangit Kabupaten Deli Serdang.
Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan
kualitatif.Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan,
wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya,
peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan
gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang
sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama
Islam berperan dalam peningkatan perilaku Islami siswa. Peran guru sebagai
pendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Negeri 1 Sibolangit
yaitu dengan selalu membimbing dan membina siswa untuk berperilaku Islami
sehari-hari melalui pembiasaan budaya 5 S (salam, senyum, sapa, sopan, dan
santun), selain itu fasilitas perpustakaan serta ekstra kurlikuler keagamaan seperti
pesantren kilat ramadhan dan kajian Islam digunakan guru PAI untuk
memaksimalkan tujuan dari guru untuk membentuk perilaku Islami siswa.
SRI ASTUTI