ABSTRAK
Kata Kunci : Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah
Penelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada banyak peserta didik yaitu menurunnya akhlak peserta didik dari hari ke hari seperti generasi muda yang berani kepada guru, orang tua, berakhlak buruk dan tidak memiliki sopan santun dan lain sebagainya. Selain itu banyak peserta didik yang kebanyakan bertingkah tanpa memperdulikan moral dan etika dengan dibuktikannya semakin berjamurnya sosial media yang berisikan konten-konten yang kurang pantas untuk diihat yang dibuat oleh peserta didik itu sendiri. Pembinaan akhlakul karimah perlu dilakukan sejak dini agar pembiasaan yang diakukan bisa mengikut ke masa depan peserta didik kelak. Berdasarkan hasil penjajakan awal, diperoleh informasi bahwa Guru MTS Swasta YPI Al – Hilal Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Deli Serdang sudah berupaya untuk menjalankan peranannya sebagai pendidik dalam menanamkan akhlak kepada peserta didiknya, namun belum juga dapat berhasil dengan sepenuhnya. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian untuk mencari tahu bagaimana nilai-nilai akhlakul karimah dan aktivitas serta metode yang dilakukan guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah peserta didik di MTS Swasta YPI Al – Hilal Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Deli Serdang.
Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang mana temuan – temuannya diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang bersumber dari data primer yaitu guru akidah akhlak dan data sekunder yaitu Kepala Madrasah serta beberapa peserta didik di MTS Swasta YPI-Al-Hilal Bandar Baru. Data yang didapatkan kemudian dianalisis seperti yang dipaparkan oleh Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.
Temuan yang didapatkan dari hasil penelitian adalah guru akidah akhlak telah berupaya menanamkan nilai-nilai akhlakhul karimah dengan melakukan beberapa kebiasaan seperti shalat zuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan ceramah kultum, memberi hormat pada guru dan menjaga kebersihan. Adapun nilai-nilai akhlakul karimah yang ditanamkan yaitu akhlak kepada Allah, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada orang tua dan akhlak kepada guru. Metode yang yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah adalah menggunakan metode pembiasaan, teguran dan keteladanan oleh guru.