Archive - 2025070058

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MOHAMMAD NATSIR DAN IMPLEMTASINYA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

By VIRDA AL-HIDAYAH on July 13, 2025 12:38 PM
Project Year:
2021
Abstract:

ABSTRAK

Kata Kunci: Konsep, Pendidikan, Islam, Integral dan Implemetasi.


Penelitian ini bertujuan utuk dapat diketahui bahwa konsep pendidikan Islam menurut Muhammad Natsir yaitu konsep pendidikan yang memadukan antara pendidikan umum dan pendidikan agama, kesinambungan itu dibuktikan dengan tidak mempertentangkan antara Barat dan Timur. Islam hanya mengenal perbedaan antara hak dan bathil. Semua yang hak dapat diterima, meskipun datangnya dari Barat, dan semua yang bathil akan disingkirkan walaupun datangnya dari Timur. Dengan begitu, akan tercipta anak didik yang mementingkan rohani dan jasmaninya. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif kepustakaan atau penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang di tujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran individual seseorang secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang mengarah pada penyimpulan.Peneliti ini menyimpulkan bahwa dari pemikiran Muhammad Natsir dalam pendidikan di Indonesia dapat dilihat dari sekolah-sekolah yang sudah memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum dalam kurikulumnya. Pada sekolah umum sudah memasukkan pendidikan agama Islam secara seimbang, begitu juga sekolah Islam atau pesantren sudah memasukkan kurikulum pendidikan umum dan agama secara seimbang pula.

Author:

VIRDA AL-HIDAYAH

Project Document: