ABSTRAK
Agustina, 2020 “Evaluasi Program Pembelajaran Anak Usia Dini (Usia 4-5 Tahun) di Tk IT Luqmanul Hakim Desa Sei Mencirim”Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Arafah Deli Serdang.
Pembimbing : (1). Nelly Agustina M.Pd.I (2). Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe, M. Psi
Kata Kunci : Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran Anak Usia Dini di Tk IT Luqmanul Hakim.
Evaluasi Program Pembelajaran Anak Usia Dini di TK IT Luqmanul Hakim, bertujuan untuk perubahan kognitif, motorik, sosial-emosional, bahasa, seni. Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran diharuskan guru memiliki kompetensi dan persiapan yang baik.
Evaluasi Program Pembelajaran di TK IT Luqmanul Hakim ini mengevaluasi pembelajaran K-13, yang menyangkut 8 tema yaitu : (1) Diriku, (2) Keluargaku, (3) Lingkunganku, (4) Alam Semesta, (5) Tanaman, (6) Binatang, (7) Kendaraan, (8) Negaraku. Dengan ke delapan tema itu guru mengevaluasi pembelajaran sehari-hari
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian CIPP ( Conteks, Input, Proses, Produk). Dalam penelitian subjek penelitiannya adalah guru . Penelitian ini dilakukan mengikuti komponen-komponen CIPP.
Pengamatan data dapat disimpulkan, hasil penelitian Evaluasi Program Pembelajaran Anak Usia Dini (Usia 4-5 Tahun) Di Desa Sei Mencirim, menyatakan bahwa dari model CIPP sudah mempunyai standar keberhasilan. Hal ini dengan bukti-bukti penelitian CIPP sebagai berikut.(1) Komponen konteks, (2) Komponen Input, (3) Komponen Proses, (4) Komponen Produk.
Hasil kesimpulan penelitian, dari murid yang berjumlah 21 orang yang menunjukan keberhasilan ada 18 murid, dan murid yang belum mencapai perkembangan ada 3 orang. Murid yang belum mencapai keberhasilan akan melanjutkan ke TK B, karena murid yang belum tercapai perkembangannya murid yang belum cukup umur dalam artian usia masih 4 tahun dan kurang berkonsentrasi dalam belajar.