Archive - 2025080004

EVALUASI PROGRAM TAHFIZH AL QUR’AN DI TK IT LUQMANUL HAKIM DESA SEI MENCIRIM KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG T/A 2020/2021

By DESI LINDA  on August 11, 2025 05:14 PM
Project Year:
2021
Abstract:

ABSTRAK

Linda, Desi 2021 “Evaluasi Program Tahfizh Al Qur’an Di TKIT Luqmanul Hakim Desa Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2020/2021.  

Pembimbing  : (1) Nazaruddin, M.A dan Pembimbing (2) Tirta Yogi Aulia, M.Pd  

Kata Kunci  : Metode Talqin  dan Evaluasi  Program Tahfizh Al Qur’an.  

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengevaluasi context program Tahfizh Qur’an TKIT Luqmanul hakim (2) Mengevaluasi Input program Tahfizh Qur’an TKIT Luqmanul hakim (3) Mengevaluasi Process program Tahfizh Qur’an TKIT Luqmanul hakim (4) Mengevaluasi Product program Tahfizh Qur’an TKIT Luqmanul hakim. Penelitian ini merupakan evaluative dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dalam penelitian mengunakan model evaluasi teori Stufflebeam yaitu CIPP (Conteks, Input, Process, Product). Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi dan di verifikasi dengan pengarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Hasil evaluasi dari Konteks program tahfizh Qur’an di TKIT Luqmanul Hakim menunjukan bahwa program memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas (2) hasil evaluasi input program tahfizh qur’an diketahui bahwa kompetensi yang dimiliki guru sesuai karena mempunyai hafalan dan kemampuan dalam pemahaman membaca al qur’an sedangkan peserta didik dalam mengikuti program memiliki semangat menghafal yang tinggi. Selain itu program ini didukung dengan sarana dan prasarana yang baik, terlebih dengan adanya buku penghubung tahfizh yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik, (3) hasil evaluasi process program tahfizh Qur’an menunjukan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran tahfizh Qur’an berjalan lancer dan sesuai yang direncanakan. Metode yang digunakan yaitu metode Talqin dan yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tahfizh Qur’an yaitu kurannya waktu jam pelajaran dan kurangnya guru yang berkompetensi pembelajaran tahfizh. (4) Hasil evaluasi produk atau hasil menunjukan bahwa pencapaian target hafalan peserta didik berjalan sesuai target. Kesimpulan : program tahfizh Qur’an di TKIT Luqmanul Hakim telah berjalan dengan rencana yang telah ditetapkan, walaupun dengan pelaksanaannya beberapa hambatan yang harus diperbaiki. Prestasi tahfizh peserta didik yang baik disebabkan oleh adanya kerja sama yang baik antara sekolah dan orang tua dirumah untuk bersama-sama memberikan semangat, dukungan dan pengawasan dalam hafalan Qur’an anak.  

Author:

DESI LINDA 

Project Document: