Archive - 2025080010

EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN KINESTETIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD IT AZ-ZAHRA SEI GELUGUR KEC PANCUR BATU

By MELVIYANA SUNDARI on August 12, 2025 11:50 AM
Project Year:
2022
Abstract:

ABSTRAK

Sundari, Melviyana, 2022. Efektivitas Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD IT Az-Zahra Sei Gelugur Kec.Pancur Batu. Skripsi, Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah.

Pembimbing: (1) Tirta Yogi Aulia, M.Pd. (2) Nelly Agustina, M.Pd.I.

Kata Kunci: Efektivitas, Permainan Tradisional, Kecerdasan Kinestetik

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai efektivitas permainan dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik pada anak usia 5-6 tahun di PAUD IT Az-Zahra Sei Gelugur Kec. Pancur Batu, dengan rumusan masalah yang mencakup (1) Apa saja permainan tradisional yang diterapkan di PAUD IT Az-Zahra? (2) Bagaimana efektivitas permainan tradisional dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik? (3) Faktor-faktor apa saja yang menghambat kegiatan permainan tradisional dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik di PAUD IT Az-Zahra?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional petak umpet dan engklek sangat efektif dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik anak. Hal ini terlihat dari praobservasi awal yang dilakukan terhadap permainan engklek sebanyak 61,53% anak belum mampu menjaga keseimbangan tubuhnya. Namun setelah dilakukan observasi akhir sebanyak 38,46% anak sudah mulai berkembang, 46,15% berkembang sesuai harapan, dan 15,38% berkembang sangat baik. Hal ini juga tampak pada praobservasi awal yang dilakukan terhadap permainan tradisional petak umpet sebanyak 15,38% belum mampu mengkoordinasikan mata, tangan dan kaki. Namun setelah dilakukan observasi akhir sebanyak 15,38% mulai berkembang, 61,53% berkembang sesuai harapan, dan 23,07% berkembang sangat baik. Faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan permainan tradisional dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal misalnya suasana hati anak, kurangnya waktu bermain anak dengan keluarga dan kurangnya pemahaman anak terhadap permainan tradisional. Faktor eksternal misalnya lingkungan bermain yang tidak mendukung pelaksanaan permainan tradisional.

Author:

MELVIYANA SUNDARI

Project Document: