Abstrak
Mujiatik, NIM. 018030013, 2021/2022 Evaluasi Program Model CIPP Dalam
Kreativitas Pembelajaran Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal (ABA) 41 Sunggal Kanan Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli
Serdang Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Sekolah
Tinggi Agama Islam Darul Arafah.
Pembimbing: (1) Nelly Agustina, M.Pd Pembimbing: (2) Surya Hoirul
Ahsan Delimunthe, M.Psi.
Kata Kunci : Evaluasi Program Pembelajaran Bermain Warna Dalam Kreativitas
Anak Usia 5-6 Tahun Model CIPP.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi layanan dari
program pembelajaran bermain warna dalam kreativitas anak, menggunakan
analisis model CIPP di TK Asyiyah Bustanul Athfal (ABA) 41, dengan rumusan
masalah (1) Bagaimana Evaluasi Conteks, (2) Bagaimana Evaluasi Input, (3)
Bagaimana Evaluasi Proses, dan (4)Bagaimana Evaluasi Produ.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis
dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa : Evaluasi Contexs program ini
adalah kegiatan pembelajaran memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas,
Evaluasi Input pada program ini didukung dengan kesiapan pendidik yang mampu
menguasai pembelajaran serta antusiasme peserta didik yang cukup baik dalam
proses pembelajaran, Evaluasi Proses dalam pelaksanaanya program ini
menggunakan beberapa metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan
anak, Evaluasi Produc keberhasilan dari program ini adalah meningkatnya
kreativitas peserta didik dengan persentasi 75-80%, terlihat dari anak mampu,
mewarnai dengan warna aslinya, anak mampu mengenal lebih dari sepuluh
macam warna.