ABSTRAK
Nadya Islamia, 2022, Evaluasi Program Metode Cerita Islami Usia 5 – 6
Tahun di TK Islam Arafah 3 Desa Lau Bakeri, Program
Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama
Islam (STAI) Darularafah Deli Serdang.
Pembimbing : (1) Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe, M.Psi (2) Tirta Yogi
Aulia, M.Pd
Kata Kunci : Evaluasi Program Metode Cerita Islami
Evaluasi Program Metode Cerita bertujuan untuk mengetahui sejauh
mana ketercapaian program pengembangan yang dilaksanakan dalam
perkembangan metode cerita islami sehingga dapat dijadikan bahan acuan dalam
menentukan kebijakan agar program pengembangan dapat terlaksana sesuai
dengan yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi
pembelajaran Anak Usia Dini di TK Islam Arafah 3 Desa Sei Glugur dengan
fokus penelitian yang meliputi : (1) Bagaimana program – program untuk metode
cerita islami usia 5 – 6 tahun di TK Islam Arafah 3 ?, (2) Bagaimana evaluasi
CIPP program pengembangan metode cerita islami anak usia dini di TK Islam
Arafah 3 ? (3) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam
program evaluasi program metode cerita islami anak usiadini di TK Islam Arafah
3 ? berdasarkan komponen CIPP (context, input, prosess, product) agar
mendapatkan gambaran menyeluruh tentang pelaksanaan program metode cerita
islami. Pengumpulan data pada peneliti ini menggunakan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil temuan dalam penelitian ini antara lain : (1) Penyusunan
pembelajaran sesuai dengan kurikulum dan dijadikan pedoman oleh guru dalam
pembelajaran, (2) Media belajar dan alat permainan edukatif sangat mencukupi
dan beraneka ragam, (3) diadakan program yang menstimulasi perkembangan
pembelajaran anak, (4) guru melakukan evaluasi tumbuh kembang anak secara
rutin setiap bulanya.