ABSTRAK
Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) pembelajaran Alquran menjadi mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh semua mahasiswa. Bagi mahasiswa Pendidikan Agama Islam, diwajibkan menguasai Alquran karena mereka dipersiapkan menjadi guru Agama Islam yang mengajarkan Alquran dan ilmu agama kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai upaya yang dilakukan pihak Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah (STAIDA) untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca Alquran, dengan fokus penelitian yang mencakup (1) Bagaimana kemampuan mahasiswa STAI Darul Arafah semester 1 dalam membaca Alquran, (2) Bagaimana program STAI Darul Arafah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa semester 1 dalam membaca Alquran, (3) Bagaimana peningkatan pembelajaran Alquran pada mahasiswa STAI Darul Arafah semester 1 dalam membaca Alquran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kemampuan mahasiswa STAI Darul Arafah semester 1 berbeda-beda sesuai dengan latar belakang pendidikan sebelumnya. (2) Program yang dilakukan oleh STAI Darul Arafah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa semester 1 diantaranya dengan mengadakan praktikum ilmu tajwid, serta mengadakan ujian Alquran secara lisan dan tulisan. (3) Program yang dilaksanakan STAI Darul Arafah mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca Alquran berdasarkan hasil triangulasi dan juga penegasan dari Dosen pengampu mata kuliah Alquran.
Kata Kunci : Upaya Sekolah Tinggi, Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dan Membaca Alquran