ABSTRAK
Wulandani, Vivi, NIM 018030017, Judul skripsi “Evaluasi Program Kemandirian Anak
Usia Dini Umur 5-6 Tahun Di TK. Nurul Fitriah Desa Lau Bakeri Kec.
Kutalimbaru Kab. Deli Serdang”. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini,
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam
Darul Arafah, Deli Serdang 2022, Dosen Pembimbing 1 Ustad Surya Hoirul
Ahsan Dalimunte M.Psi dan Dosen pembimbing 2 Ustadzah Efri Manda
Hasibuan M.Psi
Evaluasi program kemandirian anak usia dini bertujuan untuk
mengembangkan kemandirian anak dalam belajar di TK. Nurul Fitriah, lembaga
ini membentuk sebuah program yang menunjang pelaksanaan pendidikan dalam
pencapaian pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi program
kemandirian anak usia dini di TK. Nurul Fitriah Desa Sampe cita dengan fokus
penelitianyang mencakup : (1) Bagaimana program kemandirian anak usia dini
di TK.Nurul Fitriah? (2) Bagaimana pelaksanaan program kemandirian di TK.
Nurul Fitriah? (3). Hambatan hambatan apa saja yang ada pada saat program ini
dijalankan?. Berdasarkan komponen CIPP (context, input, process, product)
agar mendapatkan gambaran menyeluruh tentang pelaksanaan program
pengelolaan lembaga pendidikan anak usia dini.
Pengumpulan data ini menggunakan instrumen observasi, wawancara
dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemuadian dianalisis untuk
mendapatkan hasil penelitian dengan pendekatan semi kualitatif, yaitu dengan
cara mendeskripsikan hasil penelitian.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) peserta yang ikut
program kemandirian ini hanya anak umur 5-6 tahun (2) pengembangan
program kemandirian ini dilaksanakan rutin setiap hari dan ujung kegiatan
dilaksanakan pada hari jum’at/perlombaan sekali seminngu. (3) orangtua tidak
dilibatkan dalam program sekolah tersebut (4) hasil pencapaian akan di buku
kan ke dalam raport sekolah.
Kata kunci : Evaluasi, Program Kemandirian, TK, PAUD, CIPP