ABSTRAK
Rahayu, Sri, 2022. Evaluasi Program Kegiatan Bercocok Tanam di RA Ashabul
Kahfi Desa Tuntungan II Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang.
Skripsi, Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama
IslamDarulArafahArafah.
Pembimbing : (1) Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe, M.Psi.(2) Nelly Agustina,
M.Pd.I.
Kata Kunci: Evaluasi Program, Model CIPP, Bercocok Tanam
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program
kegiatan bercocok tanam yang dilakukan di RA Ashabul Kahfi dengan rumusan
masalah yang mencakup (1)Bagaimana evaluasi konteks pada program kegiatan
bercocok tanam? (2) Bagaimana evaluasi input pada program kegiatan bercocok
tanam? (3) Bagaimana evaluasi proses pada program kegiatan bercocok tanam? (4)
Bagaimana evaluasi produk pada program kegiatan bercocok tanam di RA Ashabul
Kahfi?.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan menggunakan
model CIPP. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi context pelaksanaannya
sudah baik sesuai dengan visi dan misi yang ditetapkan sekolah meningkatkan
kreativitas dan kemandirian dalam diri peserta didik. (2) Evaluasi input berada pada
kategori baik dilihat dari kemampuan melaksanakan kegiatan mengikuti rancangan
yang telah dibuat. (3) Evaluasi process, dilaksanakan dengan sangat baik dengan
pemenuhan sarana dan prasarana yang memadai serta kemampuan guru secara
efektif dalam proses menyampaikan pembelajaran. (4) Evaluasi Product. Mengenai
hasil dari kegiatan bercocok tanam dapat dilanjutkan dan dimanfaatkan baik untuk
RA Ashabul Kahfi sendiri maupun lembaga sekolah lainnya.