ABSTRAK
Alfira, Dela, 2022. Evaluasi Program Asesmen Calistung (Baca Tulis Hitung) Usia
5-6 Tahun di TK IT As Shadiqah Jl Sei Mencirim Dusun II Kecamatan
Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini,
Fakultas Ilmu Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah, Dosen
Pembimbing: (1) Nelly Agustina,M.Pd.I, (2) Tirta Yogi Aulia,M.Pd.
Kata Kunci : Evaluasi Program, Model CIPP, Asesmen Calistung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program
asesmen calistung yang dilakukan di TK IT As Shadiqah sudah berjalan dengan
baik, dengan menggunakan model evaluasi CIPP.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan menggunakan
pendekatan deskriptif evaluative. Teknik pengumpulan data dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model CIPP dengan
prosedur kualitatif. Teknik analisis data seperti reduksi data, penyajian data,
menafsirkan, menyimpulkan dan verifikasi data. Keabsahan data dengan
meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi context berada pada
kategori baik. Proses program asesmen calistung sudah baik, dimana telah
memenuhi beberapa prinsip penilaian. (2) evaluasi input berada pada kategori
cukup baik. Dimana sudah memenuhi kriteria penilaian, yaitu guru sudah
merumuskan tujuan pembelajaran dalam RPPH sesuai dengan silabus. (3) evaluasi
process, mengenai proses pembelajaran dan penilaian cukup baik, dimana guru
menyampaikan pembelajaran tema dan pembelajaran membaca, menulis serta
berhitung secara runtun dan jelas. (4) evaluasi product, mengenai efektivitas
program asesmen sudah cukup baik. Dimana, raport ditulis dalam bentuk deskripsi
dan angka dan memuat seluruh aspek perkembangan.