ABSTRAK
Zulkarnain, 2022, “Evaluasi Program Kegiatan Melipat Origami Pada Kelompok
B Usia 5-6 Di TK Jaya Pancur Batu”.
Pembimbing : (1) Surya Hoirul Ahsan, M.Psi, (2) Tirta Yogi Aulia, M.Pd
Kata Kunci : Metode Evaluasi Program Melipat Origami
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengevaluasi Contex (Konteks)
program melipat origami di TK Jaya Pancur batu, (2) Mengevaluasi Input
(Masukan) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu, (3) Mengevaluasi
Process (Proses) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu dan (4)
Mengevaluasi Product (Produk) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu.
Penelitian ini merupakan evaluative dengan pendekatan kualitatif deskriptif,
dalam penelitian menggunakan model evaluasi teori Stufflebeam yaitu CIPP
(Conteks, Input, Process, Product). Data diperoleh dengan wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara
mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi dan diverifikasi
dengan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Hasil evaluasi Contex
(Konteks) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu menunjukkan bahwa
memiliki tujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan para siswa. (2) Input
(Masukan) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu memperlihatkan
suatu keputusan didalam kegiatan melipat origami seperti kemampuan guru dalam
mendampingi siswa, kemampuan siswa dalam melipat origami, dan fasilitas
penunjang dalam melaksanakan kegiatan melipat origami. (3) Evaluasi Process
(Proses) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu dilakukan dengan
unsur-unsur ketersediaan jadwal pembelajaran melipat origami serta proses
pembelajaparan melipat origami. (4) evaluasi produk atau hasil merupakan
penilaian yang dilakukan guna mengukur tingkat keberhasilan dalam pencapaian
tujuan program yang telah direncanakan.
Kesimpulan : Bahwa metode evaluasi program kegiatan melipat origami
telah berjalan dengan rencana yang telah ditetapkan, walaupun dengan
pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang harus diperbaiki. Namun
peserta didik dapat memberikan prestasi yang baik serta dapat memahami dengan
mudah cara-cara melipat origami.