Archive - 2025080014

EVALUASI PROGRAM KEGIATAN MELIPAT ORIGAMI PADA KELOMPOK B USIA 5-6 DI TK JAYA PANCUR BATU

By ZULKARNAIN  on August 12, 2025 02:45 PM
Project Year:
2022
Abstract:

ABSTRAK

Zulkarnain, 2022, “Evaluasi Program Kegiatan Melipat Origami Pada Kelompok B Usia 5-6 Di TK Jaya Pancur Batu”.

Pembimbing : (1) Surya Hoirul Ahsan, M.Psi, (2) Tirta Yogi Aulia, M.Pd Kata Kunci : Metode Evaluasi Program Melipat Origami

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengevaluasi Contex (Konteks) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu, (2) Mengevaluasi Input (Masukan) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu, (3) Mengevaluasi Process (Proses) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu dan (4) Mengevaluasi Product (Produk) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu. Penelitian ini merupakan evaluative dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dalam penelitian menggunakan model evaluasi teori Stufflebeam yaitu CIPP (Conteks, Input, Process, Product). Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Hasil evaluasi Contex (Konteks) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu menunjukkan bahwa memiliki tujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan para siswa. (2) Input (Masukan) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu memperlihatkan suatu keputusan didalam kegiatan melipat origami seperti kemampuan guru dalam mendampingi siswa, kemampuan siswa dalam melipat origami, dan fasilitas penunjang dalam melaksanakan kegiatan melipat origami. (3) Evaluasi Process (Proses) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu dilakukan dengan unsur-unsur ketersediaan jadwal pembelajaran melipat origami serta proses pembelajaparan melipat origami. (4) evaluasi produk atau hasil merupakan penilaian yang dilakukan guna mengukur tingkat keberhasilan dalam pencapaian tujuan program yang telah direncanakan.

Kesimpulan : Bahwa metode evaluasi program kegiatan melipat origami telah berjalan dengan rencana yang telah ditetapkan, walaupun dengan pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang harus diperbaiki. Namun peserta didik dapat memberikan prestasi yang baik serta dapat memahami dengan mudah cara-cara melipat origami.

Author:

ZULKARNAIN 

Project Document: