Program studi PIAUD merupakan salah satu pelaksana kegiatan akademik yang menyelenggarakan pendidikan dalam rangka mempersiapkan tenaga pendidik dan tenaga pengembangan pendidikan Raudhatul Atfal yang mampu melaksanakan tugas-tugas profesional dan keahlian pada bidang kelembagaan pendidikan anak usia dini seperti Taman
ABSTRAK STRATEGI GURU DALAM MENGATASI GANGGUAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER PADA ANAK DI RA. ULUN NUHA MEDAN JOHORNama : Sarini Abdullah NasutionNPM/NIRM : 021030086/021.16.1.2.2.1.0295 Pembimbing I : Dr. Tirta Yogi Aulia, M.Pd NIDN : 2129049001 Pembimbing II : Hestika Dewi Sitepu, M.Pd NIDN : 2102069402 Permasalahan dalam penelitian ini yang pertama bagaimana gangguan prilaku pada anak dengan gangguan ADHD pada anak di RA. Ulun Nuha Medan Johor?. Kedua, bagaimana strategi guru dalam mengatasi gangguan ADHD padaanak di RA. Ulun Nuha Medan Johor?. Ketiga, apakah terdapat hambatan dan solusi guru dalam mengatasi gangguan ADHD pada anak di RA. Ulun Nuha Medan Johor?. Adapun tujuan dalam penelitian ini pertama untuk mengetahui gangguan prilaku pada anak dengan gangguan ADHD pada anak. Kedua, untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi gangguan ADHD pada anak. Ketiga, untuk mengetahui hambatan dan solusi guru dalam mengatasi gangguan ADHD pada anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, jenis penelitian analisis deskriptif.Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa 1) Terdapat gangguan prilaku anak dalam gangguan ADHD yakni kesulitan menahan keinginan, kesulitan mengontrol gerak dan kesulitan memusatkan perhatian. 2) Guru melakukan pendekatan dengan memberikan perhatian kepada anak, memberikan sentuhan dan berbicara dengan empat mata serta memberikan suasana yang nyaman kepada anak agar anak lebih mudah untuk dibimbing. 3) Pertama hambatan waktu yang terbatas disekolah, kedua tidak adanya tenaga professional guru khusus menangani anak dengan gangguan ADHD, ketiga kesulitan membuat RPP dan RPPH khusus anak dalam gangguan ADHD. Adapun solusi dalam mengatasi masalah tersebut yakni pertama adanya kerjasama antara guru dengan orangtua, kedua mengadakan pelatihan-pelatihan peningkatan kompetensi guru dalam mengatasi anak dengan gangguan-gangguan tumbuh kembang. Ketiga guru dapat membuat RPP dan RPPH anak dengan ADHD dengan bimbingan psikolog.KATA KUNCI: Strategi Guru, Anak ADHD Dan Anak RA
ABSTRAK STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA NURUL ILMI RUMAH SUMBUL KECAMATAN STM HULU Name : Sumarni NPM/NIRM : 021030082 Advisor I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe, M.Psi NIDN : 2121078402 Advisor II : Fadhilatun Mahfudzah, M.Pd NIDN : 2122059002 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul. Penelitian dilakukan di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul, Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif jenis bermain peran atau role playing. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu kelompok Umar dan Ali di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh melalui hasil observasi di dalam kelas dan wawancara dengan guru kelompok Umar dan Ali di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul sebagai data primer serta dokumentasi sebagai data sekunder. Dalam menganalisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa melalui kegiatan bermain peran pada anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul yaitu: 1 Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengenai Strategi Guru dalam Meningkatkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul Kecamatan STM Hulu, maka peneliti dapat menyimpulkan: 1) untuk mencapai hasil belajar yang efektif, terukur dan optimal terhadap perkembangan bahasa anak usia 5 – 6 tahun dibutuhkan langkah penerapan strategi atau metode pembelajaran yang sesuai dengan fase tumbuh kembang anak. Pemilihan metode bermain peran telah memberikan hasil yang signifikan terhadap target dan capaian perkembangan bahasa peserta didik di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul, 2) kemampuan bahasa anak sebelum menerapkan metode bermain peran di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul adalah 58,6% atau 17 siswa terkategori Belum Berkembang (BB) dan 41,4% atau 12 siswa terkategori Mulai Berkembang (MB). Sementara itu, setelah menerapkan metode bermain peran terdapat 20,7% atau atau 6 siswa terkategori Mulai Berkembang (MB) dan 31% atau 9 siswa terkategori Berkembang Sesuai Harapan (MB) serta 48,3% atau 14 siswa sudah terkategori Sangat Berkembang (SB), berbagai faktor penghambat dalam proses belajar dan mengajar bagi tenaga pengajar di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul berupa perbedaan latar belakang peserta didik dan kondisi kesehatan yang dialami peserta didik baik kesehatan mulut (gagap bicara) maupun telinga berair. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam mensukseskan kegiatan belajar dan mengajar. . Kata Kunci: Strategi guru, kemampuan bahasa, bermain peran, anak usia dini
ABSTRAK IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TK MUTIARA TAQWA DESA SUKA RAYA KECAMATAN PANCUR BATUKABUPATEN DELI SERDANGTAHUN AJARAN 2024-2025 Nama : Theodora Simanullang NPM/NIRM : 021030073/021.16.1.2.2.1.0246 Pembimbing I :Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Pembimbing II :Fadhilatun Mahfudzah NIDN : 2122059002 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelassan mengenai implementasi kurikulum merdeka di TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya kecamatan pancur batu kabupaten deli serdang tahun ajaran 2024/2025, dengan rumusan masalah yang mencakup (1) Bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka di TK IT Mutiara Taqwa Desa Suka Raya Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang tahun pelajaran 2024/2025?. (2) Apa saja Faktor Pendukung dalam implementasi kurikulum merdeka di TK Mutiara Taqwa Desa Suka Raya Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang tahun pelajaran 2024/2025?. (3)Apa saja faktor penghambat dalam implementasi kurikulum merdeka di TK Mutiara Taqwa Desa Suka Raya Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang tahun pelajaran 2024/2025?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, Implementasi kurikulum merdeka di TK Mutiara Taqwa Desa Suka Raya yaitu, Struktur kurikulum merdeka yang dilakukan di TK Mutiara Taqwa Desa Suka Raya yaitu struktur intrakulikuler dan p5, capaian pembelajaran., pembelajaran dan asesmen, projek penguatan profil belajar pancasila, perangkat ajar, kurikulum operasional satuan pendidikan, evaluasi kurikulum merdekaFaktor pendukung dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK Mutiara Taqwa Desa Suka Raya yaitu sarana dan prasarana, keaktifan siswa, dan dukungan orang tua. Faktor penghambat pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK Mutiara Taqwa Desa Suka Raya yaitu kurangnya dukungan kepala sekolah serta kurangnya pehaman guru mengenai kurikulum merdeka dan tidak pernahnya guru mengikuti pelatihan kurikulum merdeka. Kata kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Anak Usia Dini
ABSTRAK UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA TAQWA DESA SUKARAYA KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG Nama : Umi Kamalia NPM/NIRM : 021030074/ 021.16.1.2.2.1.0247 Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe NIDN : 2121078402 Pembimbing II : Efri Manda Sari Hasibuan NIDN : 2123049102 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui penggunaan media Playdough pada anak kelas Matahari di TK Mutiara Taqwa Sukaraya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Suharsimi Arikunto, dengan rumusan masalah (1)) Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 sebelum menggunakan media Playdough? (2) Kemampuan mengenal lambang bilangan1-10 sesudah menggunakan media Playdough?. Subyek yang diteliti anak-anak kelas Matahari di TK Mutiara Taqwa Sukaraya yang berjumlah 13 orang anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang berbentuk checklist. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak melalui penggunaan media Playdough, hal ini dibuktikan pada kemampuan awal mengenal lambang bilangan yaitu 23% termasuk dalam kriteria tidak lulus, pada Siklus I meningkat 23% menjadi 53,8% termasuk dalam kriteria cukup, dan pada Siklus II meingkat 53,8% menjadi 76,9% termasuk dalam kriteria lulus. Langkah-langkah yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan yaitu guru mengenalkan bilangan dengan membuat Playdough sesuai dengan lambang bilangannya setiap anak memperoleh satu lembar lambang bilangan kemudian menjiplak bilangan tersebut. Anak mengurutkan dan menunjukkan lambang bilangan 1- 10, menghubungkan lambang bilangan 1-10 sesuai dengan jumlah benda nyata yang telah mereka buat sendiri dengan Playdough. Kata kunci: Lambang bilangan, Media Playdough
ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN MEDIA BONEKA JARI DI RA AL BARAKAH KEC. NAMO RAMBE TAHUN 2024-2025 Nama : Vania Miftahul Janah NPM/NIRM : 021030079/021.16.1.2.2.1.0252 Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe, M.Psi NIDN : 2121078402 Pembimbing II : Hestika Dewi Sitepu, M.Pd NIDN : 2102069402 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Secara umum tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya meningkatkan kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun dengan media boneka jari di RA Al Barakah Kec. Namo Rambe. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar instrumen penilaian anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui cerita dengan boneka dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak Kelompok A RA Al Barokah. Hal tersebut dapat dilihat dari data yang diperoleh. Data tersebut menunjukkan bahwa pada saat pra tindakan belum ada anak (0%) yang memiliki kemampuan menyimak dengan kriteria berkembang sangat baik. Setelah adanya tindakan siklus I yang dilakukan melalui cerita dengan boneka, kemampuan menyimak dengan kriteria mulai berkembang sebanyak 3 anak (60%) dan berkembang sesuai harapan menjadi 2 anak (40%). Pada SIklus II dengan kriteria berkembang sangat baik menjadi (80%). Kata Kunci: Kemampuan Menyimak, Media Boneka Jari, Anak Usia Dini
ABSTRAK STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK USIA DINI DI TK AL-KHAIRIYAH KECAMATAN DELI TUA Nama : Anita Julia Ningsih NPM/NIRM : 021030075/021.16.1.2.2.1.0248 Pembimbing I : Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Pembibing II : Paradita Kumala Lemmy NIDN : 2110119103 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan seksual pada anak usia dini di TK Al Khairiyah Kecamatan Deli Tua. Pendidikan seksual pada anak usia dini sangat penting sebagai upaya preventif terhadap kekerasan seksual dan untuk membentuk pemahaman yang sehat mengenai tubuh, privasi, dan hubungan interpersonal sejak dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi dua guru dan tiga orang tua siswa TK Al Khairiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah menerapkan pendidikan seksual secara sederhana dan kontekstual, disesuaikan dengan usia dan pemahaman anak. Materi yang diberikan meliputi pengenalan anggota tubuh, ajaran mengenai sentuhan baik dan buruk, serta pembiasaan untuk menjaga kebersihan dan privasi tubuh. Orang tua pada umumnya mendukung penerapan pendidikan seksual di sekolah, meskipun masih terdapat perbedaan pemahaman mengenai sejauh mana pendidikan seksual perlu diajarkan. Beberapa orang tua merasa bahwa pendidikan seksual seharusnya menjadi tanggung jawab utama keluarga, sementara lainnya menganggap sekolah memiliki peran penting dalam memberikan edukasi dasar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendidikan seksual pada anak usia dini di TK Al Khairiyah sudah berjalan cukup baik, namun masih diperlukan sinergi yang lebih erat antara sekolah dan orang tua agar materi yang diberikan dapat lebih komprehensif dan konsisten. Diperlukan juga pelatihan dan pendampingan bagi guru serta edukasi bagi orang tua agar pendidikan seksual dapat diterapkan secara efektif dan tepat guna. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Seksual, Anak Usia Dini
ABSTRAK UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA IQRO’ MENGGUNAKAN MEDIA BUSY BOOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DITK IT AL-IKHLAS RUMAH SUMBUL KECAMATAN STM HULU Nama : Susi Wahyuni NPM/NIRM : 020030059/020.16.1.2.2.1.0437 Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe NIDN : 2121078402 Pembimbing II : Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perkembangan moral anak sebelum menggunakan model pembelajaran lagu anak islami di RA Ummu Hafidzah, Kecamatan Biru–biru. (2) Untuk mengetahui perkembangan moral anak setelah menggunakan model pembelajaran lagu anak islami di RA Ummu Hafidzah, Kecamatan Biru–biru. (3) Untuk mengetahui hambatan dalam upaya peningkatkan perkembangan moral anak usia dini dengan model pembelajaran lagu anak islami di RA Ummu Hafidzah Desa Candirejo Kecamatan Biru-Biru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah 16 orang Kelas Melati di RA Ummu Hafidzah Desa Candirejo Kecamatan Biru-Biru. Sedangkan objek penelitian ini yaitu Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan perkembangan moral melalui model pembelajaran lagu anak islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan moral anak meningkat setelah adanya tindakan melalui model pembelajaran lagu anak islami. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase perkembangan moral sebesar 35.49%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 55.58% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 71.43% Selanjutnya karena Siklus I dan II belum mencapai target capaian, maka dilakukan Siklus III, pada pelaksanaannya mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu 81.92%. KataKunci: Perkembangan Moral, Lagu Anak Islami
ABSTRAK UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA IQRO’ MENGGUNAKAN MEDIA BUSY BOOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DITK IT AL-IKHLAS RUMAH SUMBUL KECAMATAN STM HULU Nama : Sri Widayanti NPM/NIRM : 021030087/019.16.1.2.2.1.0970 Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe NIDN : 2121078402 Pembimbing II : Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan huruf hijaiyah sebelum membaca Iqro’ pada anak usia dini, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan media busy book di TK ITAl-Ikhlas Rumah Sumbul Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu pada kelompok B di Tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dalam pelaksanaannya dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak didik di kelompok B yang berjumlah 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran busy book dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah kelompok B di TK ITAlIkhlas Rumah Sumbul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiyah dapat ditingkatkan melalui media busy book, hal ini dilihat dari semakin meningkatnya persentase anak dalam mengenal huruf hijaiyah pada Iqro’. Dari penelitian yang telah dilakukan mulai pra siklus mencapai 56,2% dengan menggunakan metode dan media yang ada di sekolah tersebut. Pada siklus I kemampuan mengenal huruf meningkat menjadi 73,7%, tetapi hasil ini masih belum seperti yang diharapkan. Sehingga dilakukan lagi siklus II dengan media yang sama dan hal ini membuat peningkatan lagi hingga mencapai 92,5%. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Busy Book, Media Pembelajaran, Huruf Hjaiyah, Iqro’
ABSTRAK UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN KOLASE (MENEMPEL) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT LUQMANUL HAKIM SEI MENCIRIM KECAMATAN SUNGGAL Nama : Sarmila NPM/NIRM : 020030049/020.16.1.2.2.I.0428 Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe NIDN : 2121078402 Pembimbing II : Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan kolase (menempel) pada anak usia dini, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan media kolase (menempel) di TK IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim Kecamatan Sunggal pada kelompok B di Tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dalam pelaksanaannya dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak didik di kelompok B yang berjumlah 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah melalui kegiatan kolase (menempel) dalam meningkatkan keterampilan motorik halus kelompok B di TK IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus dapat ditingkatkan melalui kegiatan kolase (menempel), hal ini dilihat dari semakin meningkatnya persentase anak dalam keterampilan motorik halus. Dari penelitian yang telah dilakukan mulai siklus I mencapai 66,3% dengan menggunakan metode dan media yang ada di sekolah tersebut. Pada siklus II keterampilan motorik halus meningkat menjadi 77,7%, dengan ini keterampilan motorik halus anak setelah melakukan kegiatan kolase (menempel) sudah mencapai berkembang dengan baik. Kata Kunci: Peningkatan Keterampilan, Motorik Halus, Anak Usia Dini