Departemen Arsip : Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Program studi PIAUD merupakan salah satu pelaksana kegiatan akademik yang menyelenggarakan pendidikan dalam rangka mempersiapkan tenaga pendidik dan tenaga pengembangan pendidikan Raudhatul Atfal yang mampu melaksanakan tugas-tugas profesional dan keahlian pada bidang kelembagaan pendidikan anak usia dini seperti Taman


IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER AUD DALAM PENGEMBANGAN AGAMA DAN MORAL DI TK IT AR-RA’YU DESA PAYA GELI KECAMATAN SUNGGAL

By NEVA NURHIDAYATI FATHONI

ABSTRAK IMPELEMENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER AUD DALAM PENGEMBANGAN AGAMA DAN MORAL DI TK IT AR-RA‟YU DESA PAYA GELI KECAMATAN SUNGGALNama : Neva Nurhidayati Fathoni NIM 019030029 Pembimbing I : Tirta Yogi Aulia, M.Pd. NIDN 019030029 Pembimbing II : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe, M.Psi NIDN 2121078402 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembentukan Karakter AUD Dalam Pengembangan Agama Dan Moral di TK IT Ar-Ra‟yu Desa Paya Geli Kecamatan Sunggal. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Adapun sumber data yaitu data primer dan data sekunder dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi.. Teknik analisis data yaitu reduksi data penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah Pembentukan Karakter AUD Dalam Pengembangan Agama Dan Moral di TK IT Ar-Ra‟yu Desa Paya Geli Kecamatan Sunggal bahwa menggunakan metode bercerita, keteladanan dan metode pembiasaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi pengembangan agama dan moral di sekolah memiliki pengaruh yang sangat penting sebagai lingkungan kedua yang mendukung perkembangan anak, oleh karena itu sekolah dan orangtua perlu menjalin kerjasama yang baik sehingga perkembangan agama dan moral anak memiliki pemahaman yang kuat karena rumah dan sekolah mampu memenuhi kebutuhan perkembangan nilai agama dan moral anak. Kata Kunci: Pengembangan Agama dan Moral, Anak Usia Dini

PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PADA USIA 5–6 TAHUN DI TK RAUDHATUL MAHABBAH KECAMATAN SUNGGAL

By NOVI MOURENA

ABSTRAK PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK IT RAUDHATUL MAHABBAH KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANGNama : Novi Mourena NPM/NIRM : 019030030 / 019.16.1.2.2.1.I.0967 Pembimbing 1 : Nazaruddin NIDN : 2101058701 Pembimbing 2 : Efrimanda Sari Hasibuan NIDN : 2123049102 Penelitian ini betujuan untuk 1) perkembangan sosialisasi emosional anak pada usia 5-6 tahun di TK IT Raudhatul Mahabbah Kecamatan Sunggal, 2) peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK IT Raudhatul Mahabbah dan 3) untuk mengetahui hambatan dalam perkembangan sosial emosional anak pada usia 5-6 tahun di TK IT Raudhatul Mahabbah Kecamatan Sunggal. Jenis penelitian dari Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan subjek penelitian wawancara kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dari penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikkan kesimpulan data. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, peran guru sangatlah penting terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK IT RAudhatul MahabbSunggal. Ini dikarenakan peran guru ini dapat mengarahkan anak kepada prilaku yang baik sehinga anak bisa bersosialisasi dengan baik sesame teman sebaya maupun dilingkungan masyarakat tempat tinggal dan dapat mengontrol emosinya menjadi emosi yang lebih mengontrol adikmu dan. Kata kunci : Peran Guru, Sosial emosional 

PERAN GURU PAUD DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI RA YP ISTIQOMAH ISLAMIC FULLDAY SCHOOL SRI GUNTING KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA

By PUTRI WULANDARI 

ABSTRAK PERAN GURU PAUD DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI RA YP ISTIQOMAH ISLAMIC FULLDAY SCHOOL KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANGNama : Putri Wulandari NPM/NIRM : 019030035 / 019.16.1.2.2.I.0972 Pembimbing 1 : Tirta Yogi Aulia, M.Pd NIDN : 2129049001 Pembimbing 2 : Efri Manda Sari Hasibuan, M.Psi NIDN : 2123049102 Penelitian ini betujuan untuk 1) peran guru dalam mengembangkan bahasa anak di RA YP Istiqomah Islamic Fullday School, 2) perkembangan bahasa anak pada usia 5-6 tahun di RA YP Istiqomah Islamic Fullday School, 3) menstimulasi perkembangan bahasa anak pada usia 5-6 tahun di RA YP Istiqomah Islamic Fullday School. Jenis penelitian dari Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan subjek penelitian wawancara kepala sekolah, guru dan orangtua. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dari penelitian ini adalah deskritif kualitatif, analisis ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, dispaly data dan verifikasi atau penarikkan kesimpulan data. Dilihat dari hasil penelitian ini 1) peran guru dalam mengembangkan bahasa anak di RA YP Istiqomah Islamic Fullday School, 2) perkembangan bahasa anak pada usia 5-6 tahun di RA YP Istiqomah Islamic Fullday School, 3) menstimulasi perkembangan bahasa anak pada usia 5-6 tahun di RA YP Istiqomah Islamic Fullday School yaitu adalah guru sebagai motivator, guru sebagai vasilitator, guru sebagai educator, guru sebagai supervisor, guru sebagai komunikator, demonstrator. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, peran guru sangatlah penting untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak yang masih ada anak belum jelas dan tepat mengucapkan bahasanya yang baik di RA YP Istiqomah Islamic Fullday School Sri Gunting. Ini dikarenakan peran guru ini dapat mengarahkan anak kepada prilaku yang baik sehinga anak bisa bersosialisasi dengan baik sesame teman sebaya maupun dilingkungan masyarakat tempat tinggal dan dapat berbicara yang lebih jelas dan lebih baik lagi. Kata kunci : Peran Guru, Menstimulasi perkembangan bahaa anak usia 5-6 tahun, Kualitatif

PENERPAN METODE BERCERITA DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK 5-6 TAHUN DI ERA YP ISTIQOMAH ISLAMIC FULL SCHOOL SRI GUNTING KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA

By RIZKA MUTIARA SITANGGANG

ABSTRAKPENERPAN METODE BERCERITA DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK 5-6 TAHUN DI ERA YP ISTIQOMAH ISLAMIC FULL SCHOOL SRI GUNTING KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARANama: Rizka Mutiara SitanggangNPMI/NIRM: 019030030/019.16.1.2.2.1.1.0967 Pembimbing 1: Tirta Yogi Aulia, M.Pd NIDN: 2129049001 Pembimbing 2: Efrimanda Sari Husibuan, M.Psi NIDN: 2123049102 Penelitian ini betujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Ra Yp Istiqomah Islamic Fullday School Desa Sri Gunting Kecamatan Sunggal Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelompok B2 (Usia 5-6 Tahun), anak usia 5-6 tahun sebanyak 18 anak, serta 3 orang tun anak umia 5-6 tahun. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Tahap persiapan yang dilakukan gutu yakni menyiapkan RKH, memilih cerita, memilih alat peraga dan mengatur posisi duduk anak, (2) Modis yang digunakan berupa buku cerita dan boneka; (3) Dalam penerapan metode bercerita guru mengeluarkan keterampilannya bercerita dengan sangat baik: (4) Respon anak terlihat sangat senang: (5) Kemampuan yang dapat dikembangkan yakni bahasa, moral, kognitif, moterik, sosio-emosional, imajinasi, prestasi dan konsentrasi; (6) Kendala yang dihadapi guru adalah lupa nama tokoh cerita, silitnya mendapatkan buku, serta kehadiran tamu di dalam kelas pada saat kegiatan bercerita berlangsung. Dilihat dari hasil penelitian ini yaitu 1) perkembangan bahasa anak usia dini 5-6 tahun di Tk Ra Yp litiqomah Islamic Fullday School mdah berkembangan sangat baik sekali 2) penerapan metode becerita yang telah dilakukan oleh guru dan peneliti untuk anak usia dini 5-6 tahun di Tk Ra Yp Istiqumah Islamic Fullday School desa sri gunting kecamatan sunggal metode becerita sadah dapat mengarahkan anak udah berkembang baik sehingga anak boa bersosialisasi dengan baik sesame teman maupun sebaya berbicara atau komunikasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penarapan metode becerita itu sangat penting terhadap perkembangan bahasa anak sia dini 5-6 tahun di Taman Ra Yp Istiqomah Islamic Fullday School Sri Gunting Kreamatan Sunggal ini dikarenakan peran seorang guru dapat mengarahkan anak berpilaku haik dalam berbicara kepada teman atau disekitarnya sehingga anak juga dapat berumialisasi dengan baik bersama teman sebaya maupun dilingkungan masyarakat tempat is tinggal Kata kunci : Panerapan metode beceritu perkembangan bahasa anak 5-6 tahun, Kualitatif

EVALUASI PROGRAM PENGENALAN HURUF HIJAIYYAH DENGAN METODE IQRO’ ANAK USIA 4 - 5 TAHUN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI RA SAIDI TURI KECAMATAN PANCUR BATU

By ROHANIBR BARUS

ABSTRAK EVALUASI PROGRAM PENGENALAN HURUF HIJAIYYAHDENGAN METODE IQRO’MENGGUNAKAN MODEL CIPPDI RA SAIDI TURI KECAMATAN PANCUR BATU Nama : Rohani Br Barus NPM/NIRM : 019030037/019.16.1.2.2.I.0974 Pembimbing 1 : Efrimanda Sari Hasibuan, M.Psi NIDN 2123049102 Pembimbing 2 : Nazaruddin, S.Th.I, M.A NIDN 2101058701 Kata kunci : Evaluasi Program Pengenalan Huruf Hijaiyyah Dengan Metode Iqro’ Dengan Model CIPP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program pengenalan huruf hijaiyah dengan metodeiqro’menggunakan model CIPP di RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu dengan rumusan masalah 1) Bagaimana evaluasi konteks 2) Bagaimana evaluasi input 3) Bagaimana evaluasi proses dan 4) Bagaimana evaluasi produk dari program pengenalan huruf hijaiyah dengan metode Iqro’.pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi konteks dari program ini adalah kegiatan pembelajaran memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas, Evaluasi input pada program ini didukung dengan kesiapan pendidik dan dengan perencanaan dan media metode yang mesti mulus anak dalam belajar, Evaluasi proses dalam pelaksanaannya program ini menggunakan beberapa metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menerapkan program ini. Evaluasi produk keberhasilan dari program ini adalah mempunyai anak dalam mengetahui mengenal mengucapkan dan memahami tentang huruf hijaiyah yang pada akhirnya mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TAUHID PADA ANAK USIA DINI UMUR 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL USWAH AL ISLAM KECAMATAN MEDAN BARAT

By SANGKOT 

ABSTRAK Implementasi Pendidikan Tauhid Pada Anak Usia Dini Umur 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Uswah Al Islam Kecamatan Medan Barat. Nama : Sangkot NPM/NIRM : 019030038/019.16.1.2.2.1.0975 Pembimbing 1 : Nazaruddin NIDN : 2101058701 Pembimbing 2 : Efrimanda Sari Hasibuan NIDN : 212304910 Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengungkapkan data-data yang di dapat, & mendeskripsikan metode dan model pembelajaran yang digunakan guru terkait dengan materi pendidikan tauhid di sekolah. 2). Untuk mendeskrispikan upaya-upaya yang dilakukan guru terkait dengan pendidikan tauhid. 3). Untuk mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam menerapkan pendidikan tauhid. Metode Penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan kegiatan pembelajaran pendidikan tauhid di Raudhatul Athfal Uswah Al Islam Kecamatan Medan Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan di mulai dengan menganalisis data sebelum terjun ke lapangan kemudian menganalisis data yang telah di dapat setelah terjun ke lapangan dengan tahap 1). Mereduksi data dengan mencatat dan merekam, serta mendokumentasikan hal-hal yang terjadi di lapangan, 2). Menyajikan data dengan cara menguraikan dan mendeskripsikan data yang telah di dapat dari lapangan, 3). Menyimpulkan data dengan mengolah data yang telah di dapat dan menyimpulkannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tauhid ialah ceramah, tanya jawab, uswah/teladan,kisah/cerita,bernyanyi dan pembiasaan. Guru mengupayakan membiasakan peserta didik melaksanakan kegiatan terkait dengan pendidikan tauhid yang di lakukan di sekolah seperti melaksanakan shalat dhuha, shalat dzuhur berjamah, membaca al- Asma al Husna, menghafal surat-surat pilihan, membaca juz „amma, dan merayakan hari besar islam. Faktor pendukung dalam pengimplementasian pendidikan tauhid di Raudhatul Athfal Uswah Al Islam. Adapun faktor pendukung dalam pengimplementasian pendidikan tauhid adalah minat belajar peserta didik yang tinggi, kompetensi guru yang baik dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, dukungan orang tua serta lingkungan masyarakat yang baik. Terdapat pula faktor penghambat dalam pengimplementasian pendidikan tauhid adalah naik dan turunnya minat belajar peserta didik, tingkat intelgensi peserta didik yang berbeda-beda, kemampuan guru dalam mengelola kelas, fasilitas sekolah yang kurang memadai . Kata kunci: Implementasi Pendidikan Tauhid,

IMPLEMENTASI METODE PROYEK DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA USIA 5-6 TAHUN TK IT AZKIYATUN NAJAH KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

By SRI WAHYUNI 

 

IMPLEMENTASI KEGIATAN PERMAINAN KOLASE DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA. QURRATU A’YUN KECAMATAN DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG

By ZAH RATUN WARDA

ABSTRAKIMPLEMENTASI KEGIATAN PERMAINAN KOLASE DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA. QURRATU A’YUN KECAMATAN DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANGNama : Zahratun WardaNPM/NIRM : 019030044/019.16.1.2.2.I.0981Pembimbing I : Efri Manda Sari HasibuanNIDN : 2123049102Pembimbing II : Surya Hoirul Ahsan DalimunteNIDN : 2121078402Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kegiatan Permainan Kolase Dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA. Qurratu A‘yun Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang dengan rumusan masalah 1). Bagaimana implementasi kegiatan permainan kolase dalam mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun 2). Bagaimana Meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan menggunakan kegiatan permainan kolase 3). Bagaimana aktifitas guru dalam pembelajaran dengan permainan kolase pada anak 5-6 tahun. Pendekatan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 15 peserta didik terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan di RA. Qurratu A‘yun Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Data dikumpulkan melalui observasi,dokumentasi, tes dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan prosedur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, menunjukan bahwa terjadi perkembangan kemampuan motorik halus dengan kegiatan permainan kolase di RA. RA. Qurratu A‘yun Deli Tua. Perkembangan kemampuan motorik halus pada penelitian ini dapat dilihat pada tercapainya indikator yang telah ditetapkan yaitu meningkatnya kemampuan anak dalam menggunakan keterampilan tangan kanan dan kiri juga jari menunjukkan kategori Berkembang Sesuai Harapan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam Implementasi Kegiatan Permainan Kolase Dalam Mengembangkan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA. Qurratu A‘yun Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang Kata Kunci: Kegiatan Kolase, Motorik Halus , Anak Usia Dini

EVALUASI PROGRAM KEGIATAN MELIPAT ORIGAMI PADA KELOMPOK B USIA 5-6 DI TK JAYA PANCUR BATU

By ZULKARNAIN 

ABSTRAK Zulkarnain, 2022, “Evaluasi Program Kegiatan Melipat Origami Pada Kelompok B Usia 5-6 Di TK Jaya Pancur Batu”. Pembimbing : (1) Surya Hoirul Ahsan, M.Psi, (2) Tirta Yogi Aulia, M.Pd Kata Kunci : Metode Evaluasi Program Melipat Origami Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengevaluasi Contex (Konteks) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu, (2) Mengevaluasi Input (Masukan) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu, (3) Mengevaluasi Process (Proses) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu dan (4) Mengevaluasi Product (Produk) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu. Penelitian ini merupakan evaluative dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dalam penelitian menggunakan model evaluasi teori Stufflebeam yaitu CIPP (Conteks, Input, Process, Product). Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Hasil evaluasi Contex (Konteks) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu menunjukkan bahwa memiliki tujuan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan para siswa. (2) Input (Masukan) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu memperlihatkan suatu keputusan didalam kegiatan melipat origami seperti kemampuan guru dalam mendampingi siswa, kemampuan siswa dalam melipat origami, dan fasilitas penunjang dalam melaksanakan kegiatan melipat origami. (3) Evaluasi Process (Proses) program melipat origami di TK Jaya Pancur batu dilakukan dengan unsur-unsur ketersediaan jadwal pembelajaran melipat origami serta proses pembelajaparan melipat origami. (4) evaluasi produk atau hasil merupakan penilaian yang dilakukan guna mengukur tingkat keberhasilan dalam pencapaian tujuan program yang telah direncanakan. Kesimpulan : Bahwa metode evaluasi program kegiatan melipat origami telah berjalan dengan rencana yang telah ditetapkan, walaupun dengan pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang harus diperbaiki. Namun peserta didik dapat memberikan prestasi yang baik serta dapat memahami dengan mudah cara-cara melipat origami.

EVALUASI PROGRAM ASESMEN CALISTUNG (BACA TULIS HITUNG) USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AS SHADIQAH JALAN SEI MENCIRIM DUSUN II KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

By DELA ALFIRA 

ABSTRAK Alfira, Dela, 2022. Evaluasi Program Asesmen Calistung (Baca Tulis Hitung) Usia 5-6 Tahun di TK IT As Shadiqah Jl Sei Mencirim Dusun II Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah, Dosen Pembimbing: (1) Nelly Agustina,M.Pd.I, (2) Tirta Yogi Aulia,M.Pd. Kata Kunci : Evaluasi Program, Model CIPP, Asesmen Calistung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan program asesmen calistung yang dilakukan di TK IT As Shadiqah sudah berjalan dengan baik, dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan menggunakan pendekatan deskriptif evaluative. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model CIPP dengan prosedur kualitatif. Teknik analisis data seperti reduksi data, penyajian data, menafsirkan, menyimpulkan dan verifikasi data. Keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) evaluasi context berada pada kategori baik. Proses program asesmen calistung sudah baik, dimana telah memenuhi beberapa prinsip penilaian. (2) evaluasi input berada pada kategori cukup baik. Dimana sudah memenuhi kriteria penilaian, yaitu guru sudah merumuskan tujuan pembelajaran dalam RPPH sesuai dengan silabus. (3) evaluasi process, mengenai proses pembelajaran dan penilaian cukup baik, dimana guru menyampaikan pembelajaran tema dan pembelajaran membaca, menulis serta berhitung secara runtun dan jelas. (4) evaluasi product, mengenai efektivitas program asesmen sudah cukup baik. Dimana, raport ditulis dalam bentuk deskripsi dan angka dan memuat seluruh aspek perkembangan.