ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL
HURUF MELALUI MODEL BERMAIN KARTU HURUF
DI TK IT AL-IKHLAS KECAMATAN STM HULU
Nama : Ratih Wulan Dari
NPM/NIRM : 021030081/021.16.1.2.2.1.0254
Pembimbing I : Dr. Tirta Yogi Aulia, M.Pd
NIDN : 2129049001
Pembimbing II : Fadhilatun Mahfudzah, M.Pd
NIDN : 2110119103
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan
huruf abjad sebelum memahami bacaan pada anak usia dini, serta untuk
mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan media kartu huruf di
TK ITAl-Ikhlas Rumah Sumbul Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu pada
kelompok B di Tahun 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dalam
pelaksanaannya dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak didik di
kelompok B yang berjumlah 9 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Objek
penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran kartu huruf dalam
meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada kelompok B di TK IT AlIkhlas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf abjad
dapat ditingkatkan melalui media kartu huruf, hal ini dilihat dari semakin
meningkatnya persentase anak dalam mengenal huruf abjad pada setiap kegiatan.
Dari penelitian yang telah dilakukan mulai pra siklus mencapai 26% dengan
menggunakan metode dan media yang ada di sekolah tersebut. Pada siklus I
kemampuan mengenal huruf meningkat menjadi 56%, tetapi hasil ini masih belum
seperti yang diharapkan. Sehingga dilakukan lagi siklus II dengan media yang
sama dan hal ini membuat peningkatan lagi hingga mencapai 89%.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Kartu Huruf, Media Pembelajaran, Huruf Abjad