ABSTRAK
STRATEGI GURU KELAS DALAM
MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL
EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN
DI TK NAFLI SCHOOL DESA HULU
KECAMATAN PANCUR BATU
KABUPATEN DELI SERDANG
T.A 2024-2025
Nama :Rara Putri Adinda
NPM/NIRM : 021030084/021.16.1.2.2.1.0257
Pembimmbing I : Efri Manda Sari, M.Psi
NIDN : 2123049102
Pembimbing II : Hestika Dewi Sitepu, M.Pd
NIDN : 2102069402
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru kelas Dalam mengembangkan
aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Nafli School Desa Hulu Kecamatan Pancur
Batu, Kabupaten Deli serdang, Tahun ajaran 2024-2025. Penelitian ini merupakan penelitian
dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan
observasi,wawancara, dan dokumentasi. Aspek sosial emosional merupakan bagian penting dalam
perkembangan anak usia dini yang mencakup kemampuan mengenali dan mengelola emosi,
membangun hubungan sosial yang positif,serta menunjukkan sikap empati dan kemandirian. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa guru kelas menggunakan beberapa strategi dalam pengembangan
sosial emosional anak yaitu melalui metode bermain peran, bercerita, Kooperatif , dan Outbound.
Strategi tersebut diterapkan secara terpadu dalam kegiatan pembelajaran. Strategi yang diterapkan
terbukti efektif dalam membentuk anak mengembangkan keterampilan sosial emosional secara
optimal.
Kata Kunci : Strategi Guru, Sosial Emosional, Anak Usia Dini.