Archive - 2025080058

STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NAFLI SCHOOL DESA HULU KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2024-2025

By RARA PUTRI ADINDA on August 13, 2025 05:13 PM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NAFLI SCHOOL DESA HULU KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2024-2025

Nama :Rara Putri Adinda

NPM/NIRM : 021030084/021.16.1.2.2.1.0257

Pembimmbing I : Efri Manda Sari, M.Psi

NIDN : 2123049102

Pembimbing II : Hestika Dewi Sitepu, M.Pd

NIDN : 2102069402

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru kelas Dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Nafli School Desa Hulu Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli serdang, Tahun ajaran 2024-2025. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Aspek sosial emosional merupakan bagian penting dalam perkembangan anak usia dini yang mencakup kemampuan mengenali dan mengelola emosi, membangun hubungan sosial yang positif,serta menunjukkan sikap empati dan kemandirian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas menggunakan beberapa strategi dalam pengembangan sosial emosional anak yaitu melalui metode bermain peran, bercerita, Kooperatif , dan Outbound. Strategi tersebut diterapkan secara terpadu dalam kegiatan pembelajaran. Strategi yang diterapkan terbukti efektif dalam membentuk anak mengembangkan keterampilan sosial emosional secara optimal.

Kata Kunci : Strategi Guru, Sosial Emosional, Anak Usia Dini.

Author:

RARA PUTRI ADINDA

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
RARA COVER.pdf RARA BAB 1.pdf RARA BAB 2.pdf RARA BAB 3.pdf RARA BAB 5.pdf