ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL
HURUF ALFABET MENGGUNAKAN METODE
MULTISENSORI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK
IT LUQMANUL HAKIM SEI MENCIRIM KEC.
SUNGGAL KAB. DELI SERDANG T.A 2024-2025
Nama : Putri
NPM/NIRM : 020030068/021.16.1.2.2.1.0241
Pembimbing I : Dr. Tirta Yogi Aulia, M.Pd
NIDN : 2129049001
Pembimbing II : Fadhilatun Mahfudzah, M.Pd
NIDN : 2122059002
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf
alfabet melalui metode multisensori pada anak usia 3–4 tahun di TK IT Luqmanul
Hakim Sei Mencirim, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Tahun Ajaran
2024–2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt
Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Materi yang digunakan dibatasi pada lima huruf pertama dalam alfabet, yaitu
huruf A sampai E, karena disesuaikan dengan usia anak yang masih berada pada
tahap playgroup. Metode multisensori yang digunakan menggabungkan pendekatan
visual, auditori, kinestetik, dan taktil untuk mendukung proses belajar anak usia dini.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal
huruf A–E secara signifikan. Pada pra-siklus, hanya 8 anak (40%) yang mengenal
huruf dengan baik. Setelah tindakan siklus I meningkat menjadi 12 anak (60%), dan
pada siklus II mencapai 17 anak (85%). Peningkatan sebesar 45% ini menghasilkan
nilai N-Gain sebesar 0,75, yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa metode multisensori efektif dalam meningkatkan
kemampuan mengenal huruf pada anak usia 3–4 tahun.
Kata kunci: metode multisensori, mengenal huruf, anak usia dini.