Archive - 2025080060

EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ DI TK IT AHSAN SYAMIL DESA MEDAN KRIO KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2023/2024

By NURHASANAH PERTIWI SIREGAR on August 13, 2025 05:17 PM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ DI TK IT AHSAN SYAMIL DESA MEDAN KRIO KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Nama : Nurhasanah Pertiwi Siregar

NPM/NIRM : 021030067/ 021.16.1.2.2.1.0240

Pembimbing I : Tirta Yogi Aulia

NIDN : 2129049001

Pembimbing II : Paradita Kumala Lemmy

NIDN : 2110119103

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelassan mengenai evaluasi program tahfidz di TK IT AHSAN syamil desa medan krio kecamatan sunggal kabupaten deli serdang tahun ajaran 2023/2024, dengan rumusan masalah yang mencakup (1) Bagaimana evaluasi Konteks (Context) Program Tahfidz di TK IT Ahsan Syamil Desa Medan Krio? (2) Bagaimana evaluasi Masukan (Input) Program Tahfidz di TK IT Ahsan Syamil Desa Medan Krio? (3) Bagaimana evaluasi Proses (Process) Program Tahfidz di TK IT Ahsan Syamil Desa Medan Krio? (4) Bagaimana evaluasi Produk (Product) Program Tahfidz di TK IT Ahsan Syamil Desa Medan Krio? Penelitian ini menggunakan evaluasi model CIPP dengan jenis penelitian kualitatif deksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi konteks (context) adalah visi, misi dan tujuan program tahfidz sudah berjalan dengan baik. Evaluasi masukan (input) adalah sumber daya manusia/tenaga pendidik, sarana prasarana, dan sumber anggaran juga sudah berjalan dengan baik hanya saja pada sumber daya manusia/tenaga pendidik tidak adanya atran yang konsisten. Evaluasi proses (prosess) adalah modul ajar/RPPH, metode, media, fakor pendukung dan penghambat serta peserta didik juga sudah berjalan dengan baik hanya saja pada modul ajar/RPPH perlu dibuat, penggunaan media agar lebih dioptimalkan serta pemilihan metode saat mengajar agar anak tidak bosan, dan bisa lebih memaksimalkan kekondusifan kelas. Evaluasi produk (product) adalah ketercapaian target, penanaman nilai-nilai Al-Qur’an dan prestasi juga sudah berjalan dengan sangat baik walaupun dari 39 peserta didik ada 3-5 anak yang belum mencapai target akan tetapi program ini sudah dapat dikatakan berhasil

Kata kunci: Evaluasi, Program Tahfidz, Model Contexs, Input, Proses, Product (CIPP)

Author:

NURHASANAH PERTIWI SIREGAR

Project Document: