ABSTRAK
PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN
KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK
IT ATIFAH DESA SUKA MAJU
KEC SUNGGAL KAB DELI SERDANG
TAHUN AJARAN 2024-2025
Nama : Ayu Nova Oxtafanti Simanjuntak
NPM/NIRM : 021030070/1.16.1.2.2.1.0243
Pembimbing I : Tirta Yogi Aulia
NIDN : 2129049001
Pembimbing II : Efrimanda Sari Hasibuan
NIDN : 2123049102
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelassan mengenai implementasi
pendidikan karakter pada anak usia dini melalui metode keteladanan dan pembiasaan di
TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya Kecamatan Pancur Batu, dengan rumusan masalah
yang mencakup (1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter di TK IT Atifah? (2)
Bagaimana peran guru dalam pendidikan karakter pada anak usia dini di TK IT Atifah?
(3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pada anak usia dini?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1)
Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam pendidikan karakter
anak usia dini adalah salah satu system pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan
nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik. Penerapan pendidikan karakter
dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.
Kata Kunci : Peran Guru, Implementasi Prndidikan Karakter, Anak Usia Dini.