ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN KEMAPUAN SISWA
DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH
MELALUI METODE FLASH CARD PADA SISWA
KELAS 1 DI MIS AN-NAHWA SIMPANG EMPAT
NDOKUM SIROGA
Nama : Oka Yulia Putri
NPM/NIRM : 021011612/021.16.1.1.1.I.0228
Pembimbing I : Rahmadani Fitri Ginting, M. Pd. I
NIDN : 2121049003
Pembimbing II : Nurainun Hasibuan, M.Si
NIDN : 2104048902
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap
materi huruf hijaiyah melalui penerapan media flash card di kelas I MIS An-Nahwa
Simpang Empat Ndokum Siroga Tahun Ajaran 2024–2025. Penelitian ini
menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan
McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian
adalah seluruh siswa kelas I sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan meliputi
lembar observasi, lembar penilaian RPP, dan tes hasil belajar berupa pre-test dan
post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card secara
efektif dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap huruf hijaiyah. Hal
ini terlihat dari peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar
dari pra siklus sebesar 32% (10 siswa), meningkat menjadi 55% (17 siswa) pada
siklus I, dan mencapai 87% (27 siswa) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian
ini adalah bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan pemahaman
peserta didik dalam mengenal huruf hijaiyah. Selain itu, media tersebut mampu
meningkatkan semangat dan antusiasme belajar siswa, serta menjadikan proses
pembelajaran lebih menarik dan interaktif.
Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Media Flash Card