Archive - 2025080109

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS I MIS AN-NAHWA SIMPANG EMPAT NDOKUM SIROGA KABUPATEN KARO

By OKA YULIA PUTRI  on August 14, 2025 11:50 AM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

UPAYA MENINGKATKAN KEMAPUAN SISWA DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE FLASH CARD PADA SISWA KELAS 1 DI MIS AN-NAHWA SIMPANG EMPAT NDOKUM SIROGA

Nama : Oka Yulia Putri

NPM/NIRM : 021011612/021.16.1.1.1.I.0228

Pembimbing I : Rahmadani Fitri Ginting, M. Pd. I

NIDN : 2121049003

Pembimbing II : Nurainun Hasibuan, M.Si

NIDN : 2104048902

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi huruf hijaiyah melalui penerapan media flash card di kelas I MIS An-Nahwa Simpang Empat Ndokum Siroga Tahun Ajaran 2024–2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas I sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar penilaian RPP, dan tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card secara efektif dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap huruf hijaiyah. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar dari pra siklus sebesar 32% (10 siswa), meningkat menjadi 55% (17 siswa) pada siklus I, dan mencapai 87% (27 siswa) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mengenal huruf hijaiyah. Selain itu, media tersebut mampu meningkatkan semangat dan antusiasme belajar siswa, serta menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif.

Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Media Flash Card

Author:

OKA YULIA PUTRI 

Project Document: