ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA MATA
PELAJARAN NAHWU MATERI AL-ASMAUL MU’RABAT
DAN TANDA PERUBAHANNYA MELALUI METODE
MIND MAPPING DI KELAS VIII LEMBAGA
PENDIDIKAN AL-QUR’AN MA’HAD AN-NI’MAH
Name : Taslima Zamzami
NPM/NIRM : 02011590/021.16.1.1.1.I.207
Advisor I : Rahmadani Fitri Ginting, M.Pd.I
NIDN : 2121049003
Advisor II : Nurainun Hasibuan, M.Si
NIDN : 2104048902
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada
mata pelajaran Nahwu materi Asmaul Mu’rabat dan Tanda Perubahannya melalui
metode Mind Mapping pada siswa kelas VIII Lembaga Pendidikan Al-Qur’an
Ma’had An-Ni’mah. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi: (1) Observasi, (2) Tes, (3) Dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga
metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil penelitian.
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pemahaman siswa pada
materi Al-Asmaul Mu’rabat dan Tanda Perubahannya meningkat sebanyak 50%.
(2) Penerapan metode Mind Mapping membuat siswa antusias, bersemanagat, dan
mudah memahami materi. Sehingga berhasil mencapai ketuntasan klasikal di atas
85%.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Metode Mind Mapping, Al-Asmaul Mu’rabat
OVABET LINK OVABET