ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR
KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ADAB ISLAM
MATERI ADAB BERTETANGGA MELALUI METODE TWO
STAY TWO STRAY DI KELAS VIII LEMBAGA PENDIDIKAN
AL-QUR’AN MA’HAD AN -NI’MAH
Nama : Syahria Putri Br Bangun
NPM/NIRM : 021011601/021.16.1.1.1.I.0218
Pembimbing I : Nurainun Hasibuan
NIDN : 2104048902
Pembimbing II : Harun Lubis
NIDN : 2129057701
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa kelas VIII
di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Ma’had An-Ni’mah pada mata pelajaran adab islam
materi adab bertetangga melalui metode two stay two stray. Penelitian ini menggunakan
metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini meliputi : (1) Observasi, (2) Dokumentasi, (3) Tes. Data yang
terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan
penelitian. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keterampilan
berpikir kreatif siswa pada materi adab bertetangga mengalami peningkatan sebanyak
54,2 % (2) Penerapan metode two stay two stray membuat siswa lebih antuasias, aktif
dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa berhasil mencapai
ketuntasan klasikal di atas 85 % dan dapat dilihat dari tes tulisan yang telah diberikan
guru sesuai dengan aspek berpikir kreatif, maka siswa kelas VIII dapat dikatakan mampu
berpikir kreatif.
Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kreatif, Metode Two Stay Two Stray