Arsip list berdasarkan : KKNI-PAI

Bachelor of Science in Information Technology


PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP AKHLAK MULIA SISWA KELAS VII UPT SPF SMP NEGERI 3 PANCURBATU DELI SERDANG

By PUSPA ADELINA BR. SEMBIRING 

ABSTRAK PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAPAKHLAK MULIA SISWA KELAS VII UPT SPF SMP NEGERI 3 PANCURBATU Nama : Puspa Adelina Br Sembiring NPM/NIRM : 021011581 / 021.16.1.1.1.I.0198 Pembimbing I : Rahmadani Fitri Ginting, M.Pd.I NIDN : 2121049003 Pembimbing II : H. Harun Lubis, S.T, M.Psi NIDN : 2129057701 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pengaruh kecerdasan spiritual terhadap akhlak mulia siswa kelas VII UPT SPF SMP NEGERI 3 PANCURBATU. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: 1) observasi, 2) wawancara, 3) angket dan 4) dokumentasi. Data yang terkumpul dari 4 metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kecerdasan spiritual siswa kelas VII UPT SPF SMP NEGERI 3 PANCURBATU menunjukkan hasil sebagai berikut: siswa yang memiliki kecerdasan spiritual dengan kategori tinggi sebanyak 30 siswa dengan persentase 31%, dan kategori sedang ada 67 siswa dengan persentase 68%. (2) Akhlak mulia siswa kelas VII UPT SPF SMP NEGERI 3 PANCURBATU menunjukkan hasil sebagai berikut: siswa yang memiliki akhlak mulia dengan kategori tinggi sebanyak 87 siswa dengan persentase 88%, kategori sedang ada 10 siswa dengan persentase 10%. (3) Hasil uji hipotesis menggunakan product moment, diketahui hasil bahwa kecerdasan spiritual mempengaruhi akhlak mulia secara signifikan. Dari analisis regresi sederhana bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dan koefisien determinan adalah 0,389, artinya indeks determinan atau persentasi variable Ekstrakurikuler Pramuka mempengaruhi variabel Karakter Islami sebesar 38,9%.(Sedang) Kata Kunci : kecerdasan spiritual akhlak mulia 

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VI SD BUDI UTOMO KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG

By PUTRI AULIA

ABSTRAK PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VI SD BUDI UTOMO KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG Nama : Putri Aulia NPM/NIRM : 021011582 / 021.16.1.1.1.I.0199 Pembimbing I : Umar Mukhtar Siregar NIDN : 2129118403 Pembimbing II : Putri Nurhayati Lubis NIDN : 2121038802 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VI SD Budi Utomo Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada ketidakbijakan siswa dalam mengelola emosi. Contohnya seperti mudah marah, berkata kasar, stress dan kurang percaya diri yang mempengaruhi interaksi sosial dan proses belajar. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa tergolong baik, tetapi masih memerlukan bimbingan dari guru, orang tua, dan lingkungan sekitar yang mendukung. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting sebagai teladan,penasihat dan pengawas dalam membimbing siswa untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi secara positif. Faktor pendukung peran guru antara lain adalah lingkungan sekolah yang kondusif dan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang kaya akan nilai moral, sedangkan faktor penghambatnya adalah berasal dari lingkungan luar sekolah yang kurang mendukung, penggunaan media sosial yang tidak terkontrol, dan ketidakstabilan emosi siswa akibat masa pubertas. Penelitian ini menegaskan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam sangat strategis dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa guna membantu keberhasilan belajar dan pembentukan karakter yang baik. Kata Kunci: Peran, Guru, Kecerdasan, Emosional.

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI A`ḌĀ’U AL-JISMI MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS I-B SMP SWASTA GALIH AGUNG

By RAHMIATUL FITRI

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI A`ḌĀ’U AL-JISMI MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS I-B SMP SWASTA GALIH AGUNG Nama : Rahmiatul Fitri NPM/NIRM : 021011595/021.16.1.1.1.I.0212 Pembimbing I : Rahmadani Fitri Ginting NIDN : 2121049003 Pembimmbing II : Nurainun Hasibuan NIDN : 2104048902 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi melalui metode Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas I-BSMP Swasta Galih Agung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc. Teggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan empat komponen atau tindakan, yaitu meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam setiap siklusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Tes, (3) Dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil penelitian. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Motivasi belajar siswa pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi kelas I-BSMP Swasta Galih Agung pada pengamatan awal masih rendah peneliti mendapati kurangnya partisipasi dan semangat siswa dalam kegiatan pembelajaran yang mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi rendah, (2) Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) pada pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi yaitu dengan mengadakan permainan dan turnamen dalam proses pembelajaran, (3) Peningkatan motivasi belajar siswa kelas I-BSMP Swasta Galih Agung pada mata pelajaran pada pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi ditandai dengan meningkatnya partisipasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran serta hasil belajar siswa. Pada pra-siklus, terlihat partisipasi dan semangat siswa yang rendah dalam kegiatan pembelajaran dan ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa sebesar 22,7%. Pada siklus I, penilaian aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 2,24 dan ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa sebesar 65%. Sedangkan pada siklus II, penilaian aktivitas siswa meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 3,52 dan ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa sebesar 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Teamms Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IBSMP Swasta Galih Agung pada mata pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi. Kata Kunci: Metode Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar Siswa, A`ḍā’u al-jismi 

IMPLEMENTASI SHALAT ASHAR BERJAMAAH DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA KELAS III SD IT AHSAN SYAMIL MEDAN KRIO KEC. SUNGGAL KAB. DELI SERDANG

By RIZKY ANGGRAINI

ABSTRAK IMPLEMENTASI SHALAT ASHAR BERJAMAAH DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA KELAS III SD IT AHSAN SYAMIL MEDAN KRIO KEC SUNGGAL KAB DELI SERDANG Nama : Rizky Anggraini NPM/NIRN : 021011593/021.16.1.1.1.I.0210 Pembimbing I : Eko Prayogi NIDN : 2105078903 Pembimbing II : Dr. Sofyan NIDN : 21070475 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan shalat ashar berjamaah dalam membina akhlak siswa kelas III SD IT Ahsan Syamil Medan Krio. Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini bersumber dari, siswa kelas III sebagai sumber data primer, data sekundernya didapatkan dari hasil wawancara bersama kepala sekolah, wali kelas dan wali murid siswa kelas III. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang terkumpul dari ketiga teknik tersebut kemudian di analisis untuk mendapatkan hasil penelitian. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa langkah-langkah yang diterapkan guru adalah dengan memberitahu siswa ketika waktu shalat tiba, membuat jadwal imam dan muadzin, serta untuk mengatasi hambatan yang terjadi saat pelaksanaan shalat adalah dengan memberikan motivasi terkait pentingnya shalat berjamaah, serta dengan pemberian hukuman, yang diharapkan dari kegiatan ini dapat memunculkan ketaatan serta kepatuhan kepada Allah, menumbuhkan kesabaran, memunculkan kedisiplinan dan keinginan untuk saling tolong menolong. Kata Kunci : Implementasi, Shalat Ashar Berjamaah, Pembinaan Akhlak

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI EFEK NEGATIF MEDIA SOSIAL TIKTOK DI KALANGAN SISWA SD KARTIKA 1-3 KECAMATAN SUNGGAL DELI SERDANG SUMATERA UTARA

By SABILA RAMADHANI

ABSTRAK PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI EFEK NEGATIF MEDIA SOSIAL TIKTOK DI KALANGAN SISWA SD KARTIKA 1-3 KECAMATAN SUNGGAL DELI SERDANG SUMATERA UTARA Nama : Sabila Ramadhani NPM/NIRM : 021011583/021.16.1.1.1.I.0200 Pembimbing I : Nurainun Hasibuan NIDN : 2104048902 Pembimbing II : Putri Nurhayati Lubis NIDN : 2121038802 Skripsi ini membahas tentang peran guru pendidikan agama islam dalam mengatasi efek negatif media sosial TikTok di kalangan siswa SD Kartika 1-3 Kecamatan Sunggal Deli Serdang Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial TikTok di kalangan siswa, bagaimana efek negatif media sosial TikTok yang terjadi serta peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi efek negatif media sosial TikTok di kalangan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok memberikan pengaruh negatif seperti yakni takut ketinggalan (FOMO), kecanduan gadget, pemborosan waktu, pengaruh negatif pola pikir, pelecehan dan kekerasan dalam jaringan (cyberbullying), ketergantungan pada validitas eksternal. Guru PAI berperan penting sebagai pembimbing, motivator, dan korektor dalam menanamkan nilai-nilai keislaman serta membentuk karakter siswa yang religius dan beretika. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran aktif guru PAI sangat diperlukan untuk membentengi siswa dari dampak buruk media sosial melalui pendekatan pendidikan agama. Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Efek Negatif, Media Sosial TikTok

PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP SWASTA MTTQ SCHOOL KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG

By SABRINA AZHARA

ABSTRAK PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP SWASTA MTTQ SCHOOL KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG DELI SERDANG Nama : Sabrina Azhara NPM/NIRM : 021011584/021.16.1.1.1.0201 Pembimbing I : Dr. Sofyan, M.A NIDN : 21070475 Pembimbing II : Eko Prayogi, M.Pd.I NIDN : 2105078903 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII di SMP MTTQ SCHOOL, penerapan metode diskusi dalam pembelajaran PAI untuk meningkatkan motivasi belajar, serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya. Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi informasi yang tidak relevan, menyusun deskripsi mendetail, serta menarik kesimpulan melalui triangulasi untuk menjaga validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan selama pembelajaran PAI berlangsung, terlihat dari antusiasme siswa dalam berdiskusi, bertanya, dan menanggapi materi. Metode diskusi diterapkan secara efektif melalui pembagian kelompok kecil dan pendekatan guru yang mampu mendorong siswa berpikir kritis. Faktor pendukung utama adalah kemampuan guru merangsang semangat belajar dan ketersediaan media pembelajaran, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan dari orang tua, meskipun hal ini masih dapat diatasi oleh guru agar proses pembelajaran tetap berjalan optimal. Kata Kunci: Penerapan Diskusi, Mata Pelajaran Pai

PENGARUH TINDAKAN BULLYING DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR PAI DI SMP IT DARUL MUQOMAH KECAMATAN PANCUR BATU DELI SERDANG SUMATERA UTARA

By SAED AL KHUDORI

ABSTRAK PENGARUH TINDAKAN BULLYING DAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR PAI DI SMP IT DARUL MUQOMAH KECAMATAN PANCUR BATU DELI SERDANG SUMATERA UTARA Nama : Saed Al Khudori NPM/NIRM : 021011585/021.16.1.1.1.l.0202 Pembimbing I : Dr. H. Harun Lubis, M.Psi NIDN : 2129057701 Pembimbing II : Putri Nurhayati Lubis, M.Pd NIDN : 2121038802 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tindakan bullying dan dukungan orang tua terhadap minat belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa SMP IT Darul Muqomah Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya siswa yang mengalami penurunan minat belajar PAI akibat tindakan bullying yang mereka alami serta kurangnya dukungan dari orang tua dalam proses pendidikan di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ekspos facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP IT Darul Muqomah, dengan pengambilan sampel melalui teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket (kuesioner) yang disusun berdasarkan indikator dari masing-masing variabel: tindakan bullying, dukungan orang tua, dan minat belajar PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara tindakan bullying terhadap minat belajar PAI siswa; (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara dukungan orang tua terhadap minat belajar PAI siswa; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara tindakan bullying dan dukungan orang tua terhadap minat belajar PAI siswa. Dengan demikian, semakin tinggi tindakan bullying yang dialami siswa, maka semakin rendah minat belajarnya, dan sebaliknya, semakin tinggi dukungan orang tua, maka semakin tinggi pula minat belajar siswa terhadap PAI. Penelitian ini menekankan pentingnya sinergi antara sekolah dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung agar minat belajar siswa, khususnya dalam pendidikan agama, dapat ditingkatkan secara optimal. Kata Kunci: Tindakan Bullying, Dukungan Orang Tua, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam (PAI)

ANALISIS NILAI NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN MENGHAFAL AL QURAN DAN HADIS PADA PUSAT PELATIHAN AL QURAN DAN HADIS (PPAH) DI DESA TELAGA SARI KECAMATAN TANJUNG MORAWA

By SARIFAH HANUM 

  

UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VII B SMP SWASTA GALIH AGUNG KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA

By SEPTI NURAINI SARAGIH

ABSTRAK UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VII B SMP SWASTA GALIH AGUNG KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA Nama : Septi Nuraini Saragih NPM/NIRM : 021011599 / 021.16.1.1.1.I.0216 Pembimbing I : Dr. Tongat, M.Pd NIDN : 2108116401 Pembimbing II : Dr. H. Umar Mukhtar Siregar, Lc., M.A NIDN : 2129118403 Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan berbicara bahasa Arab merupakan keterampilan penting yang menunjukkan penguasaan bahasa secara komprehensif dan sangat dibutuhkan di berbagai institusi pendidikan di Indonesia. Peneliti merumuskan masalah yang biasanya dihadapi oleh Guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa arab pada kelas VII B di SMP Swasta Galih Agung yaitu bagaimana metode, strategi, dan faktor pendukung yang di gunakan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa arab siswi kelas VII B SMP Swasta Galih Agung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, metode, serta hambatan dan faktor pendukung yang dihadapi guru bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas VII B SMP Swasta Galih Agung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi langsung di kelas, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Arab menerapkan berbagai strategi pembelajaran seperti metode langsung, permainan bahasa, dan penggunaan media audiovisual. Faktor pendukung meliputi motivasi siswa dan ketersediaan fasilitas pembelajaran, sedangkan hambatan yang dihadapi adalah keterbatasan waktu, kurangnya kosakata siswa, dan perbedaan kemampuan antar siswa. Kata Kunci: Guru Bahasa Arab, Strategi Pembelajaran, Kemampuan Berbicara

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH DAMPAK NEGATIF GADGET TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VII-A DI SMP IT DARUL MUQOMAH AL-KHOIRIYAH KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG

By INDAH JUNIARTI

ABSTRAK PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH DAMPAK NEGATIF GADGET TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VII-A DI SMP IT DARUL MUQOMAH AL-KHOIRIYAH KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG Nama : Indah Juniarti NPM/NIRM : 021011573/021.16.1.1.1.I.0190 Pembimbing 1 : Eko Prayogi NIDN : 2105078903 Pembimbing II : Nurainun Hasibuan NIDN : 2104048902 Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah dampak negatif gadget terhadap akhlak siswa kelas VII-A di SMP IT Darul Muqomah Al-Khoiriyah, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana guru Pendidikan Agama Islam menjalankan perannya dalam mengarahkan siswa agar bijak dalam menggunakan gadget, serta menganalisis dampak positif dan negatif gadget terhadap akhlak siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai pembimbing, teladan, dan pengawas dalam mengedukasi siswa tentang etika penggunaan gadget sesuai nilai-nilai Islam. Dampak negatif penggunaan gadget terhadap akhlak siswa antara lain adalah menurunnya motivasi belajar, meningkatnya perilaku menyimpang, dan hilangnya etika dalam berkomunikasi. Sebaliknya, penggunaan gadget juga memiliki dampak positif jika diarahkan dengan benar, seperti kemudahan dalam mencari informasi pembelajaran dan sarana komunikasi. Upaya guru dalam menanamkan nilai akhlak dilakukan melalui integrasi materi pembelajaran dengan etika digital, pendekatan personal, dan kerja sama dengan orang tua. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam membentuk karakter siswa di era digital. Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Gadget, Akhlak