Arsip list berdasarkan : KKNI-PAI

Bachelor of Science in Information Technology


PERAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN EMPATI PADA SISWA KELAS V SD BUDI UTOMO KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG

By DWIKA ADHARIA

ABSTRAK PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN RASA EMPATI PADA SISWA KELAS V SD BUDI UTOMO KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG Nama : Dwika Adharia NPM/NIRM : 021011569 / 021.16.1.1.1.I.0186 Pembimbing I : Nurainun Hasibuan, M.Si NIDN : 2104048902 Pembimbing II : Eko Prayogi, M. Pd.I NIDN : 2105078903 Skripsi ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan empati pada siswa kelas V SD Budi Utomo Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat empati siswa, memahami peran guru PAI dalam proses pembinaan empati, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empati siswa masih perlu ditumbuhkan dan ditingkatkan. Guru PAI memainkan peran yang sangat penting sebagai teladan, penasihat, dan pengawas dalam proses pembentukan karakter siswa, khususnya dalam aspek empati. Guru memberikan nasihat, pembiasaan sikap peduli, serta menjadi panutan dalam sikap dan perilaku. Faktor pendukung dalam proses ini adalah lingkungan keluarga yang suportif, metode pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai agama dan moral, serta ikatan emosional antara siswa dan guru. Sementara itu, faktor penghambat antara lain berasal dari pengaruh negatif media sosial, kurangnya perhatian dari orang tua, serta rendahnya interaksi sosial siswa di luar sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pendidikan karakter, khususnya dalam membangun nilai empati di lingkungan sekolah dasar melalui peran strategis guru PAI. Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Empati, Pendidikan Karakter

HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI HAFALAN AL QURAN SISWI DI SMP IT LUQMANUL HAKIM JL.SEI MENCIRIM KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

By DEA REDHA MALINDA

ABSTRAK HUBUNGAN REGULASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI HAFALAN AL QURAN SISWI DI SMP IT LUQMANUL HAKIM Nama : Dea Redha Malinda NPM : 021011568 Pembimbing I : Harun Lubis NIDN : 2129057701 Pembimbing II : Rahmadani Fitri Ginting NIDN : 2121049003 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi hafalan Al-Qur’an siswi di SMP IT Luqmanul Hakim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 50 siswi yang terdiri dari siswi SMP IT Luqmanul Hakim.. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Angket, (4) dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa regulasi diri siswi di SMP IT Luqmanul Hakim dengan kategori tinggi sebanyak 50 responden (100%). Prokrastnasi hafalan Al-Qur’an siswi di SMP IT Luqmanul Hakim dengan kategori tinggi sebanyak 34 responden (68%), dengan kategori sedang sebanyak 16 responden (32%). Hasil uji hipotesis menggunakan product moment, diketahui hasil bahwa terdapat hubungan yan negative antara regulasi diri dengan prokrastnasi hafalan Al-Qur’an. Berdasarkan uji regresi sederhana diperoleh nilai F sesebar 1,123 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, selanjutnya variabel regulasi diri (X) berpengaruh negative terhadap variabel prokrastnasi hafalan Al-Qur’an(Y). Kata Kunci : Regulasi Diri, Prokrastnasi Hafalan Al-Qur’an 

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MUTĀLA’AH MATERI AL-BABGĀ’ MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS II-A SMP SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA

By DEA PRAMESTY CAHYANI

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MUTĀLA’AH MATERI AL-BABGĀ’ MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS II-A SMP SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA Nama : Dea Pramesty Cahyani NPM/NIRM : 021011567/ 021.16.1.1.1.I.0184 Pembimbing I : Nurainun Hasibuan NIDN : 2104048902 Pembimibing II : Putri Nurhayati Lubis NIDN : 2120138802 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Mutāla’ah, khususnya pada materi Al-Babgā’ melalui penerapan metode pembelajaran cooperative script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II-A SMP Swasta Galih Agung Pesantren Darularafah Raya, dengan jumlah peserta sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman siswa dari pra tindakan hingga siklus kedua. Pada tahap pra tindakan, rata-rata nilai siswa adalah 51,4 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 42%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus pertama, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 59,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 67%. Peningkatan lebih lanjut terjadi pada siklus kedua, di mana rata-rata nilai mencapai 75,2 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode cooperative script efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Mutāla’ah. Penerapan metode ini juga mendorong partisipasi aktif siswa serta meningkatkan kualitas interaksi dalam pembelajaran. Dengan demikian, metode cooperative script direkomendasikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam konteks pembelajaran bahasa Arab. Kata Kunci: Pemahaman siswa, pembelajaran Mutāla’ah, Cooperative Script, peningkatan pemahaman, materi Al-Babgā’.

PENINGKATAN ENGAGEMENT GURU PESANTREN MELALUI PENGUATAN IKLIM ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA DI PESANTREN DARULARAFAH RAYA KABUPATEN DELI SERDANG

By ADJENG DWI CAHYANIE

ABSTRAK PENINGKATAN ENGAGEMENT GURU PESANTREN MELALUI PENGUATAN IKLIM ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA DI PESANTREN DARULARAFAH RAYA KABUPATEN DELI SERDANG Nama : Adjeng Dwi Cahyanie NPM/NIRM : 021011562/021.16.1.1.1.1.0179 Pembimbing I : Harun Lubis NIDN : 2129057701 Pembimbing II : Putri Nurhayati Lubis NIDN : 2120138802 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi dan motivasi kerja terhadap engagement guru di Pesantren Darularafah Raya Kabupaten Deli Serdang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 68 responden yang dipilih secara acak dari total populasi 208 guru. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, korelasi Pearson, serta regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara iklim organisasi terhadap engagement guru, serta antara motivasi kerja terhadap engagement guru. Selain itu, iklim organisasi dan motivasi kerja secara bersama-sama juga berpengaruh secara signifikan terhadap engagement guru. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 87,4% menunjukkan bahwa iklim organisasi dan motivasi kerja memberikan kontribusi yang besar terhadap peningkatan engagement guru. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa menciptakan iklim organisasi yang kondusif dan meningkatkan motivasi kerja merupakan strategi penting dalam meningkatkan keterlibatan guru dalam menjalankan tugasnya. Temuan ini menjadi dasar untuk pengembangan kebijakan di lingkungan pesantren dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan peran aktif guru. Kata kunci: engagement guru, iklim organisasi, motivasi kerja, pesantren.

PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER LIQO’ TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII MTS S CENDIKIA BUNAYYA KABANJAHE TAHUN AJARAN 2024-2025

By AFIFAH NADILLA 

ABSTRAK PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER LIQO’ TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VIII MTS S CENDIKIA BUNAYYA KABANJAHE TAHUN AJARAN 2024-2025Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Liqo’ terhadap akhlak siswa kelas VIII di MTs S Cendikia Bunayya Kabanjahe Tahun Ajaran 2024/2025. Kegiatan Liqo’ merupakan salah satu bentuk pembinaan keagamaan non-formal yang menekankan pada kajian Islam secara berkelompok untuk meningkatkan pemahaman keagamaan dan pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 69 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 30 siswa melalui teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Angket, Tes dan Dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, korelasi product moment, dan regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS V.25. Hasil analisis menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Liqo’ memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap akhlak siswa. Koefisien korelasi sebesar 0,264 dengan signifikansi 0,014 menunjukkan hubungan yang positif meskipun dalam kategori rendah. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa ekstrakurikuler Liqo’ berkontribusi sebesar 7% terhadap pembentukan akhlak siswa, sedangkan 93% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Pengaruh, Kegiatan Ekstrakurikuler, Liqo’, Akhlak, Siswa MTs

PERAN GURU TAJWID DALAM MEMPERBAIKI BACAAN AL-QUR’AN DYAH KELAS VII SMP SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA

By AGIESTA SERA RATI 

  

STRATEGI GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUANBERWUDU SISWAKELASVII SMP SWASTA GALIHAGUNG PESANTREN DARUL ARAFAH RAYA KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG

By ALYA NUR SYAFITRI

ABSTRAK STRATEGIGURU FIKIH DALAMMENINGKATKAN KEMAMPUAN BERWUDU SISWA KELAS VII SMP SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA KECAMATAN KUTALIMBARU KEBUPATEN DERI SERDANG Nama : Alya Nur Syafitri NPM/NIRM : 021011564/021.16.1.1.1.I.0181 Pembimbing I : Umar Mukhtar Siregar NIDN : 2129118403 Pembimbing II : Tongat NIDN : 2108116401 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai strategi guru fikih dalam meningkatkan kemampuan berwudu siswa kelas VII di SMP Swasta Galih Agung Pesantren Darularafah Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif riset.Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian meliputi: (1) Wawancara, (2) Observasi, dan (3) Dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa;(1) Penelitian ini mengkaji strategi guru fikih dalam meningkatkan berwudu siswa kelas VII melalui metode ceramah, demonstrasi dan diskusi. (2) Efektivitas strategi pembelajaran yang digunakan terlihat dari pemahaman siswa terhadap materi wudu. Siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, mampu menjelaskan Kembali tata cara wudu yang benar, serta menunjukkan peningkatkan kemampuan dalam praktik. (3) Pemahaman materi wudu berdampak signifikan pada praktik ibadah siswa dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Fikih Wudu, Kemampuan Berwudu

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII MTS CITRA AMANAH SEI GELUGUR KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG

By ANISA NABILAH

ABSTRAK HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII MTS CITRA AMANAH SEI GELUGUR KECEMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG Nama : Anisa Nabilah NPM/NIRM : 021011607/021.16.1.1.1.1.0224 Pembimbing I : Dr.H.Harun Lubis, S.T., M.Psi NIDN : 2129057701 Pembimbing II : Rahmadani Fitri Ginting M.Pd.I NIDN : 2121049003 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai hubungan antara efikasi diri dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas VIII MTS Citra Amanah Sei Gelugur Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 65 siswa yang terdiri dari siswa kelas VIII. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Angket, (4) dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri siswa kelas VIII MTS Citra Amanah Amanah Sei Gelugur Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang dengan kategori tinggi sebanyak 28 responden (43,1%), dengan kategori sedang sebanyak 37 responden (56,9%). Regulasi diri dalam belajar siswa kelas VIII MTS Citra Amanah Amanah Sei Gelugur Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang dengan kategori tinggi sebanyak 16 responden (24,6%), dengan kategori sedang sebanyak 49 responden (75,4%). Hasil uji hipotesis menggunakan product moment, diketahui hasil bahwa terdapat hubungan yang kuat signifikan antara efikasi diri dengan regulasi diri dalam belajar. Berdasarkan uji regresi sederhana diperoleh nilai F sesebar 51,983 serta nilai sig 0,000

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RASA CINTA SISWA KEPADA NABI MUHAMMAD SAW DI MIS AL-FACHRAN TANJUNG ANOM KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG

By AYU WULAN DARI 

ABSTRAK PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RASA CINTA SISWA KEPADA NABI MUHAMMAD SAW DI MIS AL-FACHRAN TANJUNG ANOM KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG Nama : Ayu Wulan Dari NPM/NIRM : 022011665.P / 022.16.1.1.1.III.0086 Pembimbing I : Eko Prayogi, M.Pd.I NIDN : 2105078903 Pembimbing II : Tongat, M.Pd.I NIDN : 2108116401 Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan dan meningkatkan rasa cinta siswa kepada Nabi Muhammad SAW di MIS Al-Fachran Tanjung Anom. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting sebagai pendidik, pembimbing, dan teladan dalam menginternalisasikan nilai-nilai cinta kepada Nabi Muhammad SAW melalui pembelajaran yang kontekstual, kegiatan keagamaan, dan keteladanan akhlak. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi, hafalan sirah Nabawiyah, dan pembiasaan sholawat. Hambatan yang dihadapi antara lain kurangnya perhatian siswa terhadap materi agama serta pengaruh budaya populer. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru, kolaborasi orang tua, serta penguatan program pembiasaan religius di sekolah sebagai langkah strategis untuk menanamkan kecintaan kepada Rasulullah SAW sejak usia dini. Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Cinta Nabi Muhammad SAW, Siswa Madrasah

TANTANGAN GURU PAI DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP SWASTA NUR ADIA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

By CINDY AULIA PUTRI 

ABSTRAK TANTANGAN GURU PAI DALAM MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP SWASTA NUR ADIA TAHUN PELAJARAN 2024/2025 NAMA : Cindy Aulia Putri NIM/NIRM : 021011565/021.16.1.1.1.l.082 Pembimbing I : Eko Prayogi, M.Pdi NIDN : 2105078903 Pembimbing II : Dr.Tongat, M.Pdi NIDN : 2108116401 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tantangan yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menerapkan metode pembelajaran interaktif, ditinjau dari aspek pedagogis, manajemen kelas, dan karakteristik peserta didik di SMP Swasta Nur Adia; (2) kesiapan guru PAI dalam merancang dan melaksanakan metode pembelajaran interaktif; dan (3) solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran PAI guna meningkatkan pemahaman dan keaktifan belajar melalui metode diskusi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta menggunakan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam penerapan metode pembelajaran interaktif meliputi: keterbatasan kemampuan pedagogis guru yang masih terbiasa menggunakan metode ceramah, kurang optimalnya pengelolaan kelas, serta keragaman karakter siswa yang memengaruhi efektivitas pembelajaran. Meskipun kesiapan guru PAI belum sepenuhnya optimal, mereka terus berupaya memperbaiki perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, seperti melalui penyusunan RPP dan penggunaan media yang relevan. Pihak sekolah juga mendukung guru dengan menyediakan pelatihan guna mengatasi tantangan tersebut. Kata Kunci: Metode Interaktif, Pendidikan Agama Islam, Tantangan Guru