Arsip list berdasarkan : KKNI-PAI

Bachelor of Science in Information Technology


UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI FI’IL MUDHARI’ MAJHUL DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DI KELAS IX E SMP SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN DARUL ARAFAH RAYA

By NUR ADILAH PUTRI 

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARANBAHASA ARAB MATERI FI’IL MUDHARI’ MAJHUL DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACIEVEMENT DIVISIONS) DI KELAS IX E SMP SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN DARUL ARAFAH RAYA Nama : Nur Adilah Putri NPM/NIRM : 020011528/020.16.1.1.1.1.0392 Pembimbing I : Nurainun Hasibuan NIDN : 2104048902 Pembimbing II : Eko Prayogi NIDN : 2105078903 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IX E pada mata pelajaran Bahasa Arab Materi Fi’il Mudhari’ Majhul Dengan Menggunakan Metode STAD (Student Teams Achievement Divisions) di SMP Swasta Galih Agung Pesantren Darul Arafah Raya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus tersebut menggunakan tiga tahapan PTK menurut Kemmis & McTaggart yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan dan pengamatan, (3) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX E. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi pelaksanaan Tindakan, tes hasil belajar, dokumentasi, rekaman video. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data hasil belajar siswa. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu minimal 75% dari jumlah siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Hasil Penelitian ini yaitu adanya peningkatan pemahaman siswa kelas IX E pada mata pelajaran Bahasa Arab Materi Fi’il Mudhari’ Majhul Dengan Menggunakan Metode STAD (Student Teams Achievement Divisions)di SMP Swasta Galih Agung Pesantren Darularafah Raya. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar pada setiap siklus. Pada Siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 58,62% dengan nilai rata-rata kelas75,86. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 89,65% dengan nilai rata-rata kelas 85,86. Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Mata Pelajaran Bahasa Arab, Materi Fi’il Mudhari Majhul, Metode STAD (Student Teams Achievement Divisions)

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KECERDASAN ADVERSITAS SISWA KELAS VII MTS DARULARAFAH KECAMATAN KUTALIMBARU

By MUHAMMAD ISYA HARIADI

ABSTRAK Muhammad Isya Hariadi, 2022 “Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kecerdasan Adversitas siswa kelas VII Mts Darularafah Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara”. Skripsi, jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah STAI Darularafah. Kata kunci : Efikasi Diri, Kecerdasan adversitas. Efikasi diri merupakan kemampuan seseorang dalam mengontrol diri dan memiliki keyakinan akan kemampuan nya dalam menyelesaikan masalah saat berhadapan dengan polemik yang terjadi dalam kehidupannya dan selalu berusaha mencari solusi dan jalan keluar untuk dapat memecahkan masalah dan hambatan yang sedang di hadapi nya untuk menciptakan suatu keberhasilannya Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan di dalam penelitian. Yaitu mendeskripsikan efikasi diri dan juga membuktikan adanya Hubungan antara efikasi diri dengan kecerdasan adversitas siswa di Mts Darularafah. Peneitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Darularafah yang berjumlah 213 siswa. Sampel diambil sebanyak 139 siswa dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian berupa angket, angket terdiri dari 20 item pernyataan yang mengukur tentang efikasi diri dan 18 item pernyataan yang mengukur tentang kecerdasan adversitas siswa kelas VII Mts darularafah, Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “Korelasi product momen”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis korelasi procuct moment pada taraf signifikan 3,9% atau 0,05 korelasi dari data 0,039 yang berarti menunjukkan adanya pengaruh efikasi diri dengan kecerdasan adversitas siswa. Sementar itu, berdasarkan hasil analisis regresi sederhana, didapatkan persamaan regresi Y=36,725 + 0,132 X.

ANALISIS KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 61 TANJUNG SELAMAT KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

By TRY YULIA

ABSTRAK Yulia, Try, 2022. Skripsi dengan judul “ANALISIS KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB DI SMP MUHAMMADIYAH 61 TANJUNG SELAMAT KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG”. Skripsi Program Strata Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darularafah Deli Serdang. Pembimbing (1) Nurainun Hasibuan, M.Si, (2) Eko Prayogi, M.Pd.I Kata kunci: Kemahiran, Bahasa Arab Skripsi ini membahas tentang Kemahiran Berbahasa Arab Di SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Masalah yang ada di dalam skripsi ini mencakup: 1). Bagaimana kemahiran Berbahasa Arab siswa/siswi SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat ? 2).Bagaimana penerapan Bahasa Arab dalam berinteraksi di lingkungan sekolah SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat? 3). Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemahiran Berbahasa Arab siswa/siswi SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat? Data yang diperoleh dari skripsi ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Skripsi ini bertujuan untuk: 1). Untuk mengetahui permasalahan yang terjadi yaitu untuk mengetahui kemahiran Berbahasa Arab siswa/siswi SMP Muhammadiyah Tanjung Selamat, 2). Untuk menerapkan Bahasa Arab sebagai bahasa interaksi di lingkungan sekolah, 3). Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemahiran Berbahasa Arab. Temuan dalam skripsi ini adalah: 1). Kemahiran Berbahasa Arab di SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat ini tidak begitu banyak siswa/siswi yang mahir menggunakan Bahasa Arab. 2). Penerapan Bahasa Arab sebagai bahasa interaksi dilingkungan sekolah tidak berjalan dengan baik karena mayoritas siswa/siswi di SMP Muhammadiyah 61 Tanjung Selamat ada yang berasal dari sekolah umum dan sulit memahami pelajaran bahasa arab. 3). Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kemahiran Berbahasa Arab yaitu hanya dengan memberikan tugas dan meningkatkan kerja sama antar guru dengan orang tua siswa/siswi agar mereka juga mendapat bimbingan pelajaran Bahasa Arab ketika berada dilingkungan keluarga ataupun masyarakat

HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VIII SMP IT DARUL MUQOMAH AL-KHORIYAH PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG

By SITI AMINAH

ABSTRAK HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN KEDISIPLINAN SISWAKELAS VIII SMP IT DARUL MUQOMAH AL-KHORIYAH PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG Nama : Siti Aminah NPM : 021011604 Pembimbing I : Rahmadani Fitri Ginting NIDN : 2121049003 Pembimbing II : Harun Lubis NIDN : 2129057701 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai hubungan Hubungan Self Control Dengan Kedisiplinan Siswakelas VIII SMP IT Darul Muqomah Al-Khoriyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 93 siswa yang terdiri dari siswa kelas VIII. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Angket, (2) observasi, (3) wawancara, (4) dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini kedisiplinan menunjukkan distribusi frekuensi kedisiplinan rendah sebanyak 73 responden sebesar 78% dan sedang sebanyak 20 responden sebesar 22%. Self Control menunjukkan hasil distribusi frekuensi self Control rendah sebanyak 54 responden sebesar 58% dan sedang sebanyak 39 responden sebesar 42%. Berdasarkan hasil Uji Statistik menggunakan Uji Kolerasi Spearman pada 93 responden diketahui bahwa Nilai koefesien Kolerasi sebesar 0,519 dengan taraf nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 yang berarti < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Secara statistic ada kolerasi antara Self Control dengan Kedisiplinan siswa kelas VIII SMP IT Darul Muqomah Al-Khoiriyah. Kata Kunci : Self Control, Kedisiplinan, Berhubungan

PERAN WALI KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 4 ABU DARDA DI SD IT AMRULLAH AKBAR KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN

By SITI MULIANI SINAGA 

ABSTRAK PERAN WALI KELAS DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 4 ABU DARDA SD IT AMRULLAH AKBAR KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN Nama : Siti Muliani br Sinaga NIRM : 021.16.1.1.1.I.0209 Pembimbing I : Dr.Tongat, M,Pd,I NIDN : 2108116401 Pembimbing II : Dr. Umar Mukhtar Siregar,Lc.,MA. NIDN : 2129118403 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran wali kelas dalam membentuk karakter religius siswa kelas 4 Abu Darda SD IT Amrullah Akbar Kec. Medan Tuntungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Teknik pengumpulan data dolakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap kepala sekolah dan wali kelas 4 Abu darda SD IT Amrullah Akbar kec. Medan Tuntungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran wali kelas yang memiliki peran krusial dalam membentuk karakter religius siswa, Menjadi teladan, fasilitator, pendidik, motivator dan juga pembimbing, membina dalam berkegiatan serta melakukan evaluasi dalam perkembangan spiritual dan moral para siswa. Faktor pendukung meliputi dukungan keluarga serta lingkungan sekitar yang positif sedangkan Faktor penghambat meliputi kurangnya dukungan keluarga, pengaruh lingkungan yang negatif. Adapun strategi yang digunakan wali kelas ialah keteladanan, Pendekatan dan berkolaborasi bersama orang tua siswa. Kata kunci : Wali kelas, karakter religius, siswa

HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI PENGHAFALAN AL-QUR’AN PADA SANTRI PROGRAM TAHFIDZ DI PESANTREN DARUL ARAFAH RAYA KABUPATEN DELI SERDANG

By SITI PATIMAH

ABSTRAK HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI PENGHAFALAN AL-QUR’AN PADA SANTRI PROGRAM TAHFIDZ DI PESANTREN DARUL ARAFAH RAYA KABUPATEN DELI SERDANG Nama : Siti Patimah NPM/NIRM : 021011587/ 021.16.1.1.1.I.0204 Pembimbing I : Dr. H. Harun Lubis, S.T., M.Psi. NIDN 2129057701 Pembimibing II : Putri Nurhayati Lubis, M.Pd. NIDN 2120138802 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi dalam penghafalan Al-Qur‟an pada santri program Tahfidz di Pesantren Darul Arafah Raya Kabupaten Deli Serdang. Efikasi diri merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas, sedangkan prokrastinasi adalah kecenderungan untuk menunda tugas yang seharusnya diselesaikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah 56 santri yang tidak mencapai target hafalan selama tahun 2022–2024. Data dikumpulkan melalui angket efikasi diri dan prokrastinasi, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi (r = -0,424, p < 0,05). Artinya, semakin tinggi efikasi diri santri, maka semakin rendah tingkat prokrastinasi dalam menghafal Al-Qur‟an. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa peningkatan efikasi diri dapat menjadi strategi efektif dalam mengurangi prokrastinasi hafalan di kalangan santri tahfidz. Kata kunci: Efikasi Diri, Prokrastinasi, Penghafalan Al-Qur‟an, Santri Tahfidz.

HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA KELAS XI SMA GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA KECAMATAN KUTALIMBARU

By SITI RAHIMA

ABSTRAK HUBUNGAN SELF CONTROL DENGAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA KELAS XI SMA GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA KECAMATAN KUTALIMBARU Nama : Siti Rahima NPM/NIRM : 021011588/021.16.1.1.1.I.0205 Pembimbing I : Dr.Harun Lubis, S.T., M.Psi NIDN : 2129057701 Pembimbing II : Rahmadani Fitri Ginting, M.Pd.I NIDN : 2121049003 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self Control dengan Kepribadian Islami pada siswa kelas XI SMA Galih Agung Pesantren Darularafah Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 118 siswa. Instrumen penelitian berupa angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self Control dan Kepribadian Islami siswa tergolong tinggi. Uji korelasi Pearson menunjukkan nilai r = 0,362 dengan signifikansi 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara Self Control dengan Kepribadian Islami, meskipun hubungan tersebut berada pada kategori sedang. Penelitian ini menyarankan agar pihak sekolah terus melakukan pembinaan karakter dan latihan kontrol diri dalam menunjang pembentukan Kepribadian Islami siswa. Kata Kunci: Self Control, Kepribadian Islami, Siswa, Pendidikan Islam

PENGARUH ENDURANCE DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PROKRASTINASI HAFALAN QUR’AN SISWI SMP IT LUQMANUL HAKIM SUNGGAL

By SITI RARASATI

ABSTRAK PENGARUH ENDURANCE DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PROKRASTINASI HAFALAN AL-QUR’AN SISWI SMP IT LUQMANUL HAKIM SUNGGAL Nama : Siti Rarasati NPM/NIRM : 021011589/021.16.1.1.1.1.0206 Pembimbing I : Harun Lubis NIDN : 2129057701 Pembimbing II : Putri Nurhayati Br Lubis NIDN : 2121038802 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pengaruh endurance dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi hafalan Al-Qur’an pada siswi SMP IT Luqmanul Hakim. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswi SMP IT Luqmanul Hakim. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) angket, (2) observasi (3) wawancara (4) dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan tingkat endurance siswi SMP IT Luqmanul Hakim pada kategori tinggi sebanyak 10 responden (20%) kategori sedang sebanyak 40 responden (80%). Tingkat manajemen waktu sebanyak 10 responden (20%) kategori sedang sebanyak 40 responden (80%). Dan tingkat prokrastinasi hafalan Al-Qur’an kategori tinggi sebanyak 26 responden (52%) kategori sedang sebanyak 24 responden (48%). Kemudain Hasil uji hipotesis menggunakan product moment nilai sig dari ketiga variable tersebut sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara masing-masing variabel adalah signifikan, yang berarti endurance (X1) dan manajemen waktu (X2) terdapat hubungan yang signifikan dengan prokrastinasi hafalan Qur’an (Y) meskipun kekuatan hubungannya tergolong lemah. Kata Kunci: Endurance, Manajemen Waktu, Prokrastinasi Hafalan.AlQur’an

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ADAB ISLAM MATERI ADAB BERTETANGGA MELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VIII LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR’AN MA’HAD AN -NI’MAH SEI MENCIRIM

By SYAHRIA PUTRI BR BANGUN 

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ADAB ISLAM MATERI ADAB BERTETANGGA MELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY DI KELAS VIII LEMBAGA PENDIDIKAN AL-QUR’AN MA’HAD AN -NI’MAH Nama : Syahria Putri Br Bangun NPM/NIRM : 021011601/021.16.1.1.1.I.0218 Pembimbing I : Nurainun Hasibuan NIDN : 2104048902 Pembimbing II : Harun Lubis NIDN : 2129057701 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kreatif siswa kelas VIII di Lembaga Pendidikan Al-Qur’an Ma’had An-Ni’mah pada mata pelajaran adab islam materi adab bertetangga melalui metode two stay two stray. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi : (1) Observasi, (2) Dokumentasi, (3) Tes. Data yang terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi adab bertetangga mengalami peningkatan sebanyak 54,2 % (2) Penerapan metode two stay two stray membuat siswa lebih antuasias, aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, sehingga siswa berhasil mencapai ketuntasan klasikal di atas 85 % dan dapat dilihat dari tes tulisan yang telah diberikan guru sesuai dengan aspek berpikir kreatif, maka siswa kelas VIII dapat dikatakan mampu berpikir kreatif. Kata Kunci : Keterampilan Berpikir Kreatif, Metode Two Stay Two Stray

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS I MIS AN-NAHWA SIMPANG EMPAT NDOKUM SIROGA KABUPATEN KARO

By OKA YULIA PUTRI 

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN KEMAPUAN SISWA DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH MELALUI METODE FLASH CARD PADA SISWA KELAS 1 DI MIS AN-NAHWA SIMPANG EMPAT NDOKUM SIROGA Nama : Oka Yulia Putri NPM/NIRM : 021011612/021.16.1.1.1.I.0228 Pembimbing I : Rahmadani Fitri Ginting, M. Pd. I NIDN : 2121049003 Pembimbing II : Nurainun Hasibuan, M.Si NIDN : 2104048902 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi huruf hijaiyah melalui penerapan media flash card di kelas I MIS An-Nahwa Simpang Empat Ndokum Siroga Tahun Ajaran 2024–2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas I sebanyak 31 orang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar penilaian RPP, dan tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flash card secara efektif dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap huruf hijaiyah. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar dari pra siklus sebesar 32% (10 siswa), meningkat menjadi 55% (17 siswa) pada siklus I, dan mencapai 87% (27 siswa) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media flash card dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mengenal huruf hijaiyah. Selain itu, media tersebut mampu meningkatkan semangat dan antusiasme belajar siswa, serta menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Kata Kunci: Huruf Hijaiyah, Media Flash Card