ABSTRAK
EFEKTIFITAS METODE BERNYANYI DALAM
MENGEMBANGKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS B DI
R.A. DARUL INAYAH DELITUA
Nama : Wanda Aprilia
NPM/NIRM : 019030043
Pembimbing I : Nazaruddin, MA
NIDN : 2101038701
Pembibing II : Dr. Tirta Yogi Aulia, M.Pd
NIDN : 2129049001
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perencanaan pengembangan
kemampuan bahasa peserta didik kelas B melalui metode bernyanyi di Ra Darul
Inayah Deli Tua, (2) mengetahui pelaksanaan pengembangan kemampuan bahasa
peserta didik kelas B melalui metode bernyanyi di Ra Darul Inayah Deli Tua, (3)
mengetahui peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa peserta
didik kelas B dengan Metode Bernyanyi di Ra Darul Inayah Deli Tua. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian kualilatif. Metode pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3)
Dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian
dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian. Kesimpulan dari temuan
penelitian menunjukkan bahwa; (1) Peserta didik kelas B di RA Darul Inayah
merupakan anak pada usia rentang 4 sampai 5 tahun, dimana rentang usia ini
masuk kedalam pengembangan bahasa Tahap Linguistik IV (Bahasa Menjelang
Dewasa). Oleh karena itu, lagu-lagu yang dipilih adalah lagu-lagu sederhana yang
kata-kata atau kalimatnya sering didengarkan peserta didik di dalam
kesehariannya, (2) Pelaksanaan pengembangan kemampuan bahasa peserta didik
kelas B melalui metode bernyanyi di Ra Darul Inayah Deli Tua terbagai dalam
empat tahap. (3) Peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa
peserta didik kelas B dengan Metode Bernyanyi di Ra Darul Ianyah Deli Tua
yaitu sebagai demonstrator, mediator dan evaluator.
Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa, Metode Bernyanyi, Kualitatif