Archive - 2025080118

ANALISIS PENGGUNAAN FASILITAS MUSHOLA DALAM MUTU PEMBELAJARAN PAI DI SDN 106821 BANDAR BARU KECAMATAN SIBOLANGIT

By RAHMA YANTO  on August 18, 2025 10:29 AM
Project Year:
2021
Abstract:

ABSTRAK

Ramayanto, 2023. Analisis Penggunaan Fasilitas Mushola Dalam Mutu Pembelajaran PAI DI SDN 106821 Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Tahun Ajaran 2022/2023 ( Studi Kasus di SDN 106821 Bandar Baru ). Sekolah Tinggi Agama Islam Darularafah (SAIDA), Pembimbing (1): Eko Prayogi, M.Pd.I, (2) Dr.Sofyan, M.A.

Kata Kunci: Mutu Pendidikan Agama Islam, fasilitas mushola Media Pembelajaran.

Mushola bisa di artikan yaitu sebagai sarana peribadatan umat islam bisa menjadi indikator dari keadaan masyarakat muslim yang ada di sebuah wilayah atau daerah. fungsi mushola sangat berperan dalam menumbuh kembangkan karakter, mental dan kepribadian siswa. Oleh sebab itu dengan adanya mushola diharapkan segala problema yang menyangkut pembinaan agama siswa dapat diatasi. Dengan kata lain, mushola dapat dimanfaatkan dalam proses penanaman nilai-nilai keagamaan kepada peserta didik. Untuk menunjang kemajuan mutu pembelajaran pendidikan agama islam yang lebih maju lagi maka seharusnya tenaga pendidik maupun sekolah harus mengunakan pemanfaatan fasilitas mushola untuk pembelajaran yang lebih maju lagi seperti di SDN 106821 Bandar Baru banyak faktor yang mempengaruhi kurang penggunaan fasilitas mushola dalam pembelajaran yang ada untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di lapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Selanjutnya dilakukan penyajian data untuk dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) membiasakan peserta didiknya Kegiatan pembelajaran PAI di Mushola Babul Maghfira. (2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran PAI yang di laksanakan di Musholla Babul Maghfira ini berlangsung setiap hari kecuali hari sabtu, (3) Faktor penghambat dalam meningkatkan pembelajaran yang dilaksanakan di Musholla Babul Maghfira ini adalah kurangnya fasilitas untuk meningkatkan teori yang lebih banyak agar siswa tidak hanya berfokus teori dan praktek tetapi dapat mendapatkan informasi lebih luas agar tidak ada perbedaan sekolah yang ada dikota dan perdesaan agar memberikan ilmu sekaligus karakter bagi peserta didik. 

Author:

RAHMA YANTO 

Project Document: