ABSTRAK
Ramayanto, 2023. Analisis Penggunaan Fasilitas Mushola Dalam Mutu Pembelajaran
PAI DI SDN 106821 Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Tahun Ajaran
2022/2023 ( Studi Kasus di SDN 106821 Bandar Baru ). Sekolah Tinggi
Agama Islam Darularafah (SAIDA), Pembimbing (1): Eko Prayogi, M.Pd.I,
(2) Dr.Sofyan, M.A.
Kata Kunci: Mutu Pendidikan Agama Islam, fasilitas mushola Media Pembelajaran.
Mushola bisa di artikan yaitu sebagai sarana peribadatan umat islam bisa menjadi
indikator dari keadaan masyarakat muslim yang ada di sebuah wilayah atau daerah.
fungsi mushola sangat berperan dalam menumbuh kembangkan karakter, mental dan
kepribadian siswa. Oleh sebab itu dengan adanya mushola diharapkan segala problema
yang menyangkut pembinaan agama siswa dapat diatasi. Dengan kata lain, mushola dapat
dimanfaatkan dalam proses penanaman nilai-nilai keagamaan kepada peserta didik.
Untuk menunjang kemajuan mutu pembelajaran pendidikan agama islam yang
lebih maju lagi maka seharusnya tenaga pendidik maupun sekolah harus mengunakan
pemanfaatan fasilitas mushola untuk pembelajaran yang lebih maju lagi seperti di SDN
106821 Bandar Baru banyak faktor yang mempengaruhi kurang penggunaan fasilitas
mushola dalam pembelajaran yang ada untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif. Data
dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang
diperoleh di lapangan kemudian disusun dengan memilih dan menyederhanakan data.
Selanjutnya dilakukan penyajian data untuk dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) membiasakan peserta didiknya Kegiatan
pembelajaran PAI di Mushola Babul Maghfira. (2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran
PAI yang di laksanakan di Musholla Babul Maghfira ini berlangsung setiap hari kecuali
hari sabtu, (3) Faktor penghambat dalam meningkatkan pembelajaran yang dilaksanakan
di Musholla Babul Maghfira ini adalah kurangnya fasilitas untuk meningkatkan teori
yang lebih banyak agar siswa tidak hanya berfokus teori dan praktek tetapi dapat
mendapatkan informasi lebih luas agar tidak ada perbedaan sekolah yang ada dikota dan
perdesaan agar memberikan ilmu sekaligus karakter bagi peserta didik.