ABSTRAK
DAMPAK PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM
PROSES BELAJAR DI KELAS TERHADAP
KEMANDIRIAN ANAK DI KB AISYAH DESA
MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK
Nama : Nurmasia Harahap
NPM/NIRM : 021030078/021.16.1.2.2.1.0251
Pembimbing I : Efrimanda Sari Hasibuan, M.Psi
NIDN : 2123049102
Pembimbing II : Fadhilatun Mahfudzah, M.Pd
NIDN : 2122059002
Pendampingan orang tua dalam proses belajar anak usia dini memiliki peran
penting dalam membentuk karakter dan keterampilan dasar anak, termasuk
kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keterlibatan orang
tua dalam aktivitas belajar anak terhadap perkembangan kemandirian pada anak
usia 4-6 tahun. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan
deskriptif, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap sejumlah
keluarga dan anak di lingkungan pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapat pendampingan yang konsisten dan
positif dari orang tua cenderung memiliki tingkat kemandirian yang lebih tinggi,
seperti mampu menyelesaikan tugas sederhana tanpa bantuan, mengambil
keputusan kecil sendiri, serta memiliki kepercayaan diri dalam berinteraksi.
Sebaliknya, pola pendampingan yang terlalu dominan atau tidak konsisten justru
menghambat perkembangan kemandirian. Dengan demikian, dapat disimpulkan
bahwa pendampingan orang tua yang tepat dan seimbang memberikan dampak
positif terhadap kemandirian anak usia dini.
Kata kunci: pendampingan orang tua, proses belajar, kemandirian, anak usia dini.