Archive - 2025080120

DAMPAK PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR DI KELAS TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DI KB AISYAH DESA MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK

By NURMASIA HARAHAP on August 24, 2025 11:41 AM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

DAMPAK PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR DI KELAS TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DI KB AISYAH DESA MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK

Nama : Nurmasia Harahap

NPM/NIRM : 021030078/021.16.1.2.2.1.0251

Pembimbing I : Efrimanda Sari Hasibuan, M.Psi

NIDN : 2123049102

Pembimbing II : Fadhilatun Mahfudzah, M.Pd

NIDN : 2122059002

Pendampingan orang tua dalam proses belajar anak usia dini memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan keterampilan dasar anak, termasuk kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keterlibatan orang tua dalam aktivitas belajar anak terhadap perkembangan kemandirian pada anak usia 4-6 tahun. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap sejumlah keluarga dan anak di lingkungan pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapat pendampingan yang konsisten dan positif dari orang tua cenderung memiliki tingkat kemandirian yang lebih tinggi, seperti mampu menyelesaikan tugas sederhana tanpa bantuan, mengambil keputusan kecil sendiri, serta memiliki kepercayaan diri dalam berinteraksi. Sebaliknya, pola pendampingan yang terlalu dominan atau tidak konsisten justru menghambat perkembangan kemandirian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendampingan orang tua yang tepat dan seimbang memberikan dampak positif terhadap kemandirian anak usia dini.

Kata kunci: pendampingan orang tua, proses belajar, kemandirian, anak usia dini. 

Author:

NURMASIA HARAHAP

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
NURMASIA COVER.pdf NURMASIA BAB 1.pdf NURMASIA BAB 2.pdf NURMASIA BAB 3.pdf NURMASIA BAB 5.pdf