ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN
SISWA PADA MATA PELAJARANBAHASA ARAB
MATERI FI’IL MUDHARI’ MAJHUL
DENGAN MENGGUNAKAN METODE
STAD (STUDENT TEAMS ACIEVEMENT
DIVISIONS) DI KELAS IX E SMP
SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN
DARUL ARAFAH RAYA
Nama : Nur Adilah Putri
NPM/NIRM : 020011528/020.16.1.1.1.1.0392
Pembimbing I : Nurainun Hasibuan
NIDN : 2104048902
Pembimbing II : Eko Prayogi
NIDN : 2105078903
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IX E pada
mata pelajaran Bahasa Arab Materi Fi’il Mudhari’ Majhul Dengan Menggunakan Metode
STAD (Student Teams Achievement Divisions) di SMP Swasta Galih Agung Pesantren
Darul Arafah Raya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilakukan dalam dua siklus. Siklus tersebut menggunakan tiga tahapan PTK menurut
Kemmis & McTaggart yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan dan pengamatan, (3) refleksi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX E. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui lembar observasi pelaksanaan Tindakan, tes hasil belajar, dokumentasi, rekaman
video. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data hasil belajar siswa.
Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu minimal 75% dari jumlah siswa telah
memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Hasil Penelitian ini yaitu
adanya peningkatan pemahaman siswa kelas IX E pada mata pelajaran Bahasa Arab Materi
Fi’il Mudhari’ Majhul Dengan Menggunakan Metode STAD (Student Teams Achievement
Divisions)di SMP Swasta Galih Agung Pesantren Darularafah Raya. Hal ini dibuktikan
dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar pada setiap siklus. Pada
Siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 58,62% dengan nilai rata-rata
kelas75,86. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 89,65% dengan
nilai rata-rata kelas 85,86.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Mata Pelajaran Bahasa Arab, Materi Fi’il Mudhari
Majhul, Metode STAD (Student Teams Achievement Divisions)