Archive - 2025120001

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI FI’IL MUDHARI’ MAJHUL DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DI KELAS IX E SMP SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN DARUL ARAFAH RAYA

By NUR ADILAH PUTRI  on December 04, 2025 12:49 PM
Project Year:
2024
Abstract:

ABSTRAK

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARANBAHASA ARAB MATERI FI’IL MUDHARI’ MAJHUL DENGAN MENGGUNAKAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACIEVEMENT DIVISIONS) DI KELAS IX E SMP SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN DARUL ARAFAH RAYA

Nama : Nur Adilah Putri

NPM/NIRM : 020011528/020.16.1.1.1.1.0392

Pembimbing I : Nurainun Hasibuan

NIDN : 2104048902

Pembimbing II : Eko Prayogi

NIDN : 2105078903

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IX E pada mata pelajaran Bahasa Arab Materi Fi’il Mudhari’ Majhul Dengan Menggunakan Metode STAD (Student Teams Achievement Divisions) di SMP Swasta Galih Agung Pesantren Darul Arafah Raya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus tersebut menggunakan tiga tahapan PTK menurut Kemmis & McTaggart yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan dan pengamatan, (3) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX E. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi pelaksanaan Tindakan, tes hasil belajar, dokumentasi, rekaman video. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data hasil belajar siswa. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu minimal 75% dari jumlah siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Hasil Penelitian ini yaitu adanya peningkatan pemahaman siswa kelas IX E pada mata pelajaran Bahasa Arab Materi Fi’il Mudhari’ Majhul Dengan Menggunakan Metode STAD (Student Teams Achievement Divisions)di SMP Swasta Galih Agung Pesantren Darularafah Raya. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase ketuntasan hasil belajar pada setiap siklus. Pada Siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 58,62% dengan nilai rata-rata kelas75,86. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 89,65% dengan nilai rata-rata kelas 85,86.

Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Mata Pelajaran Bahasa Arab, Materi Fi’il Mudhari Majhul, Metode STAD (Student Teams Achievement Divisions)

Author:

NUR ADILAH PUTRI 

Project Document: