Arsip list berdasarkan : KKNI-PIAUD

Bachelor of Elementary Education


UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK KASAR PADA PERMAINAN OUTBOUND DI RA ASHABUL KAHFI DESA TUNTUNGAN II PONDOK KELING KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA

By Winda Sari Hastuti

ABSTRAKWinda Sari Hastuti, NIM 018030018. Judul Skripsi “Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Pada Permainan Outbound di RA Ashabul Kahfi Desa Tuntungan II Pondok Keling Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara”. Skripsi : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arafah. Pembimbing 1 Ustadz Tirta Yogi Aulia, M.Pd. Pembimbing 2 bapak kepala Prodi Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe, M.Psi. Kata Kunci : Motorik Kasar, Permainan Outbound.          Motorik kasar adalah kemampuan anak dalam melakukan kegiatan dengan menggunakan otot-otot besar yang dipengaruhi oleh kematangan otot, syaraf, dan otak anak. Serta mencakup fungsi lokomotor, non lokomotor, dan kemampuan manifulatif. Contohnya seperti berjalan, berlari, melompat, melempar dan menangkap, menendang, dan lain-lain. permainan outbound adalah suatu kegiatan yang dilakukan dialam terbuka yang menyenangkan dan penuh tantangan, dimana kegiatannya berupa simulasi dalam bentuk permainan-permainan yang kreatif, rekreatif dan edukatif. Yang bertujuan untuk pengembangan diri anak melalui rangkaian kegiatan yang beraspek psikomotorik, kognitif, bahasa, sosional emosional dan moral.          Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan motorik kasar anak melalui permainan outbound. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Mengembangkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Outbound?. Penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Penelitian Deskriftif kualitatif bertujuan untuk menggambarkan secara objektif keadaan di tempatpenelitian dengan menggunakan kata-kata atau kalimat, mengenai perilaku dan tindakan guru-guru di RA ASHABUL KAHFI Desa Tuntungan II , Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara dalam mengembangkan  kemampuan motorik kasar melalui permaian outbound.             Penelitiann ini menggunakan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalis menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan/verivikasi.Dari hasil penelitian pencapaian perkembangan motorik kasar anak melalui permainan outbound. Di kelas A RA ASHABUL KAHFI Desa Tuntungan II, kemampuan motorik kasar anak masih mulai berkembang. Dari 20 anak yang berkembang sangat baik 0, anak yang berkembang sesuai harapan 9, dan anak yang mulai berkembang dengan jumlah 8, dan jumlah anak yang belum berkembang ada 3 anak

DAMPAK PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR DI KELAS TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DI KB AISYAH DESA MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK

By NURMASIA HARAHAP

ABSTRAK DAMPAK PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR DI KELAS TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK DI KB AISYAH DESA MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK Nama : Nurmasia Harahap NPM/NIRM : 021030078/021.16.1.2.2.1.0251 Pembimbing I : Efrimanda Sari Hasibuan, M.Psi NIDN : 2123049102 Pembimbing II : Fadhilatun Mahfudzah, M.Pd NIDN : 2122059002 Pendampingan orang tua dalam proses belajar anak usia dini memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan keterampilan dasar anak, termasuk kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keterlibatan orang tua dalam aktivitas belajar anak terhadap perkembangan kemandirian pada anak usia 4-6 tahun. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap sejumlah keluarga dan anak di lingkungan pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mendapat pendampingan yang konsisten dan positif dari orang tua cenderung memiliki tingkat kemandirian yang lebih tinggi, seperti mampu menyelesaikan tugas sederhana tanpa bantuan, mengambil keputusan kecil sendiri, serta memiliki kepercayaan diri dalam berinteraksi. Sebaliknya, pola pendampingan yang terlalu dominan atau tidak konsisten justru menghambat perkembangan kemandirian. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendampingan orang tua yang tepat dan seimbang memberikan dampak positif terhadap kemandirian anak usia dini. Kata kunci: pendampingan orang tua, proses belajar, kemandirian, anak usia dini. 

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA ANNUR MEDAN JOHOR

By SRI MEILANI SIRAIT

EFEKTIFITAS METODE BERNYANYI DALAM MENGEMBANGKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS B DI R.A. DARUL INAYAH DELITUA

By WANDA APRILIA

ABSTRAK EFEKTIFITAS METODE BERNYANYI DALAM MENGEMBANGKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS B DI R.A. DARUL INAYAH DELITUA Nama : Wanda Aprilia NPM/NIRM : 019030043 Pembimbing I : Nazaruddin, MA NIDN : 2101038701 Pembibing II : Dr. Tirta Yogi Aulia, M.Pd NIDN : 2129049001 Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perencanaan pengembangan kemampuan bahasa peserta didik kelas B melalui metode bernyanyi di Ra Darul Inayah Deli Tua, (2) mengetahui pelaksanaan pengembangan kemampuan bahasa peserta didik kelas B melalui metode bernyanyi di Ra Darul Inayah Deli Tua, (3) mengetahui peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa peserta didik kelas B dengan Metode Bernyanyi di Ra Darul Inayah Deli Tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualilatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) Peserta didik kelas B di RA Darul Inayah merupakan anak pada usia rentang 4 sampai 5 tahun, dimana rentang usia ini masuk kedalam pengembangan bahasa Tahap Linguistik IV (Bahasa Menjelang Dewasa). Oleh karena itu, lagu-lagu yang dipilih adalah lagu-lagu sederhana yang kata-kata atau kalimatnya sering didengarkan peserta didik di dalam kesehariannya, (2) Pelaksanaan pengembangan kemampuan bahasa peserta didik kelas B melalui metode bernyanyi di Ra Darul Inayah Deli Tua terbagai dalam empat tahap. (3) Peran guru dalam mengembangkan kemampuan berbahasa peserta didik kelas B dengan Metode Bernyanyi di Ra Darul Ianyah Deli Tua yaitu sebagai demonstrator, mediator dan evaluator. Kata Kunci: Kemampuan Berbahasa, Metode Bernyanyi, Kualitatif

PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK IT ATIFAH KEC SUNGGAL KAB DELI SERDANG

By AYU NOVA OXTAFANTI SIMANJUNTAK

ABSTRAK PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK IT ATIFAH DESA SUKA MAJU KEC SUNGGAL KAB DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2024-2025 Nama : Ayu Nova Oxtafanti Simanjuntak NPM/NIRM : 021030070/1.16.1.2.2.1.0243 Pembimbing I : Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Pembimbing II : Efrimanda Sari Hasibuan NIDN : 2123049102 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelassan mengenai implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini melalui metode keteladanan dan pembiasaan di TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya Kecamatan Pancur Batu, dengan rumusan masalah yang mencakup (1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter di TK IT Atifah? (2) Bagaimana peran guru dalam pendidikan karakter pada anak usia dini di TK IT Atifah? (3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pada anak usia dini? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam pendidikan karakter anak usia dini adalah salah satu system pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik. Penerapan pendidikan karakter dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Kata Kunci : Peran Guru, Implementasi Prndidikan Karakter, Anak Usia Dini.

PEMBERIAN MAKANAN SEHAT BAGI ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AL-KHAIRIYAH DELI TUA

By LITIN MAHDA TAMALI

ABSTRAK PEMBERIAN MAKANAN SEHAT PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AL-KHAIRIYAH DELI TUA Nama : Litin Mahda Tamali NPM/NIRM : 021030076/021.16.1.2.2.1.0249 Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe NIDN : 2121078402 Pembibing II : Efrimanda Sari Hasibuan NIDN : 2123049102 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pemberian makanan sehat di TK Islam Al-Khairiyah sebagai upaya mendukung tumbuh kembang anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program makanan sehat dilaksanakan melalui penyusunan menu bergizi yang sederhana dan terjangkau, edukasi tentang pentingnya gizi, serta pelibatan aktif anak dalam kegiatan makan sebagai bagian dari pembiasaan pola hidup sehat sejak dini. Guru berperan penting sebagai pendidik dan pembimbing yang memberikan contoh perilaku makan sehat serta bekerja sama dengan orang tua. Kepala sekolah turut merancang strategi, menyusun kebijakan, dan menjalin komunikasi dengan orang tua guna mendukung program. Faktor pendukung program meliputi tersedianya fasilitas makan, keterlibatan orang tua, serta komitmen sekolah. Hambatan yang dihadapi antara lain keterbatasan dana dan fasilitas dapur, kebiasaan anak yang memilih-milih makanan, serta kurangnya dukungan dari lingkungan rumah. Meskipun demikian, pihak sekolah terus melakukan penyesuaian agar program tetap berjalan secara efektif dan berkelanjutan. Kata Kunci : Pemberian Makanan Sehat, Anak Usia Dini, TK Islam Al-Khairiyah

EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ DI TK IT AHSAN SYAMIL DESA MEDAN KRIO KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2023/2024

By NURHASANAH PERTIWI SIREGAR

ABSTRAK EVALUASI PROGRAM TAHFIDZ DI TK IT AHSAN SYAMIL DESA MEDAN KRIO KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2023/2024 Nama : Nurhasanah Pertiwi Siregar NPM/NIRM : 021030067/ 021.16.1.2.2.1.0240 Pembimbing I : Tirta Yogi Aulia NIDN : 2129049001 Pembimbing II : Paradita Kumala Lemmy NIDN : 2110119103 Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelassan mengenai evaluasi program tahfidz di TK IT AHSAN syamil desa medan krio kecamatan sunggal kabupaten deli serdang tahun ajaran 2023/2024, dengan rumusan masalah yang mencakup (1) Bagaimana evaluasi Konteks (Context) Program Tahfidz di TK IT Ahsan Syamil Desa Medan Krio? (2) Bagaimana evaluasi Masukan (Input) Program Tahfidz di TK IT Ahsan Syamil Desa Medan Krio? (3) Bagaimana evaluasi Proses (Process) Program Tahfidz di TK IT Ahsan Syamil Desa Medan Krio? (4) Bagaimana evaluasi Produk (Product) Program Tahfidz di TK IT Ahsan Syamil Desa Medan Krio? Penelitian ini menggunakan evaluasi model CIPP dengan jenis penelitian kualitatif deksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi konteks (context) adalah visi, misi dan tujuan program tahfidz sudah berjalan dengan baik. Evaluasi masukan (input) adalah sumber daya manusia/tenaga pendidik, sarana prasarana, dan sumber anggaran juga sudah berjalan dengan baik hanya saja pada sumber daya manusia/tenaga pendidik tidak adanya atran yang konsisten. Evaluasi proses (prosess) adalah modul ajar/RPPH, metode, media, fakor pendukung dan penghambat serta peserta didik juga sudah berjalan dengan baik hanya saja pada modul ajar/RPPH perlu dibuat, penggunaan media agar lebih dioptimalkan serta pemilihan metode saat mengajar agar anak tidak bosan, dan bisa lebih memaksimalkan kekondusifan kelas. Evaluasi produk (product) adalah ketercapaian target, penanaman nilai-nilai Al-Qur’an dan prestasi juga sudah berjalan dengan sangat baik walaupun dari 39 peserta didik ada 3-5 anak yang belum mencapai target akan tetapi program ini sudah dapat dikatakan berhasil Kata kunci: Evaluasi, Program Tahfidz, Model Contexs, Input, Proses, Product (CIPP)

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ALFABET MENGGUNAKAN METODE MULTISENSORI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK IT LUQMANUL HAKIM SEI MENCIRIM KEC. SUNGGAL KAB. DELI SERDANG T.A 2024-2025

By PUTRI 

ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ALFABET MENGGUNAKAN METODE MULTISENSORI PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK IT LUQMANUL HAKIM SEI MENCIRIM KEC. SUNGGAL KAB. DELI SERDANG T.A 2024-2025 Nama : Putri NPM/NIRM : 020030068/021.16.1.2.2.1.0241 Pembimbing I : Dr. Tirta Yogi Aulia, M.Pd NIDN : 2129049001 Pembimbing II : Fadhilatun Mahfudzah, M.Pd NIDN : 2122059002 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf alfabet melalui metode multisensori pada anak usia 3–4 tahun di TK IT Luqmanul Hakim Sei Mencirim, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Tahun Ajaran 2024–2025. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Materi yang digunakan dibatasi pada lima huruf pertama dalam alfabet, yaitu huruf A sampai E, karena disesuaikan dengan usia anak yang masih berada pada tahap playgroup. Metode multisensori yang digunakan menggabungkan pendekatan visual, auditori, kinestetik, dan taktil untuk mendukung proses belajar anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf A–E secara signifikan. Pada pra-siklus, hanya 8 anak (40%) yang mengenal huruf dengan baik. Setelah tindakan siklus I meningkat menjadi 12 anak (60%), dan pada siklus II mencapai 17 anak (85%). Peningkatan sebesar 45% ini menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,75, yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode multisensori efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 3–4 tahun. Kata kunci: metode multisensori, mengenal huruf, anak usia dini.

STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NAFLI SCHOOL DESA HULU KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2024-2025

By RARA PUTRI ADINDA

ABSTRAK STRATEGI GURU KELAS DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NAFLI SCHOOL DESA HULU KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2024-2025 Nama :Rara Putri Adinda NPM/NIRM : 021030084/021.16.1.2.2.1.0257 Pembimmbing I : Efri Manda Sari, M.Psi NIDN : 2123049102 Pembimbing II : Hestika Dewi Sitepu, M.Pd NIDN : 2102069402 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru kelas Dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Nafli School Desa Hulu Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli serdang, Tahun ajaran 2024-2025. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Aspek sosial emosional merupakan bagian penting dalam perkembangan anak usia dini yang mencakup kemampuan mengenali dan mengelola emosi, membangun hubungan sosial yang positif,serta menunjukkan sikap empati dan kemandirian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas menggunakan beberapa strategi dalam pengembangan sosial emosional anak yaitu melalui metode bermain peran, bercerita, Kooperatif , dan Outbound. Strategi tersebut diterapkan secara terpadu dalam kegiatan pembelajaran. Strategi yang diterapkan terbukti efektif dalam membentuk anak mengembangkan keterampilan sosial emosional secara optimal. Kata Kunci : Strategi Guru, Sosial Emosional, Anak Usia Dini.

IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAH PENDEK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT RAUDHATUL MAHABBAH DESA TANJUNG SELAMAT KECAMATAN SUNGGAL T.A 2024-2025

By SAKINAH

ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAH PENDEK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT RAUDHATUL MAHABBAH DESA TANJUNG SELAMAT KECAMATAN SUNGGAL T.A 2024-2025 Nama : Sakinah NPM/NIRM : 021030069/ 021.16.1.2.2.1.0242 Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe NIDN : 2121078402 Pembimbing II : Hestika Dewi Sitepu NIDN : 2102069402 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Ummi dalam meningkatkan hafalan surah pendek pada anak usia 5-6 tahun di TK IT Raudhatul Mahabbah Desa Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal, untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung metode Ummi dalam meningkatkan hafalan surah pendek di TK IT Raudhatul Mahabbah Desa Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode Ummi dalam meningkatkan hafalan surah pendek di TK IT Raudhatul Mahabbah Desa Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode Ummi dalam meningkatkan hafalan surah pendek pada anak usia 5-6 tahun sangat efektif. Hal ini, terlihat dari pra-observasi awal sampai dengan hasil observasi peneliti yang dilakukan terhadap hafalan surah anak. Faktor-faktor yang mendukung implementasi metode Ummi seperti kemampuan guru dalam menguasai metode Ummi yang selalu mengupgrade ilmu, lingkungan sekolah yang kondusif dan islami serta dukungan dari orang tua dalam menghafal surah pendek, sedangkan faktor penghambatnya seperti belum adanya guru yang bersertifikat Ummi yang di dapat dari Ummi Foundation, fokus anak yang berubahubah, waktu yang terbatas di sekolah, serta kebutuhan pendekatan personal bagi anak yang mengalami kesulitan dalam menghafal. Kelebihan dari implementasi metode Ummi yaitu dapat lebih mudah dalam menghafal, menggunakan nada yang khas, dapat membentuk karakteristik yang positif pada anak, dan dapat mendekatkan kasih sayang antara ibu dan anak. kekurangannya yaitu pelatihan yang sangat jarang, tempat pelatihan yang jauh, dan biaya pelatihan yang mahal. Kata kunci: Implementasi, Metode Ummi dan Menghafal Surah Pendek