Daftar Arsip


EVALUASI PROGRAM PENGELOLAAN LEMBAGA TK ISLAM ARAFAH 3 DESA LAU BAKERI KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2020-2021

By PITRIANI  on August 11, 2025 05:30 PM

ABSTRAKPitriani, 2021, Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga Di TK Islam Arafah 3, Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam Darularafah, Deli Serdang.Kata Kunci : Evaluasi, Program Pengelolaan, Lembaga, TK, PAUD, CIPPEvaluasi program pengelolaan lembaga bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pegelolaan lembaga sebagai bahan acuan dalam menentukan kebijakan agar pengelolaan lembaga pendidikan anak usia dini dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. TK Islam Arafah 3 sebagai lembaga penyelenggara pendidikan anak usia dini yang telah berdiri lama dan mendapat kepercayaan dari masyarakat, memiliki program-program dalam pengelolaan lembaga yang menunjang pelaksanaan pendidikan dalam pencapaian pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini.Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi program pengelolaan lembaga di TK Islam Arafah 3 Desa Lau Bakeri dengan fokus penelitian yang mencakup : (1) Bagaimana program pengelolaan lembaga Di TK Islam Arafah 3 ?, (2) Bagaimana pelaksanaan evaluasi CIPP program pengelolaan lembaga Di TK Islam Arafah 3 ?, (3) Faktor apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam program pengelolaan lembaga Di TK Islam Arafah 3 ? berdasarkan komponen CIPP (context, input, process, product) agar mendapatkan gambaran menyeluruh tentang pelaksanaan program pengelolaan lembaga pendidikan anak usia dini.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil penelitian dengan pendekatan semi kualitatif, yaitu dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian.Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) peserta didik di TK Islam Arafah 3 dikelompokkan berdasarkan umur, (2) guru mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan dan sejenisnya untuk peningkatan kualitas kompetensi pendidik, (3) kurikulum yang digunakan telah mencakup enam aspek perkembangan, (4) Pengelola menyediakan bahan ajar dan sarana bermain yang sesuai dengan kebutuhan rencana pembelajaran, (5) penilaian perkembangan anak didik dilaporkan secara lisan dan tertulis kepada orangtua siswa.

EVALUASI PROGRAM PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TKIT AL-FARABI TANJUNG SELAMAT KECAMATAN SUNGGAL T.A 2020-2021

By MUTIA KHALIZA  on August 11, 2025 05:23 PM

ABSTRAK Khaliza, Mutia, 2021. Evaluasi Program Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Di TKIT Al-Farabi Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal T.A 2020-2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah STAI Darularafah Deli Serdang Sumatera Utara.  Dosen Pembimbing : (1) Tirta Yogi Aulia, M.Pd (2) Nelly Agustina, M.Pd.I  Kata Kunci : Kepribadian guru, Kognitif Anak, Alat Edukasi, TKIT, UU RI.  Kompetensi kepribadian guru merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorng guru sebagaimana yang telah disebutkan dalam Undang-Undang RI no. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Alat edukasi yang digunakan akan menambah nimat anak didik dalam mengikuti setiap pelajaran dan membuat belajar di kelas menjadi menyenangkan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Evaluasi Program Pengembangan Kognitif pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Farabi telah berkembang dalam proses pembelajaran.  Penelitian ini menggunakan pendekatan semi kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi. Data yang telah terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian dianalisis kembali untuk mendapatkan temuan dari penelitian.  Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif atau daya fikir anak di sekolah TKIT Al-Farabi belum semuanya maksimal, masih ada beberapa anak yang kemampuan kognitifnya masih lemah dikarenakan minimnya alat edukasi di sekolah yang dapat membantu kelancaran proses belajar mengajar. 

EVALUASI PROGRAM TAHFIZH AL QUR’AN DI TK IT LUQMANUL HAKIM DESA SEI MENCIRIM KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG T/A 2020/2021

By DESI LINDA  on August 11, 2025 05:14 PM

ABSTRAK Linda, Desi 2021 “Evaluasi Program Tahfizh Al Qur’an Di TKIT Luqmanul Hakim Desa Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2020/2021.  Pembimbing  : (1) Nazaruddin, M.A dan Pembimbing (2) Tirta Yogi Aulia, M.Pd  Kata Kunci  : Metode Talqin  dan Evaluasi  Program Tahfizh Al Qur’an.  Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengevaluasi context program Tahfizh Qur’an TKIT Luqmanul hakim (2) Mengevaluasi Input program Tahfizh Qur’an TKIT Luqmanul hakim (3) Mengevaluasi Process program Tahfizh Qur’an TKIT Luqmanul hakim (4) Mengevaluasi Product program Tahfizh Qur’an TKIT Luqmanul hakim. Penelitian ini merupakan evaluative dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dalam penelitian mengunakan model evaluasi teori Stufflebeam yaitu CIPP (Conteks, Input, Process, Product). Data diperoleh dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi dan di verifikasi dengan pengarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Hasil evaluasi dari Konteks program tahfizh Qur’an di TKIT Luqmanul Hakim menunjukan bahwa program memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas (2) hasil evaluasi input program tahfizh qur’an diketahui bahwa kompetensi yang dimiliki guru sesuai karena mempunyai hafalan dan kemampuan dalam pemahaman membaca al qur’an sedangkan peserta didik dalam mengikuti program memiliki semangat menghafal yang tinggi. Selain itu program ini didukung dengan sarana dan prasarana yang baik, terlebih dengan adanya buku penghubung tahfizh yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik, (3) hasil evaluasi process program tahfizh Qur’an menunjukan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran tahfizh Qur’an berjalan lancer dan sesuai yang direncanakan. Metode yang digunakan yaitu metode Talqin dan yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pembelajaran tahfizh Qur’an yaitu kurannya waktu jam pelajaran dan kurangnya guru yang berkompetensi pembelajaran tahfizh. (4) Hasil evaluasi produk atau hasil menunjukan bahwa pencapaian target hafalan peserta didik berjalan sesuai target. Kesimpulan : program tahfizh Qur’an di TKIT Luqmanul Hakim telah berjalan dengan rencana yang telah ditetapkan, walaupun dengan pelaksanaannya beberapa hambatan yang harus diperbaiki. Prestasi tahfizh peserta didik yang baik disebabkan oleh adanya kerja sama yang baik antara sekolah dan orang tua dirumah untuk bersama-sama memberikan semangat, dukungan dan pengawasan dalam hafalan Qur’an anak.  

EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (USIA 4-5 TAHUN) DI TK IT LUQMANUL HAKIM DESA SEI MENCIRIM KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

By AGUSTINA  on August 11, 2025 03:57 PM

ABSTRAK  Agustina,  2020 “Evaluasi Program Pembelajaran Anak Usia Dini (Usia 4-5 Tahun) di Tk IT Luqmanul Hakim Desa Sei Mencirim”Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Arafah Deli Serdang. Pembimbing : (1). Nelly Agustina M.Pd.I (2). Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe, M. Psi Kata Kunci : Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran Anak Usia Dini di Tk IT Luqmanul Hakim.  Evaluasi Program Pembelajaran Anak Usia Dini di TK IT Luqmanul  Hakim, bertujuan untuk perubahan kognitif, motorik, sosial-emosional, bahasa, seni. Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran diharuskan guru memiliki kompetensi dan persiapan yang baik. Evaluasi Program Pembelajaran di TK IT Luqmanul Hakim ini mengevaluasi pembelajaran K-13, yang menyangkut 8 tema yaitu : (1) Diriku, (2) Keluargaku, (3) Lingkunganku, (4) Alam Semesta, (5) Tanaman, (6) Binatang, (7)  Kendaraan, (8) Negaraku. Dengan ke delapan tema itu guru mengevaluasi pembelajaran sehari-hari Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian CIPP ( Conteks, Input, Proses, Produk). Dalam penelitian subjek penelitiannya adalah guru . Penelitian ini dilakukan mengikuti komponen-komponen CIPP.  Pengamatan data dapat disimpulkan, hasil penelitian Evaluasi Program Pembelajaran Anak Usia Dini (Usia 4-5 Tahun) Di Desa Sei Mencirim, menyatakan bahwa dari model CIPP sudah mempunyai standar keberhasilan. Hal ini dengan bukti-bukti penelitian CIPP sebagai berikut.(1) Komponen konteks, (2)  Komponen Input, (3) Komponen Proses, (4) Komponen Produk.   Hasil kesimpulan penelitian, dari murid yang berjumlah 21 orang yang menunjukan keberhasilan ada 18 murid, dan murid yang belum mencapai perkembangan ada 3 orang. Murid yang belum mencapai keberhasilan akan melanjutkan ke TK B, karena murid yang belum tercapai perkembangannya murid yang belum cukup umur dalam artian usia masih 4 tahun dan kurang berkonsentrasi dalam belajar. 

TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HUKUM ACARA PERADILAN PIDANA ANAK DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2012 TENTANG SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK

By YUSTANIA  on August 11, 2025 03:39 PM

ABSTRAK  Dalam skripsi ini menjelaskan bahwa anak yang melakukan tindakkan pidana, saat ini menjadi sorotan hampir dari semua daerah maupun dunia termasuk Indonesia. Dalam perkara pidana anak terdapat beberapa berbedaan baik dalam penanganan perkara, usia, maupun hukuman yang ditetapkan untuk anak berbeda dengan dewasa dan terdapat perbedaan juga dalam penanganan terhadap hukum Islam.   Penelitian ini merupakan tinjauan dari pendekatan normatif dengan menggunakan metode studi pustaka (library research), yang berkaitan antara hukum acara peradilan pidana anak dalam Islam dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.  Hukum beracara dalam Islam yang berhubungan dengan anak sesuai aturan hukum Islam yaitu ta’zir, yang hanya dibebankan kepada anak yang telah baligh dengan memberikan beberapa pengajaran dan pembelajaran serta menyesuaikan psikologi anak.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tinjaun hukum Islam terhadap Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak bahwa dalam Islam anak diberi pengajaran sedangkan dalam UU anak harus mengikuti setiap prosedur mulai dari penyidikan, tuntutan, pemeriksaan dan pembinaan. Meskipun sama-sama melakukan pembinaan diakhir proses. 

TAKLIK TALAK PERKAWINAN DALAM PERSFEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI TERHADAP KOMPILASI HUKUM ISLAM PASAL 45)

By SINTA RAMADANI  on August 11, 2025 03:33 PM

ABSTRAK    Sinta Ramadani, 2021, Taklik Talak Perkawinan Dalam Persfektif Hukum Islam (Studi Terhadap Kompilasi Hukum Islam Pasal 45), Skripsi, Program Studi Hukum Keluarga Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Darularafah, Deli Serdang. Kata Kunci : Taklik Talak, Perkawinan, Hukum Islam, KHI Taklik Talak dalam perkawinan merupakan suatu bentuk perjanjian dalam perkawinan yang bertujuan untuk menjaga keutuhan keluarga dengan memberikan perlindungan kepada istri terhadap tindakan kesewenangan suami. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan ketentuan taklik talak menurut Kompilasi Hukum Islam (KHI) di Indonesia, (2) untuk menjelaskan Hak Suami dan Hak Istri, dan (3) untuk mengetahui pengaruh Taklik Talak terhadap keutuhan rumah tangga. Berdasarkan metode penelitian pustak (library research) dan bersifat deskriptif-analitik, dimana hasil penelitian digambarkan tentang keterkaitan antara taklik talak dengan hukum-hukum yang mengatur perjanjian perkawinan dalam Islam di Indonesia. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan melakukan pengumpulan data yang berhubungan dengan penelitian yaitu membaca sumber-sumber literatur, seperti Undang-Undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974 dan Kompilasi Hukum Islam, khususnya mengenai perjanjian perkawinan yang ada hubungannya dengan taklik talak. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa : (1) Taklik Talak sudah dilembagakan di Indonesia sejak tahun 1630 masehi, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Agung Hanyakrakususma, Raja Mataram, dalam upaya memberi kemudahan bagi wanita untuk melepaskan ikatan perkawinan dari suami yang meninggalkan pergi dalam jangka waktu tertentu, disamping jaminan bagi suami bila berpergian itu adalah dalam tugas negara. (2) Pada prinsipnya, adanya taklik talak agar terdapat keseimbangan antara hak talak yang diberikan secara mutlak kepada suami dengan perlindungan terhadap isteri dari perbuatan kesewenang-wenangan suami. (3) Mengingat tujuan taklik talak untuk melindungai istri, maka dianjurkan dalam setiap pelaksanaan pernikahan diadakan perjanjian yang disebut taklik talak karena di dalam pernikahan, hak talak hanya berada ditangan suami. (4) Pasal yang khusus mengatur tentang perjanjian perkawinan, dimana di dalamnya termuat taklik talak secara jelas, dapat dilihat pada Kompilasi Hukum Islam Pasal 45.

PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII-H DI SMP SWASTA GALIH AGUNG LAU BAKERI DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2020-2021

By YULIA CHANDRA LEOLITA on July 13, 2025 12:40 PM

ABSTRAKKata Kunci : Dukungan Sosial Guru, Motivasi Belajar Siswa.Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan di dalam penelitian. Yaitu untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial guru terhadap motivasi belajar siswa di SMP Swasta Galih Agung Lau Bakeri Deli Serdang.Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif yang mengkaji fenomena secara obyektif dengan menggunakan perhitungan statistic untuk menguji hipotesis dalam penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP Swasta Galih Agung yang berjumlah 31 orang, dan sampel penelitian berjumlah 31 orang dengan teknik total sampling. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh Dukungan Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Swasta Galih Agung Lau Bakeri Deli Serdang. Hasil uji Produck Moment membuktikan bahwa hipotesis penulis yaitu “Adanya pengaruh signifikan Dukungan Sosial Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa. Hal ini didukung junga dengan hasil analisis regresi sederhana yaitu nilai P (sig) 0,001 < α = 0,05 sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima, dan hipotesis nihil (Ho) ditolak.Nilai Koefisien Determinasi dapat diartikan seberapa besar (dalam %) variabel bebas (X) mempengaruhi variabel terikat (Y). untuk melihat Koefisien Determinasi yang herus dilihat kolom R Square. Pada nilai Koefisien Determinasi adalah 0,344 artinya dukungan sosial guru (variabel X) mempengaruhi motivasi belajar siswa (Variabel Y) sebesar 34,4%.

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MOHAMMAD NATSIR DAN IMPLEMTASINYA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

By VIRDA AL-HIDAYAH on July 13, 2025 12:38 PM

ABSTRAKKata Kunci: Konsep, Pendidikan, Islam, Integral dan Implemetasi.Penelitian ini bertujuan utuk dapat diketahui bahwa konsep pendidikan Islam menurut Muhammad Natsir yaitu konsep pendidikan yang memadukan antara pendidikan umum dan pendidikan agama, kesinambungan itu dibuktikan dengan tidak mempertentangkan antara Barat dan Timur. Islam hanya mengenal perbedaan antara hak dan bathil. Semua yang hak dapat diterima, meskipun datangnya dari Barat, dan semua yang bathil akan disingkirkan walaupun datangnya dari Timur. Dengan begitu, akan tercipta anak didik yang mementingkan rohani dan jasmaninya. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif kepustakaan atau penelitian kepustakaan (library research). Penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang di tujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran individual seseorang secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang mengarah pada penyimpulan.Peneliti ini menyimpulkan bahwa dari pemikiran Muhammad Natsir dalam pendidikan di Indonesia dapat dilihat dari sekolah-sekolah yang sudah memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum dalam kurikulumnya. Pada sekolah umum sudah memasukkan pendidikan agama Islam secara seimbang, begitu juga sekolah Islam atau pesantren sudah memasukkan kurikulum pendidikan umum dan agama secara seimbang pula.

PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTS SWASTA YPI AL – HILAL BANDAR BARU KECAMATAN SIBOLANGIT DELI SERDANG

By SURI SARTIKA DEWI on July 13, 2025 12:22 PM

ABSTRAKKata Kunci : Akidah Akhlak, Akhlakul KarimahPenelitian ini di latarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada banyak peserta didik yaitu menurunnya akhlak peserta didik dari hari ke hari seperti generasi muda yang berani kepada guru, orang tua, berakhlak buruk dan tidak memiliki sopan santun dan lain sebagainya. Selain itu banyak peserta didik yang kebanyakan bertingkah tanpa memperdulikan moral dan etika dengan dibuktikannya semakin berjamurnya sosial media yang berisikan konten-konten yang kurang pantas untuk diihat yang dibuat oleh peserta didik itu sendiri. Pembinaan akhlakul karimah perlu dilakukan sejak dini agar pembiasaan yang diakukan bisa mengikut ke masa depan peserta didik kelak. Berdasarkan hasil penjajakan awal, diperoleh informasi bahwa Guru MTS Swasta YPI Al – Hilal Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Deli Serdang sudah berupaya untuk menjalankan peranannya sebagai pendidik dalam menanamkan akhlak kepada peserta didiknya, namun belum juga dapat berhasil dengan sepenuhnya. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian untuk mencari tahu bagaimana nilai-nilai akhlakul karimah dan aktivitas serta metode yang dilakukan guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah peserta didik di MTS Swasta YPI Al – Hilal Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Deli Serdang.Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang mana temuan – temuannya diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang bersumber dari data primer yaitu guru akidah akhlak dan data sekunder yaitu Kepala Madrasah serta beberapa peserta didik di MTS Swasta YPI-Al-Hilal Bandar Baru. Data yang didapatkan kemudian dianalisis seperti yang dipaparkan oleh Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.Temuan yang didapatkan dari hasil penelitian adalah guru akidah akhlak telah berupaya menanamkan nilai-nilai akhlakhul karimah dengan melakukan beberapa kebiasaan seperti shalat zuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan ceramah kultum, memberi hormat pada guru dan menjaga kebersihan. Adapun nilai-nilai akhlakul karimah yang ditanamkan yaitu akhlak kepada Allah, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada orang tua dan akhlak kepada guru. Metode yang yang digunakan untuk menanamkan nilai-nilai akhlakul karimah adalah menggunakan metode pembiasaan, teguran dan keteladanan oleh guru.

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SIBOLANGIT KABUPATEN DELI SERDANG

By SRI ASTUTI on July 13, 2025 12:19 PM

ABSTRAKKata kunci: Peran, Guru PAI, Perilaku IslamiPenelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswayang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan, seperti: tawuran antar pelajar,pergaulan bebas dikalangan remaja, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya, daripermasalahan tersebut para guru khususnya guru pendidikan agama Islammemiliki tugas dan peran untuk meningkatkan perilaku Islami siswa.Dalam hal ini peneliti membahas terkait peran Guru PAI dalammeningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Negeri 1 sibolangit. Kontekspenelitian dalam penulisan skripsi ini adalah.(1)Bagaimana perilaku siswa kelasVII di SMP N 1 Sibolangit Kabupaten Deli Serdang?(2)Bagaimana peran guruPendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa kelas VII diSMP Negeri 1 Sibolangit Kabupaten Deli Serdang?(3)Apa faktor penghambat dansolusi yang dilakukan guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan perilakuIslami siswa kelas VII di SMP N 1 Sibolangit Kabupaten Deli Serdang?(1)UntukMengetahui bagaimana perilaku siswa kelas VII di SMP N 1 SibolangitKabupaten Deli Serdang.(2)Untuk Mengetahui bagaimana peran Guru PendidikanAgama Islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa kelas VII di SMP N 1Sibolangit Kabupaten Deli serdang.(3)Untuk mengetahui apa faktor penghambatdan solusi yang dilakukan Guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkanperilaku Islami siswa kelas VII di SMP N 1 Sibolangit Kabupaten Deli Serdang.Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatankualitatif.Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan,wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya,peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dangambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yangsebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agamaIslam berperan dalam peningkatan perilaku Islami siswa. Peran guru sebagaipendidik dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMP Negeri 1 Sibolangityaitu dengan selalu membimbing dan membina siswa untuk berperilaku Islamisehari-hari melalui pembiasaan budaya 5 S (salam, senyum, sapa, sopan, dansantun), selain itu fasilitas perpustakaan serta ekstra kurlikuler keagamaan sepertipesantren kilat ramadhan dan kajian Islam digunakan guru PAI untukmemaksimalkan tujuan dari guru untuk membentuk perilaku Islami siswa.